Selasa, 7 April 2020

Genmuda – Planks jadi salah satu jenis olahraga yang dianjurin buat ngecilin sekaligus ngebentuk otot perut. Kalo gerakannya dilakuin benar dengan variasi-variasinya, olahraga ini juga bisa jadi total body exercise yang dampaknya buat seluruh tubuh.

Neila Rey merupakan salah satu instruktur sekaligus pakar kebugaran tubuh yang ngerekomendasiin olahraga ini terutama buat mereka yang super sibuk. Olahraganya dilakukan dengan menahan badan dalam posisi push-up.

Kadang badan kamu ditumpu dua tangan, tapi ada pula gerakan plank yang mengharuskan badan ditumpu satu tangan doang. Intinya sih perut kamu engga boleh nyentuh tanah selama ngelakuin olahraga ini.

Meski keliatan sederhana, olahraga ini punya banyak manfaatnya loh. Berikut ini adalah perubahan positif yang bisa kamu dapet setelah rutin planking yang disimpulin dari pendapat Stuart McGills, pakar tulang belakang Amerika Serikat.

1. Tulang belakang sehat dan bentuknya ideal

via shutterstock.com
(Sumber: shutterstock.com)

McGills bilang kalo olahraga terbaik yang bisa menyehatkan tulang punggung adalah gerakan apapun yang bisa membuat tulang itu tetap tertahan dalam posisi idealnya. Itu udah jelas yang bakal kamu lakuin dengan planking.

2. Badan jadi tegap

Sit up atau crunches yang dilakukan rutin emang bisa bikin perut cepet six pack, tapi ternyata engga begitu baik buat tulang belakang. Soalnya olahraga itu dilakukan dengan ngebungkukin badan jadi ditakutkan postur tubuh malah ngebungkuk.

3. Ngilangin sakit pinggang

Kebiasaan ngebongkok ketika duduk bikin tulang belakang bagian bawah dan sekitar pinggang kelebihan beban. Kelamaan, itu bisa bikin nyeri yang orang Indonesia bilang sebagai nyeri pinggang.

McGill bilang, otot perut, pinggang, dan punggung orang yang sering planking tuh ibarat sebuah korset. Ototnya saling mengencang dan terbiasa lurus. Ketika itulah beban yang ditahan tulang punggung bakal tersebar merata di tiap ruas sehingga engga bakal sakit pinggang lagi.

4. Keliatan lebih langsing

Dengan berbadan tegap, kamu pun bisa ngurangin lipatan lemak yang biasanya numpuk di perut kalo lagi bongkok. Gerakan olahraga ini juga bisa bikin paha keliatan kecil loh soalnya olahraga ini juga ngelatih otot-otot paha supaya bisa keliatan ideal.

5. Menghemat waktu olahraga perut

latihan planking
(Sumber: darebee.com)

Di situsnya, Neila Rey ngebuat jadwal latian planking yang bisa ngelatih semua otot tubuh cuma dengan waktu 5-10 menit doang. Doi pun ngerancang supaya gerakan planking rekomendasinya bisa dilakuin di mana aja.

Bukan cuma itu, variasinya Neila Rey juga bikin kamu ngelatih otot perut serta otot lain secara bersamaan. Bener-bener solusi yang dibutuhin buat orang yang jadwalnya padat atau orang yang pada dasarnya males gerak.

Karenanya, McGill dan Rey sangat ngerekomendasiin planking buat orang-orang terutama di kota-kota. Menurut kamu, apa lagi manfaat planking buat orang? Tulis aja pendapat kamu di kolom komentar di bawah ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.