Rabu, 29 Juni 2022

Genmuda – Setelah 30 hari lamanya kita umat Islam berpuasa di bulan Ramadhan, udah sepatutnya kita bersuka cita menyambut hari raya Idul Fitri. Selain karena kita berhasil melawan hawa nafsu untuk gak makan, minum dan lainnya, di hari lebaran pun banyak makanan enak yang menanti untuk dilahap. Nyam!

Makanan lebaran tuh emang enak-enak banget ya gengs. Mulai dari opor ayam, rendang sapi, juga sambel kentang dan ati pasti terhidang di meja makan. Karena makanan banyak, kita biasanya kalap nih, dan gak kerasa kalo kita akhirnya ‘Lebar-an’.

Inget, setelah puasa kemarin kamu udah berhasil menurunkan beberapa kilo, masa abis itu mau nambah banyak di hari lebaran? Supaya gak ‘lebar-an’ kamu mesti ikutin tips dibawah ini nih.

1. Banyak minum air putih

Mau pas puasa maupun setelah puasa dan kapanpun itu waktunya, air putih emang penting buat dikonsumsi secara teratur. Air putih bisa ngasih mineral yang dibutuhin sama tubuh supaya tetep seger dan bahkan menangkal rasa lapar. Gak percaya? Coba minum air satu atau dua gelas sebelum makan deh, bukan sesudah makan ya. Dijamin kamu udah kenyang duluan deh pasti.

2. Porsinya gak boleh banyak

Inget, di hari lebaran kamu pasti akan mengunjungi banyak rumah, baik rumah saudara maupun yang katanya sodara. Ini bisa bikin kamu wisata kuliner gratis, karena tiap singgah kamu pasti makan.

Boleh aja kamu makan ditiap singgah pas silaturahmi, tapi inget porsi ya! Kalo biasanya kamu makannya 2 centong, ya kurangi jadi setengah aja, supaya perut kamu masih muat buat menampung makanan di rumah selanjutnya.

3. Makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang

Ini bukan kata Tim Genmuda ya, tapi ini adalah perintah Nabi Muhammad SAW. Tapi perintahnya ini ternyata dibenarkan loh sama ilmu medis. Katanya, kalo makan pas kondisi lapar itu bisa ngeganggu fungsi otak dan kalo kamu nunggu lapar dulu baru makan, yang ada malah kena maag.

Dan kalo kamu kekenyangan makan, ternyata berdampak gak baik juga nih guys. Ketika kamu kekenyangan, pencernaan kamu bakal keganggu, melonjaknya kadar gula dalam darah, dan bisa juga bikin kamu sesek nafas. Waduh!

4. Abis makan, gerak!

Yang kadang bikin males gerak adalah ya karena kekenyangan itu. Makanya balik lagi ke poin nomor 4 ya, berhentilah makan sebelum kenyang, karena kali udah kenyang, bawaannya pasti ngantuk dan akhirnya ketiduran.

Abis makan terus langsung ketiduran adalah hal utama penyumbang timbunan-timbunan lemak di perut kamu tuh! Jadi biar gak ngantuk, coba deh buat banyak gerak, supaya kamu ada kegiatan pengalih rasa kantuk.

5. Kalo bisa, tetep makan sayur

Mau gimana pun juga, sayur tetep penting buat bantu pencernaan kamu tetep lancar setelah dibombardir sama makanan yang mengandung santan. Kalo di siang hari sekiranya kamu bakal makan rendang atau opor ayam, ya pas sarapan sebelum solat id kamu sarapan dengan sayur. Supaya si perut gak kaget kalo tiba-tiba nerima makanan yang banyak kolesterolnya, makanya harus dimulai sama makanan yang sehat dan berserat.

6. Disiplin dan seimbang

Kamu harus tetep jaga pola makan kamu, supaya gak kebanyakan dan kedikitan juga. Biasanya kalo orang abis puasa, jadi lupa buat makan atau malah jadi males makan. Tapi ternyata kayak gitu gak baik tau!

Sebaiknya, kamu tetep harus sarapan sebelum berangkat solat id. Gak usah banyak, yang penting ada buat isi perut. Trus siang juga makan, dan kalo nanti sore kamu bakal makan lagi, berati bagi 2 porsi makan kamu. Dan malam hari, makannya gak boleh lebih dari jam 8, dan porsinya pun gak boleh banyak-banyak supaya lemaknya gak ketimbun di perut.

7. Kurangi minuman yang mengandung kalori

Karena biasanya kalo puasa banyak makanan yang aneh-aneh, kamu jadi gak perhatian sama asupan air ke tubuh kamu. Padahal dari tadi udah diperingati buat cuma minum air putih, dan itupun wajib hukumnya!

Minuman yang mengandung kalori ini misalnya minuman yang mengandung soda, dan juga susu. Boleh aja sih sebenernya minum soda, tapi jangan kebanyakan, dan habis itu tetep harus minum air putih ya!

Itu dia tips supaya timbangan kamu tetep kejaga setelah banyak makan-makanan berkolesterol di hari lebaran. Pantang naik timbangan gengs! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.