Selasa, 14 Juli 2020

Genmuda – Semua orang pastinya pengen punya badan tinggi, tapi engga semuanya bisa dapet keistimewaan tersebut. Sebenernya, penulis artikelnya lagi curhat karena tinggi badannya cuma 164 koma tujuh puluh sekian, sehingga doi gagal tes pilot. Tinggi minimalnya harus 170 cm, cing!

ENIWEI (diucapkan dengan nada ngamuk), kamu yang masih usia sekolah masih bisa kok nambahin tinggi. Pertumbuhan badan cowok bakal mentok pada 18-21 tahun sementara buat cewek antara 16-18 tahun.

Satu-dua tahun berusaha mati-matian buat nambah tinggi beberapa senti kan engga ada salahnya. Eits, tapi jangan sembarangan minum obat peninggi badan apalagi dari iklan Instagram, karena belum tentu aman buat dikonsumsi. Mendingan, kamu ikutin aja tips-tips ilmiah ala Genmuda.com di bawah ini.

1. Cukup tidur

via mashable.com.

Daripada begadang, mendingan kamu cukup tidur paling engga 8,5 sampai 11 jam setiap hari. Human Growth Hormone (HGH) dalam tubuh kamu yang masih remaja itu bakalan bekerja ketika kamu tidur pules dan berhenti kerja ketika bangun. Makanya, gaes. Cukup tidur biar tambah tinggi!

2. Jauhi rokok

Kamu juga perlu jauhi rokok! Meski belum ada kesimpulan klinisnya, departemen konseling Columbia University Amerika Serikat, diakses Rabu (1/2), bilang kalo anak-anak dan remaja yang merokok aktif ataupun pasif selalu kalah tinggi dari temennya yang hidup tanpa rokok.

3. Jangan minum steroid

via newrepublic.com

Buat cowok-cowok usia remaja yang udah pakai steroid, bersiaplah pendek. Penggunaan steroid pada usia remaja bikin pertumbuhan tulang kamu terganggu, seperti penjelasan di WebMD.com, 2012. Kalo mau badan bagus, mending banyakin makan tempe saat sebelum dan sesudah olahraga.

FYI, senyawa steroid juga terkandung di dalam beberapa obat semprot asma dalam jumlah kecil. Makanya, anak-anak dan remaja yang mengonsumsi inhaler selama dua tahun jadi lebih pendek satu setengah inchi dari mereka yang tidak menggunakan inhaler.

4. Makan yang bener

Kurangi junk food dan mulailah makan yang bergizi. Kamu butuh kombinasi protein, glutamin, kolin, dan niacin yang bakal ngebantu efektivitas HGH dalam tubuh. Kamu makan aja kombinasi kacang-kacangan, daging, produk susu, dan telur. Enak-enak kan tuh!

Jangan lupa juga karbohidrat biar energi kamu tetep ada saat beraktivitas sehari-hari. Eits, jumlah Vitamin D juga harus cukup dong supaya tulang dan otot kamu tetep kuat. Cara dapet Vitamin D yang paling seru adalah dengan berjemur matahari pagi.

5. Jaga kesehatan

via giphy.com

Yup kamu juga perlu jaga kesehatan. Kalo perlu, minum vitamin C tambahan atau suplemen yang ningkatin daya tahan tubuh. Kalo kamu sakit kan nutrisi yang masuk ke tubuh jadinya dipakai buat ngelawan penyakit. Otomasi jatah buat tumbuh jadi agak berkurang.

6. Olahraga

Jangan biarin tulang-tulang kamu jadi lapuk karena kebanyakan duduk. Ayo bangun dan berolahraga! Kamu bisa renang, bersepeda, lari, main bola, basket, yoga, atau stretching. Lakuin apa aja deh yang penting kamu gerak dalam beberapa menit.

7. Berdiri tegap

via smosh.com.

Emang belum terbukti secara ilmiah, tapi engga ada salahnya kamu mulai memperbaiki postur badan. Hayo, tegapin bahu kamu meski lagi duduk di depan laptop. Jangan lupa juga paksa semua badan tegap lurus saat berdiri. Kalo ternyata engga nambah tinggi, paling engga kamu keliatan lebih tinggi kok.

(bonus) Pede aja lagi!

Apabila tujuh tips di atas ternyata engga ampuh, bukan berarti kamu harus minder seumur hidup. Pede aja keleus. Napoleon Bonaparte dengan tinggi sekitar 168 cm aja ngedeketin Josephine de Beauharnais atau bukti paling deket, Tom Cruise aja tetep serasi saat masih jadi suami Katie Holmes. Jadi pede aja gaes. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.