Selasa, 26 Januari 2021

Genmuda – Mungkin Kawan Muda hampir tiap hari pegang smartphone maupun laptop, tapi kadang kita suka bingung istilah-istilah mengenai virus yang nyerang gadget kita. Nah, biar engga bingung ada baiknya kamu tau sedikit mengenai Malware yang suka bikin gadget kamu lemot parah hingga bisa rusak total.

Malware merupakan akronim dari Malicious Software, yang telah menjadi permasalahan puluhan tahun. Pada dasarnya malware adalah program yang dibuat untuk menginfeksi sebuah sistem komputer tanpa diketahui oleh pemilik komputer tersebut. Malware memiliki berbagai macam bentuk. Beberapa contoh malware yang umum menyerang gadget kita adalah:

Trojan Horse / Trojan Virus

trojan
Trojan Virus (sumber: Google)

Adalah jenis malware yang paling sering kita jumpai. Trojan pada umumnya bergerak dengan mengambil alih komputer korban. Ketika trojan horse berhasil menyusup ke sistem komputer, ia akan memberikan hak akses penuh komputer tersebut kepada hacker. Trojan merupakan satu dari jenis malware yang sangat berbahaya di dunia.

Computer Viruses

Merupakan malware yang dikembangkan buat menginfeksi sebuah komputer, ketika ia berhasil menginfeksi komputer tersebut, ia akan membuat replika dirinya atau mereproduksi dirinya sendiri. Seperti pada kasus parasit, virus membutuhkan host agar dapat menginfeksi komputer. Tentu hal ini bakal bikin gadget kamu makin lama makin lemot dan bisa saja bikin perangkat kamu overheat.

Worms

Worm Virus (sumber: Google)
Worm Virus (sumber: Google)

Hampir sama saja dengan virus, namun ia engga membutuhkan host buat menginfeksi komputer, sehingga membuat worms lebih berbahaya dibandingkan dengan virus.

Keyloggers

Merupakan hardware atau software yang dapat memonitor apapun yang kita ketik, membuat screen-shots, dan mengirimkan hasilnya ke orang tertentu. Buat mengoperasikan program keylogger engga memerlukan pengetahuan yang tinggi mengenai komputer, bahkan seorang anak kecil pun mampu memata-matai kita dengan mudah. Pernah ngerasa selalu diintai?

RATS

RAT (Remote Administration Tool) sangat serupa dengan Trojan. Ketika RAT masuk kedalam sistem, sang pengirim RAT akan mendapatkan hampir seluruh hak akses komputer korban, misalnya menginstall keylogger, mematikan komputer, menginfeksi file dan sebagainya.

Adware

Ilustrasi Adware (sumber: Google)
Ilustrasi Adware (sumber: Google)

Adware merupakan singkatan dari Advertisement-supported software, pada umumnya dibuat buat menampilkan iklan-iklan pada komputer korban. Namun, beberapa adware bisa saja mengandung virus yang berbahaya dan program mata-mata yang membuat sistem komputer menjadi tidak stabil. Kalau kamu sedang terhubung dengan internet dan mendadak muncul iklan-iklan yang engga kamu inginkan atau bahkan (maaf) rada-rada bokep, bisa saja gadget kamu terinfeksi Adware Kawan Muda.

Nah, sekilas mengenai tipe-tipe malware yang umum kita jumpai. Sangat dianjurin juga buat menggunakan program anti-virus di laptop kamu dan lebih berhati-hati dalam menginstal aplikasi di smartphone kamu demi keamanan dan kenyamanan. Gimana udah mulai paham dong? Kalo belum coba baca ulang dengan teliti.  He-he (sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast