Kamis, 22 Agustus 2019
Kekinian

LINE Creativate 2016, Saatnya Talenta Kreatif Indonesia Berkarya Bersama LINE

©Genmuda.com/2016 GabbyKonferensi pers LINE Creativate 2016 di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (6/10) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Genmuda – Sukses dengan LINE Creative Day 2015, kini LINE kembali bekerja sama bareng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) buat nyelenggarain LINE Creativate 2016 – Digital Creative Space nih, Kawan Muda. Buat kamu yang lagi nyembangin bakat di bidang kreatif, acara tersebut jelas harus kamu ikutin!

LINE Creativate 2016 merupakan ajang kompetisi kreatif bagi talenta lokal Indonesia buat ikut serta dalam ngeeksplorasi dan ngeekspresiin potensinya lewat serangkaian kontes, seminar, dan acara menarik lainnya. Ajang tersebut sekaligus bertujuan buat ningkatin daya saing para kreator LINE dalam rangka pembangunan ekosistem kreatif digital.

‘Closing the Distance’

Sejak hadir di Indonesia di 2013, LINE emang udah secara aktif berupaya ngedukung dan berkolaborasi dengan masyarakat dalam nyediain layanan dan konten yang relevan dengan budaya dan kebutuhan lokal. LINE percaya bahwa potensi kreatif Indonesia bakal semakin berkembang, sehingga LINE bakal terus ngedukung insan kreatif di Tanah Air agar berkarya lewat platform digital.

Misi kami adalah ‘Closing the Distance’, tidak boleh ada jarak di antara user. Tidak cuma di antara user, tapi juga dengan kesempatan, yang salah satunya adalah lewat LINE Creativate — ‘Creative and activate’,” jelas Managing Director LINE Indonesia, Ongki Kurniawan di acara konferensi pers LINE Creativate di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (6/10).

©Genmuda.com/2016 Gabby
Managing Director LINE Indonesia, Ongki Kurniawan di acara konferensi pers LINE Creativate di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (6/10) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Rangkaian acara

Rencananya, acara puncak LINE Creativate bakal diadain pada 18 – 20 November di Mall Gandaria City. Dengan target 10 ribu partisipan kompetisi kreatif, LINE Creativate kabarnya merupakan kompetisi kreatif terbesar di Indonesia sekaligus acara LINE terbesar di Asia Tenggara. Juri-juri yang dilibatin pun engga main-main, mulai dari Founder LINE Webtoon, Junkoo Lim, sampai perwakilan Bekraf.

Di samping itu, nantinya bakal ada pula sebuah acara berupa rangkaian roadshow dari pihak Bekraf yang berlangsung di 5 kota di Tanah Air, yaitu Makassar, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Roadshow yang turut diikutin oleh pihak LINE tersebut bakal dimulai pada Sabtu (8/10) ini.

Kompetisi menarik

Lantas, apa aja sih kompetisi yang diadain di LINE Creativate 2016? Well, kalo di tahun lalu cuma ada kompetisi LINE Webtoon dan LINE Sticker, tahun ini justru ada 2 kompetisi tambahan lainnya yang engga kalah menarik, yaitu kompetisi LINE Game Development dan LINE Selfie.

FYI, kompetisi LINE Webtoon bakal ngajak kamu buat berkarya dengan tema ‘Keseharian di Indonesia’ (‘Slice of Life’). Dengan demikian, kamu diminta buat ngebikin komik digital yang nyeritain tentang hal-hal yang khas dan cuma ada di Indonesia. Cerita kamu harus selesai dalam satu episode dan kamu harus ngumpulin minimal 3 episode sampai masa kontesnya berakhir.

©Genmuda.com/2016 Gabby
Business Development LINE Indonesia, Inez Yorisya Kemala di acara konferensi pers LINE Creativate di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (6/10) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Selanjutnya, sama kayak LINE Webtoon, kompetisi LINE Sticker juga ngangkat tema ‘Keseharian di Indonesia’. Menurut pihak Business Development LINE Indonesia, Inez Yorisya Kemala, alasannya adalah LINE Sticker dengan tema kehidupan sehari-hari justru paling sering dipakai oleh para user di Tanah Air. Kamu pun bebas ngumpulin LINE Sticker yang kayak gimana aja, asal engga berbau SARA dan LGBT.

Lain halnya dengan kompetisi LINE Game Development. Kompetisi tersebut ditujuin buat para game developer indie. Game yang lolos 3 besar nantinya bakal dapet akses ke LINE Game SDK, di mana game-game tersebut bakal punya akses ke fitur-fitur yang dimiliki oleh LINE Games. Bahkan, ini pertama kalinya di dunia LINE ngadain LINE Game Development loh, Kawan Muda.

Sementara itu, buat kompetisi LINE Selfie, pada dasarnya kompetisi tersebut bisa diikuti oleh siapapun, apalagi yang doyan selfie atau ngedit foto pakai aplikasi. Secara khusus, kamu bakal diminta buat selfie dan ngedit foto pakai aplikasi LINE Egg. Abis itu, kamu posting deh hasilnya ke media sosial dengan hashtag #LINECreativate2016 dan #LINESelfieCompetition.

©Genmuda.com/2016 Gabby
Global Engineer LINE Indonesia, Matthew Tanudjadja, Business Development LINE Indonesia, Inez Yorisya Kemala, LINE Webtoon Manager Indonesia, Ghina Fianny, dan Managing Director LINE Indonesia, Ongki Kurniawan di acara konferensi pers LINE Creativate di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (6/10) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Wadah berkreasi dan monetisasi

Singkatnya, lewat LINE Creativate 2016, pihak LINE Indonesia pengen nyediain platform berkreasi sekaligus monetisasi bagi para insan kreatif di Tanah Air. Sejalan dengan dukungan tersebut, nantinya hak cipta setiap karya yang udah terkumpul pun bakal tetap jadi milik penciptanya.

“Tujuan kami adalah supaya para kreator punya plaform yang lengkap bukan hanya untuk menampilkan karya, tapi juga untuk memonetisasi karya tersebut. Semakin bagus karya, semakin diapresiasi, semakin besar juga minat user untuk menggunakannya,” ungkap Ongki.

So, buat kamu yang berminat ikutan LINE Creativate 2016, buruan cek ketentuan dan informasi selengkapnya di www.linecreativate.com biar kamu bisa buru-buru nyari ide. Kalopun kamu engga ikutan, ya seengganya datang aja ke acara puncaknya di bulan November nanti. Seru deh pokoknya!

“Dijamin pasti luar biasa heboh. Di situ kami akan tampilkan semua kreativitas dari insan-insan kreatifnya dan juga dari LINE sendiri. Kami juga punya seminar satu hari, di sana tentunya banyak sekali topik-topik yang terkait dengan kreativitas,” tandas Ongki. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer