Rabu, 19 Juni 2024

Genmuda – Di antara warga Indonesia yang mudik, ada sebagian orang yang harus habiskan libur di kosan atau rumah. Mungkin kamu termasuk salah satunya. Jangan bengong jorok doang sedih gitu, dong. Nikmatin aja dengan baca buku, nonton, atau ngegame.

Sementara yang di rumah bersenang-senang dalam kesendirian, yang mudik lagi sibuk ngumpulin THR dari sodara-sodara. Mungkin, juga sedang ngabisin makanan yang disuguhi kerabat dan orangtua tanpa banyak mikir. Maklum, lah. Kapan lagi makan enak tapi gratis.

Akan tetapi, dua golongan manusia tersebut seharusnya gak ngelupain tanggung jawab-tanggungjawabnya. Karena itu, coba deh lakuin beberapa hal di bawah ini supaya makin siap hadapi weekdays yang makin lama makin dekat kedatangannya.

1. Siap-siap tahun ajaran baru

via giphy.com

Yup. Jangan lupa perhatiin jadwal-jadwal daftar ulang, registrasi akademik, registrasi administrasi, dan segala tektek bengek yang harus dilalui supaya bisa lanjutin pendidikan. Jangan sampai liburan bikin kamu gak fokus sama kegiatan penting ini sehingga pendidikan kamu terbengkalai.

2. Menyikat gigi

Serius! Gak mandi gak apa-apa, deh. Tapi, sikat gigi itu harus bin wajib supaya gigi kamu tetap putih. Selain itu, kesehatan mulut juga besar pengaruhnya sama kesehatan seluruh tubuh, termasuk penyakit jantung dan diabetes, kata nationalgeographic.co.id, 21 Maret.

3. Ganti pakaian dalam

via giphy.com

Kamu ini kan bukan karakter anime yang bajunya itu-itu doang. Jadi, jangan males ganti pakaian meski gak keluar rumah sama sekali. Okelah kamu malas ganti baju dan celana. Tapi, jangan lupa ganti pakaian dalam karena “onderdil” yang kotor bisa bikin area intim kamu infeksi, mulai dari jamur hingga kanker.

4. Ibadah

Mentang-mentang bulan suci udah lewat, bukan berarti ibadah harus dilupa-lupain, kan? Kalo gak sempat ke Masjid seperti waktu Ramadhan, seenggaknya tunaikan semua kewajiban sehari-hari di rumah daripada was-was dan gelisah seharian. Jangan lupa juga berdoa supaya kegiatan tahun ajaran baru kamu lancar-lancar aja nanti.

5. Jaga pengeluaran

via giphy.com

Stop-stop-stop. Jangan kebanyakan jajan biarpun gak ada yang masak di rumah. Beli aja makan-minum secukupnya supaya THR gak terbuang percuma. Tetep jaga pengeluaran karena kamu masih harus bayar tagihan. Buat yang mau lanjut kuliah, ingatlah bahwa tabungan kamu bakal benar-benar berguna ketika tiba masa ngekos.

6. Ingatlah bahwa jalanan tetaplah jalanan

Maksudnya apa? Maksudnya, mau musim mudik atau musim durian, jalanan tetap macet tak mengenal kompromi. Kemacetannya malah tersebar merata hingga ke kampung-kampung, bukan lagi di sekitar tempat kerja.

7. Mengunci pintu dan jendela

via giphy.com

Hayo, jangan lengah. Kunci tuh semua pintu dan jendela, terumata ketika kamu mau tidur. Soalnya, penjahat-penjahat kan gak mengenal cuti. Justru ketika orang-orang pada libur dan mengendurkan kesiagaannya lah mereka makin giat bekerja.

8. Bersihkan sepatu

Yuk jangan biarin sepatu kamu mangkrak di rak. Jangan sampai sepatu yang biasanya bikin kamu tampil kece berubah fungsi jadi sarang kecoa dan laba-laba. Tetep jaga kebersihannya dalamnya, dong. Dan, sikat juga sepatu kamu biar luarnya gak jamuran.

9. Berkabar sama teman/kolega

via giphy.com

Biar apa? Biar gak awkward dan langsung punya obrolan begitu tiba hari kerja seperti biasanya.

10. Hubungi pacar (kalo punya)

Sebengong apapun, janganlah lupa kabari pacar atau gebetan. Hayo, jangan ingkari janji mau ketemu di saat libur panjang ini. Kalo doi ngamuk dan ngajak putus, nanti susah lagi loh balikannya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.