Selasa, 1 Desember 2020

Genmuda – Kalo dateng ke seminar-seminar entrepreneur, pasti ada nih pertanyaan kayak gini, Apa yang kamu inginkan di hidup ini? Apa yang ingin kamu lakukan? Seberapa jauh kamu tahu kalau bekerja itu penting? Perlu seberapa keras usaha buat mencapai tingkat kesuksesan? Kita ngedengerin sambil merenung.

Sering banget kan kamu dapet pertanyaan kayak gitu? Oke, sekarang kamu engga usah pusing, karena udah ada jawabannya. Bilang ke orang yang nanya kamu itu, kalo kamu mau kerja kayak gini nih, pekerjaan paling asik dan santai di dunia.

 

1. Pemeluk Panda

Mb, mau dong jadi pandanya
Mb, mau dong jadi pandanya

Ada yah kerjaan kayak gini? Nelen ludah. Ada! Giant Panda Protection and Research Center yang bertempat di Ya’an, Provinsi Sichuan, Tiongkok, mempekerjaan seseorang buat menjadi pengasuh panda. Mereka cuma harus sering meluk bayi-bayi panda, hewan lucu yang populasinya terhitung langka di dunia. ASTAGA! Siapa yang engga mau?

2. Pemeluk Professional

Mau rasa apa dipeluknya? Rasa mantan?

Banyak orang di dunia ini yang kesepian, apalagi kalo baru putus tuh, kezepian, pake Z. Di era digital yang semakin marak dan rutinitas yang juga semakin ketat karena persaingan, banyak orang yang akhirnya minim berkomunikasi, bahkan bersentuhan. Profesi ini muncul buat ngasih pelukan sederhana ke para penggunanya.

What?! Emang apa bedanya? Pelukannya rasa Ben Affleck gitu? Apa habis dipeluk pahala nambah? Tapi, profesi ini nyatanya ada! Hhhh… Btw lowongannya di mana yah? Kali ada yang lagi galau butuh dipeluk.

3. Paper Towel Sniffer

Mau rekening kamu tiba-tiba banyak tapi usahanya biasa aja? Pekerjaan ini kayaknya yang cocok. Maka kamu dilahirkan buat jadi tukang cium tisu. Ya, banyak perusahaan tisu yang mempekerjakan orang buat mengendus-ngendus produk mereka dan memastikan engga bau. Kedengerannya enak ya? Modalnya cuma hidung doang. Tapi, langsung dipecat kalo pilek.

4. Professional Sleeper

Itu kulit apa lilin

Kalau kamu suka tidur dan dibangunin itu hal yang mustahil, berbahagialah, pekerjaan ini bisa cocok buat kamu. Beberapa perusahaan kasur atau spring-bed di dunia mempekerjakan orang buat tidur di atas produk mereka, baik kasur, bantal, dan guling. Terus, nanti kamu ditanya-tanya gimana rasanya tidur di kasur itu. Lah, tinggal jawab, “Enak kok, empuk” udah deh gajian. Terkadang hidup itu adil. *puk-puk

5. Food Tester

Food Tester ini kerjaan yang bikin kamu bisa berumur panjang. Gimana engga? Kamu engga usah mikirin kelaparan, wong kamu disuruh makan sana-sini buat nyobain rasa makanan setiap hari. Kalo masih kurang, tinggal bilang, “Gak enak! Bikin ulang!” makan lagi deh. Perlu digarisbawahi juga lidah food taster ini juga berpengaruh pada kelangsungan sebuah restoran/tempat makan.

6. Car Watcher

Kalo di Indonesia, mirip-mirip sama tukang parkir kayaknya. Tapi, di Brazil nan jauh di sana, ada profesi yang bengong doang dapet uang, Car Wather. Karena tingkat kriminalitas yang tinggi di Brasil, profesi ini lumayan banyak. Para Car Watcher cuma harus ngeliatin mobil pemiliknya biar engga raib digondol rampok.

7. Jasa Meminta Maaf

Serius! Ini ada, Kawan Muda. Di mana lagi kalau bukan di Negara dengan tingkat harga diri yang selangit, yak, Jepang. Profesi ini bikin kamu mewakilkan seseorang buat meminta maaf. Kamu cuma perlu bilang maaf, maaf, maaf, maaf sampai si orang galaknya bilang, “Baik, saya maafkan”.

8. Tukang Antri

Hujan? No prob

Wah, makin weird, tapi emang beneran ada, Kawan Muda. Percaya engga percaya, tukang ngantri banyak diperlukan di negara barat sana, di mana setiap orangnya udah pada sibuk tapi engga mau ketinggalan produk terbaru yang limited atawa ekslusif. Berdiri doang dapet uang, engga masalah lah ya, Kawan Muda?

9. Penghangat Kasur

Di Inggris, beberapa hotelnya menyediakan jasa penghangat kasur. Karyawan yang bekerja diharuskan buat guling-guling di kasur sampai kasurnya hangat, dan siap dipakai sesuai permintaan kustomer. Duh.

10. Gumotologist

Yang kamu butuhkan cuma kemampuan indra perasa lidah kamu. Gumotologist itu sebuah profesi yang nyobain kelayakan produk permen karet, apakah manisnya pas, elastisitasnya sesuai dan lainnya. Kurang enak apa? Btw, jadi inget Sir Alex Ferguson ya.

11. Tukang Ngeliatin Cat

Perusahaan cat menyediakan pekerjaan ini biar produk cat yang mereka hasilkan itu bagus. Drying paint watcher cuma harus ngeliatin cat doang dari masih basah sampai udah kering. Ngebetein engga sih? Habis itu juga tetep gajian. (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis