Kamis, 24 September 2020

Genmuda – Jaman sekarang, bawa smartphone tanpa earphones itu ibarat makan sayur tanpa garam alias kurang enak, kurang sedap. Sama kayak smartphone itu sendiri, earphones juga udah jadi salah satu hal yang engga bisa dipisahin dari kehidupan sehari-hari masyarakat modern.

Dengan bantuan earphones, kamu engga cuma bisa ngedengerin lagu favorit kamu. Justru, lebih daripada itu, earphones juga bisa ngebantu kamu buat ngelaluin tiap detik yang harus kamu habisin di gym atau kendaraan umum. Earphones pun bisa dibilang udah jadi semacam anggota tubuh tambahan yang bertindak sebagai penyelamat kamu di saat-saat tertentu.

Well, terlepas dari itu, ngebawa dan terus-terusan pakai earphones ke mana-mana itu sebenarnya bisa jadi hal yang menjijikkan loh, Kawan Muda. Sadar engga sadar, telinga kamu selama ini udah dipenuhi sama kotoran, sel-sel kulit mati, dan bakteri, yang pada akhirnya bakal nempel ke earphones kamu.

Bukan cuma itu, earphones juga bisa jadi sarang kuman dari permukaan di sekitarnya, kayak misalnya tas tempat kamu nyimpan maupun meja tempat kamu ngeletakin earphones tersebut. Oleh karena itu, pinjem-pinjeman earphones sama orang lain — engga peduli itu teman atau keluarga kamu — tentu sebaiknya engga kamu lakuin karena itu cuma bakal makin memperparah keadaan.

(Sumber: psfk.com)

Yang lebih parahnya lagi, earphones ternyata berperan pula dalam memerangkap panas dan kelembaban di telinga kamu. Dengan demikian, wajar aja kalau bakteri di telinga kamu akhirnya bakal makin banyak gara-gara kamu keseringan pakai earphones.

“Sejumlah riset telah menunjukkan bahwa earbuds dapat menyebabkan peningkatan bakteri pada telinga sebanyak 11 kali lipat,” kata Kelly Reynolds, Ph.D., associate professor kesehatan lingkungan University of Arizona kepada BuzzFeed Life.

Singkatnya, earphones yang kebersihannya engga dijaga dengan baik bisa ningkatin risiko infeksi, jamur, jerawat atau bisul telinga, dan beragam masalah telinga lainnya. Sebagai solusinya, kamu jelas harus lebih rajin ngebersihin earphones kamu secara teratur, simpan di tempat yang bersih, dan engga asal minjemin ke orang lain.

Meski begitu, kamu engga perlu kok ngebersihin earphones kamu setiap hari. Seengganya, kamu minimal ngelakuin hal itu seminggu sekali supaya kotoran dan kumannya bisa berkurang. Selain itu, kalau kamu ternyata terpaksa minjemin earphones kamu ke orang lain, selalu biasain buat langsung ngebersihin sebelum dan sesudah peminjaman tersebut.

Saat Anda hendak membasmi kumannya, pastikan Anda membersihkan residu kotoran telinganya terlebih dahulu, lalu lap earbuds dengan bola kapas yang dibasahi semprotan disinfektan atau alkohol pembersih,” tambah Reynolds.

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer