Selasa, 19 Januari 2021

Genmuda – Indonesia Fashion Week (IFW) resmi dibuka oleh Presiden IFW, Poppy Dharsono pada hari Rabu (1/2) di Jakarta Convention Center (JCC). Memasuki tahun keenam penyelenggaraannya, tema yang dipilih kali ini adalah “Celebrations of Culture”.

Bukan cuma menjadi ajang fashion show dan memamerkan hasil para desainer lokal aja, di tahun ini IFW ikut mengajak para penggiat fashion di tanah air untuk ikut mempromosikan 10 destinasi pariwista Indonesia yaitu Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo-Tengger Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotaoi.

Selain 10 tempat tersebut, tahun ini IFW juga mempromosikan kain tenun lokal khas Nusa Tenggara Timur (NTT). Poppy Dharsono mengungkapkan, “Lebih dari 50% peserta menggunakan kain dari NTT dan menunjukan bagaimana tenun bisa dipakai di dunia mode masa kini.”

Sumbangan besar bagi industri ekonomi kreatif

©Genmuda.com/2017 Fanny
Peragaan busana di Indonesia Fashion Week 2017 di Jakarta Convention Center, Rabu (1/2) ©Genmuda.com/2017 Fanny

Sejalan dengan tema yang dihadirkan, industri fashion ikut memberikan kontribusi besar kepada pelestarian budaya di Indonesia sekaligus mengembangkan industri kecil dan pengrajin. Oleh karena itu, acara ini juga mendapatkan apresiasi dari Kementrian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata, Kementrian Ekonomi dan UKM, BEKraf dan Duta Besar dari Negara sahabat.

Dalam lima hari penyelenggaraannya, IFW bakal menyajikan 25 peragaan busana dari sekitar 200 perancang busana, kompetisi, seminar, talk show, workshop, dan memamerkan ratusan brand asal Indonesia.

Tetep ada jatah buat desainer asing

©Genmuda.com/2017 Fanny
Koleksi Jaimie Sortino dalam Indonesia Fashion Week 2017 ©Genmuda.com/2017 Fanny

Dari sekitar 210 desainer yang terlibat di tahun ini, ada pula sejumlah desainer dari negara tetangga, salah satunya adalah Jaimie Sortino. Desainer asal Australia yang baru pertama kali terlibat dalam acara IFW ini mengaku sangat terhormat karena bisa diberikan kesempatan.

“Saya merasa terhormat bisa berpartisipasi di IFW dan bekerja sama dengan desainer luar biasa dari Indonesia.” ungkap Sortino.

Untuk debut pertamanya, doi mengeluarkan gaun bertemakan “Romantic Fairytale.” Gauh indah dengan dominasi warna biru dan putih segaja doi pilih karena sangat pas buat digunakan oleh perempuan Indonesia yang memiliki kulit agak kecoklatan.

Well, kalo Kawan Muda emang ngaku anak muda yang fashionable, engga ada salahnya dong buat ngeliat beragam koleksi dari desainer lokal di IFW 2017 yang masih berlangsung hingga Minggu (5/2). Siapa tau setelah dateng ke sana kamu jadi semakin kaya akan referensi fashion supaya makin kekinian. Selamat mencoba!

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela