Kamis, 13 Agustus 2020
Kekinian

Berkarya Lewat LINE Creativate 2016, Talenta Kreatif Lokal Sukses Ukir Prestasi

via ©Genmuda.com/2016 GabbyAcara LINE Creativate 2016 di Atrium Gandaria City, Jumat (18/11) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Genmuda – Puncak acara LINE Creativate 2016 akhirnya resmi digelar di Mall Gandaria City mulai hari ini sampai hari Minggu (20/11) mendatang. Kegiatan itu pun diawali dengan rangkaian kompetisi kreatif digital di bulan Oktober, yang berhasil jadi ajang pembuktian bagi sejumlah talenta kreatif lokal.

Tahun lalu, LINE Creativate hadir dengan nama LINE Creative Day 2015 dan sukses ngejaring sekitar 8 ribu partisipan. Lain halnya dengan tahun ini, partisipan yang terlibat justru mencapai 15 ribu partisipan dan ngelampauin target semula yang hanya 10 ribu partisipan. Kompetisinya pun engga cuma LINE Webtoon dan LINE Sticker aja, tapi ada pula kompetisi LINE Game Development dan LINE Selfie.

Animonya sangat besar. Ternyata banyak sekali partisipasi dari daerah dan banyak juga pemenangnya dari daerah,” kata Managing Director LINE Indonesia, Ongki Kurniawan di pembukaan puncak acara LINE Creativate 2016, Jumat (18/11).

Lebih lanjut, terkait keterlibatan dan prestasi para talenta kreatif yang berasal dari daerah, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara turut ngeapresiasi hal tersebut. Beliau negasin pula tentang pentingnya pemberdayaan talenta muda Tanah Air. “Pemenang dari luar Jakarta menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia yang memiliki daya kreatif tidak hanya di kota-kota besar,” ujarnya.

via ©Genmuda.com/2016 Gabby
Pengumuman pemenang kompetisi LINE Creativate 2016 di Atrium Gandaria City, Jumat (18/11) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Di sisi lain, sama kayak tahun lalu, tahun ini pihak LINE juga kembali bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam rangka ningkatin laju pertumbuhan dan pembangunan ekosistem kreatif digital. Bahkan, ini pertama kalinya tiga deputi Bekraf sama-sama ikut terlibat langsung sebagai juri loh.

“Bekraf kali ini juga terlibat dalam memberikan informasi dan bimbingan untuk karya-karya kreator ini agar bisa mendapatkan HKI [Hak Kekayaan Intelektual]. Tanpa pendaftaran, tidak bisa ada monetisasi,” ujar Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf. “Local first, global later. Perbesar dulu market indonesia baru kita perbesar ke luar negeri,” tambahnya.

Terlepas dari itu, LINE Creativate 2016 engga cuma terbatas pada kompetisi doang kok, Kawan Muda. Ada pula rangkaian pameran dan seminar, yang diharapin bisa ngeinspirasi para talenta kreatif digital muda. Sesi seminar bakal berlangsung besok, Sabtu (19/11), dengan beragam pembicara dan topik menarik, sedangkan pamerannya bakal berlangsung selama tiga hari ke depan di Atrium Gandaria City.

JSYK, ada banyak booth yang bisa kamu kunjungin di pameran LINE Creativate 2016. Mulai dari LINE Pop Up Store, LINE Webtoon, lorong LINE Sticker, sampai booth Bekraf di mana kamu bisa nanya-nanya soal HKI, semua bisa kamu jelajahin satu per satu. Kamu pun bisa ngebeli merchandise original LINE maupun ngebikin LINE Sticker dengan wajah kamu sendiri. Seru abis lah pokoknya!

Karya ‘sehari-hari’ ala para pemenang kompetisi LINE Creativate 2016

Well, balik lagi ke kompetisi LINE Creativate 2016, tentu kamu penasaran ‘kan siapa aja yang jadi pemenangnya? FYI, kompetisi LINE Webtoon yang diikuti oleh lebih dari 4 ribu partisipan udah dimenangin oleh Anggoro Adhi Nugroho dengan judul ‘Pak Guru Inyong’, Aditiya Wahyu Budiawan dengan judul ‘Next Door Country’, dan Roket Kertas dengan judul ‘Sekar x Popular’.

Khusus buat Aditiya Wahyu Budiawan, cowok 20 tahun asal Klaten itu ngakuin bahwa doi sebetulnya baru mulai bikin komik belum lama ini. Tahun lalu, dirinya pernah ikutan LINE Creative Day, tapi belum berhasil menang. Sementara buat LINE Creativate 2016, doi sukses ngeraih juara 2 lewat komik bisu yang berkisah tentang orang asing (baca: bule) di Indonesia. Dengan kontrak dan hadiah yang diperolehnya, lulusan SMK Negeri 1 Tulung, Klaten itu pun berniat buat lanjut kuliah sambil kerja.

“Di webtoon ‘kan biasanya ada dialog. Dia webtoon-nya unik karena bisa ngangkat tema yang Indonesia banget tanpa dialog dan nyentil. Dari mata orang asing pun — pas saya kasih lihat ke kolega yang orang Korea — mereka ngerti, bahkan yang pernah hidup di Indonesa juga mikir ini Indonesia banget, sangat khas,” jelas LINE Webtoon Manager Indonesia, Ghina Fianny terkait alasan di balik pemilihan karya Aditiya, yang saat ini udah ada 5 episode.

via ©Genmuda.com/2016 Gabby
Aditiya Wahyu Budiawan di acara LINE Creativate 2016 di Atrium Gandaria City, Jumat (18/11) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Beralih ke juara kompetisi LINE Sticker, ada Thoma Prayoga dengan judul ‘Karyawan Biasa’, Edi Jatmiko dengan judul ‘Mbak Baperan dan Profesinya’, serta Bangkit Myarso dengan judul ‘Abang Nasgor’. Sama kayak para pemenang LINE Webtoon, para pemenang LINE Sticker tersebut juga dipilih berdasarkan kesesuaian dengan tema ‘Keseharian di Indonesia’ dan apakah LINE Sticker-nya umum alias bisa digunain dalam percakapan sehari-hari.

“Ini inspirasinya dari pengalaman pribadi, dari kehidupan sehari-hari saya sebagai karyawan. Jadi, ini apa yang terjadi di lingkungan saya dan apa yang saya rasain sebagai karyawan. Saya ingin bikin sesuatu yang mewakili diri saya dan keluhan-keluhan saya,” beber Thoma Prayoga terkait inspirasi di balik karyanya, yang doi garap selama 1 minggu.

Menariknya, Thoma tahun lalu juga pernah ikutan LINE Creative Day, tapi bernasib sama kayak Aditiya. Namun demikian, setelah kemenangannya ini, Lulusan Desain Komunikasi Visual Institut Seni Yogyakarta asal Bekasi itu berharap ke depannya doi bisa lebih ngembangin karyanya sekaligus ngeinspirasi banyak Generasi Muda lainnya buat ikut berkarya juga. “Kalo lo punya keluhan, lo ‘teriak’ lewat karya,” tandasnya.

via ©Genmuda.com/2016 Gabby
Thoma Prayoga di acara LINE Creativate 2016 di Atrium Gandaria City, Jumat (18/11) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Sementara itu, dari kompetisi LINE Game Developer, ada Dara Anita & Junki Wano dengan judul ‘Becak Bang’, Anthony Wibisono & Armandarius Darmadji dengan judul ‘Bunbu Dance Tour’, serta Wilson Tjandra dengan judul ‘Kumamapi The Hungry Bear’ yang terpilih sebagai juara. Masing-masing pemenang jelas punya keunikan tersendiri dalam game mereka, salah satunya lewat karakternya.

Pada game ‘Bunbu Dance Tour’ misalnya, nama karakter Bunbu ternyata merupakan singkatan dari “Bunny mbencekno” (bahasa Surabaya), soalnya karakter tersebut “usil-usil lucu”. “Jadi, kamu mau bikin game di mana karakter Bunbu bisa kelihatan ekspresif banget, makanya kami bikin dance game,” jelas Armandarius (25). ‘Bunbu Dance Tour’ pun udah digarap Armandarius dari bulan Mei yang lalu, bareng tiga teman dari timnya dan dua rekan mereka lainnya.

So, gimana, Kawan Muda? Keren-keren banget ‘kan para pemenang kompetisi LINE Creativate 2016? Buat kamu yang tahun ini belum ikutan atau udah ikutan tapi belum terpilih jadi pemenang, kamu engga perlu khawatir. Sambil nunggu pihak LINE ngadain kompetisi serupa di tahun depan, mending kamu datang dulu aja ke pameran dan seminarnya.

via ©Genmuda.com/2016 Gabby
Armandarius Darmadji (kanan) dan anggota tim ‘Bunbu Dance Tour’ lainnya di acara LINE Creativate 2016 di Atrium Gandaria City, Jumat (18/11) ©Genmuda.com/2016 Gabby

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer