Senin, 6 April 2020

Genmuda – Perayaan biasanya dilakuin buat nyambut momen menyenangkan dan memorable banget. Tapi sayang sebagian anak muda Indonesia kayaknya sering salah kaprah dan malah ngelakuin hal aneh yang engga ada maknanya buat ngerayain sesuatu.

Contoh kejadiannya baru-baru ini diposting di FB Meme Comic Indonesia (MCI). Postingan itu diangkat dari kisah yang menimpa cewek bernama Wiwa. Doi diiket ke pohon sembari dilempari telur mentah ke muka dan mulut, bahkan sampe nangis. *geleng-geleng kepala

Welcome to Indonesia. Di mana yang berulang tahun diperlakukan seperti maling ayam,” tulis MCI. Netizen pun pada berkomentar pedes sekaligus nyinyir. Lagi pula kalo pengen ngerjain temen engga gitu-gitu juga keleus.

Terlepas dari kasus konyol tadi sebenernya masih 6 ada kelakuan norak lain yang biasa dilakuin buat ‘ngerayain’ sesuatu. Berikut contohnya:

1. Minta traktir tapi engga ngasih kado

via giphy.com

Hore ada sahabat lo yang ultah. Terus lo tiba-tiba dateng dan nodong minta traktir. Temen kayak gini parasit banget. Ngeselinnya, udah minta traktiran tapi engga mau kasih kado. Yakali deh. Modal dikit keleus.

2. Nyeburin temen ke kolam

via Giphy

Ini biasa dilakuin kalo lagi ajang kelulusan atau pesta prom night. Keliatannya emang menyenangkan buat basah-basahan tapi ada resikonya loh. Bisa-bisa hp atau alat elektronik lain yang doi bawa ikut kecebur, rusak, terus pelakunya engga mau ganti rugi. Belum lagi kalo temen lo engga bisa berenang? Mau tanggung jawab?

3. Nyobek buku

via pekanbaru.tribunnews.com
(Sumber: pekanbaru.tribunnews.com)

Sumpah ini esensisnya engga banget. Buku kan mahal harganya. Penulisnya juga butuh perjuangan berat buat nyelesaikan satu buku doang. Coba aja makalah atau skripsi lo dirobek-robek orang lain. Emangnya mau? Jadi pikir dua kali deh kalo mau ngelakuin cara kayak gini. Kerennya engga dapet tcoy!

4. Konvoi motor seenak udel

©Genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Ini udah pasti sering banget kejadian di Indonesia. Mau habis lulus, nonton bola, shaur on the road, semua dirayain sambil konvoi motor. Ujung-ujungnya sih anarkis dan jauh dari kata tertib. Dampaknya malah ganggu lalu lintas dan ngebahayain pengguna jalan lain. Bukan didoain malah disumpahin sepanjang jalan. *sedih

5. Nyoret-nyoret seragam kalo lagi lulus-lulusan

(Sumber: TABLOIDIMAJI.COM/ GILBERT MANULLANG)

Engga logis. Apa coba maknanya nyoret-nyoret seragam sekolah setelah kelulusan. Buat ngelepas stres? Mau seneng-seneng? Kenapa engga main game, olahraga, atau nongkrong sampe pagi aja daripada nyoret-nyoret baju seragam. Sayang aja sama cewek di atas seragamnya. Kalo masih bagus lo kan bisa sumbangin ke adik kelas.

6. Nyoret tembok orang

via: giphy

Kalo nyoret badan sendiri masih engga apa-apa. Lah ini nyoret tembok orang? Lebih parah lagi kalo sampai ada yang nyoret-nyoret tembok sekolah lain cuma buat pamer kalo sekolahnya lulus 100 persen. Sombong banget lo. Masih mending kalo coretannya artsy macem mural atau gravity bisa enak dipandang, tapi klo cuma “MAMET WAS HERE” buat apa? Ada yang peduli?

Singkatnya 6 hal di atas emang udah engga keren lagi buat ngerayain sesuatu dalam hidup lo. Menurut lo kebiasaan norak apa lagi yang biasa dilakuin orang Indonesia? Tulis komentar aja di bawah, nanti Genmuda.com godain. He-he. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.