Kamis, 9 Desember 2021

Genmuda – Pokémon, Pokémon, Pokémon. Kawan Muda ngerasa engga kalo udah lebih dari seminggu kita semua lagi keracunan sama yang namanya ‘Pokémon Go’. Usai melahirkan pro-kontra di masyarakat, ternyata banyak penemuan hebat yang lahir gara-gara game satu ini.

Selain keren, penemuan ini bisa dibilang menjadi penemuan paling niat yang pernah diciptakan oleh manusia buat mendukung permainan Pokémon Go. Kalo kamu ngerasa anti-mainstream dan pengen totalitas banget ketika berburu Pokémon, kayaknya alat ini wajib kamu punya:

1. Drone mini khusus Pokémon Go

Canggih. Sebuah perusahan teknologi TRNDlabs beberapa waktu yang lalu sempat merilis video demo dari produk anyar mereka yang disebut Poké-drone. Pihak perusahan mengklaim jika alat ini mampu menjangkau tempat-tempat sulit di mana para Pokémon berkeliaran, seperti di sungai, jalan tol, atau mungkin pemakaman umum.

Penggunanya cukup menempelkan smartphone mereka di atas kontroler dari drone tersebut. Nantinya drone akan mentransfer sinyal GPS dari smartphone ke dalam aplikasi Pokémon Go.

Tapi Niantic Labs selaku pengembang game ini bilang kalo cara seperti itu sama aja dengan pemalsuan sinyal GPS alias curang dan diharamkan. Belum lagi belum diperlukan lisensi resmi untuk menghubukan kamera ponsel dengan drone.

Melihat kasus tersebut, udah jelas kalo TRNDlabs belum mendapatkan izin dari Nintendo dan Poké-drone hanyalah sebuah prototipe. Lagian kalo pake drone esensi main Pokémon Go juga terasa kurang kan.

2. Powerbank berbentuk Pokédex

(Sumber: sparkfun.com/Npoole)
(Sumber: sparkfun.com/Npoole)

Nah, lain sama pengguna situs Sparkfun bernama Npoole. Doi kayaknya totalitas banget buat jadi seorang Pokemon Trainer dengan membuat desain 3D Pokedex –semacam scanner dan ensiklopedia Pokémon yang berikan oleh Profesor Oak ke Ash Ketchum, buat ponselnya.

Bukan cuma desainnya aja yang dibuat mirip, Pokédex tersebut dilengkapi oleh baterai berkapasitas 2,600mAh yang dapat digunakan seperti powerbank saat bermain Pokémon Go. Dalam prototipenya alat ini didesain khusus buat ponsel Samsung Galaxy S4. Tapi tenang, sang kreator kabarnya akan mengupdate desain buat smartphone lainnya kok.

Biar engga dibilang pelit, Npoole juga ngebagiin rancangannya tersebut secara gratis di sini. Tapi syarat yang paling mutlak sih pastiin dulu kamu punya printer 3D. Tertarik mencoba?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.