Minggu, 9 Agustus 2020

Genmuda – Kalo ngomongin jerawat bawaannya pasti udah kesel. Gimana engga? Jerawat itu udah jadi masalah buat jutaan cewek di seluruh dunia. Setuju ya, girls? Ibaratnya jerawat itu sama aja kayak mantan, bikin malesin banget dan membekas. Bedanya kalo mantan membekas di hati, sedangkan jerawat membekas di wajah dan bikin kita jadi engga oke.

Tipe-tipe jerawat pun banyak loh, mulai dari jerawat batu yang sifatnya bandel dan lama hilang. Ada jerawat latah, yang kalo udah ada satu langsung nyebar ke mana-mana. Sampe jerawat kangen yang nongkrong di wajah kalo kita lagi kangen sama seseorang. *cieee…

Kalo ditanya engga enaknya jerawatan mungkin satu papan tulis kayaknya engga cukup buat ngejawab pertanyaan ini. Jika lagi jerawatan mau keluar rumah aja tuh bawaannya males. Sekejap tingkat kepercayaan diri kita direnggut seenaknya sama yang namanya jerawat. Posesif abis!

Gara-gara ini akhirnya tingkat keeksisan kamu harus berkurang. Jalan sama temen-temen jadi minder, mau selfie akhirnya harus diedit dulu sama ‘camera 360’. Mau posting foto harus ‘cekrek-cekrek’ sebanyak mungkin sampe jerawatnya engga kelihatan. Kepergok sama si doi di kantin, kita malah kabur dan akhirnya makan bekel temen di kelas. Ganggu banget ‘kan? Saat kita pengen eksis di lingkungan kita sendiri, jerawat malah jadi penghambatnya.

Terus gimana ya caranya biar jerawat engga nongol seenaknya dan engga ngurangin eksistensi kamu? Jawabannya balik ke kamu sendiri nih, girls. Sejauh apa pemahaman kamu tentang musuh terbesar ini. Kalo kamu udah kesel dan bingung buat mengatasi timbulnya jerawat, coba kamu lakuin perubahan dengan ngikutin 7 tips dari Genmuda.com dan Clean & Clear® berikut ini.

1. Kebersihan wajah kamu harus diutamakan

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Badai melintang, petir menyambar, yang paling penting dari mencegah jerawat adalah menjaga kebersihan wajah kamu sendiri, girls. Berjerawat atau engga, ngebersihin muka itu wajib banget dilakuin setiap hari. Biar kotoran yang menempel, sel-sel kulit mati, dan minyak di permukaan wajah hilang.

Kulit berminyak itu jadi lahan subur buat jerawat, terlalu kering juga bisa menimbulkan jerawat. Ngeselin bukan? Solusinya, kamu bisa gunakan pelembab non komedogenik, scrub wajah buat ngebersihin muka kamu, pake air hangat pas ngebersihin, dan jangan lupa penggunaan tabir surya yang ada SPF-nya kalo kamu seharian beraktivitas di luar. FYI, pancaran sinar matahari berlebih bisa bikin peradangan di kulit kita loh. So, please be aware.

2. Batasi penggunaan make-up

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Kamu dandan sejam pas mau jadi paskibra pengibar bendera? Hati-hati, penggunaan make-up yang berlebihan bisa jadi ‘bumerang’ buat kamu. Sebaiknya berhias secukupnya, serta pilihlah kosmetik yang aman tanpa pewarna dan berbahan kimia.

Ingat! Habis pake make-up kamu harus selalu bersihin wajah kamu. Engga ada alasan lupa atau mager. Hindari juga membasuh kulit wajah kamu pake handuk yang kasar. Pastikan sebelumnya handuk yang kamu pake itu berbahan lembut dan bersih.

3. Kontak langsung wajah dengan tangan

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Ngelamun di kelas, topang dagu. Habis minjem pulpen, megang wajah. Ngantuk pas istirahat, main tidur aja di atas meja. Kebiasaan kayak gini emang telihat kecil dan seringkali engga disadari sama kita. Padahal, tangan yang kotor tuh bisa menyebarkan bakteri di wajah dan bikin iritasi.

Meski kamu ngerasa tangan atau meja belajar kamu itu bersih, tapi yang namanya kuman mana bisa dilihat tanpa mikroskop? Simplenya kamu harus lebih peka lagi sama kebiasaan kecil kayaknya gini, dan jangan sampe kecolongan ya.

4. Gaya hidup, pola istirahat, dan asupan makanan kamu lebih penting dari apapun

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Gaya hidup yang engga teratur, termasuk tidur malam dan konsumsi makanan seenaknya, itu bisa bikin kamu stres sendiri loh. Kalo udah stres, jerawat pun akhirnya muncul.

Perlahan, yuk hilangin kebiasaan tidur malam atau begadang. Efektifnya kamu harus istirahat 7-8 jam sehari. Terus, perhatikan juga asupan gizi dan nutrisi dari makanan yang kamu santap setiap hari. Hindari cokelat, junk food, keripik, dan kacang. Gantilah dengan buah-buahan dan sayur, terutama dengan kandungan vitamin A dan Omega 3. Yang engga kalah penting, jangan males minum air putih.

5. Olahraga setiap hari dan bersihin keringatnya langsung

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Olahraga teratur selain bagus buat fisik kamu juga berguna buat mencegah jerawat, girls. Dengan berolahraga, perederan darah kamu akan lebih lancar ke seluruh tubuh. Tapi inget, sebisa mungkin hindari penggunaan topi, handuk di leher, kacamata dsb sewaktu kamu berolahraga, karena beberapa hal itu bisa jadi sarang keringat dan menimbulkan bakteri.

Kalo udah keringetan habis olahraga, jangan lupa langsung basuh keringat kamu. Setelah selesai baru deh dilanjutin sama ritual mandi cantik. He-he.

6. Relaksasi

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Jerawat dibilang masalah normal yang dialami setiap orang. Hal ngeselin itu tuh timbul selama masa pertumbuhan karena pengaruh hormon di diri kamu. Akhirnya, kondisi mental dan emosional juga mempengaruhi kesehatan kulit.

Mengatasinya engga perlu mahal-mahal kok, sebisa mungkin hindari hal yang bisa memicu kamu stres. Mau PR lagi banyak, atau jadwal ekstrakulikuler super padet, dibawa enjoy aja. Yang paling penting kan wajah kamu bebas dari jerawat.

7. Sadar diri dan rutin membersihkan wajah

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Dari semua hal di atas pemicu jerawat emang macem-macem jenisnya, makanya engga heran kalo banyak anak muda heboh kalo jerawat udah nongol di wajah. Tapi kamu engga perlu parno duluan girls, semuanya bisa diatasi kalo kamu sadar buat rutin ngebersihin wajah kamu dengan pembersih wajah yang tepat buat kulit remaja, yaitu Clean & Clear® Active Clearing Cleanser.

Selain aman buat wajah kamu, Clean & Clear® Active Clearing Cleanser punya formula yang membantu melawan bakteri dan mengurangi minyak berlebih buat mengatasi jerawat kamu. Bekas jerawat yang masih nempel pun bisa langsung dibersihkan sejak pemaikan pertama. Kulit jadi bersih, jerawat engga nyebar lagi deh.

Kalo kamu udah bisa ngelakuin 7 tips di atas engga perlu khawatir lagi deh eksis kamu berkurang karena jerawat. Kamu pun bisa makin percaya diri dan bebas dari jerawat. Sayonara jerawat! (adv)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis