Sabtu, 13 Juli 2024

Genmuda – Di media sosial, Kawan Muda pasti suka nemuin beragam postingan #IWokeUpLikeThis. Di berbagai postingan tersebut, orang-orang kelihatannya tetap kece badai walau baru bangun tidur. Padahal, mereka sebenarnya buru-buru ngebersihin belek dulu tuh, Kawan Muda.

Sadar engga sadar dan percaya engga percaya, setiap bangun tidur pasti ada aja kotoran atau yang biasanya disebut belek bakal nempel di ujung mata, engga peduli kamu artis atau tokoh ternama kayak presiden sekalipun. Tapi, kenapa sih setiap pagi kita harus selalu belekan? Memangnya engga bisa ya kalau engga belekan?

Well, buat kamu yang penasaran dan pengen tahu lebih banyak soal belek, SciShow punya jawabannya nih, yang engga kalah menarik dari napas yang kurang sedap dan mata yang ngantuk di pagi hari. Menurut SciShow, belek berasal dari lendir, bakteri, debu, kotoran, dan sel-sel kulit mati.

Meski begitu, belek ternyata belum punya nama ilmiah resmi loh, Kawan Muda. Kalau dalam bahasa Inggris, belek disebut sebagai eye gound/rheum/gunk/boogers. Hampir semua orang di muka bumi ini pun biasanya belum nyadar sama keberadaan belek di mata mereka sampai belek tersebut numpuk.

Lantas, gimana sih sampai belek akhirnya bisa numpuk di ujung mata? FYI, mata kita harus basah supaya bisa berfungsi dengan baik. Tiap mata dilindungin sama suatu lapisan air mata yang terdiri dari lendir berair dengan lapisan berminyak di atasnya. Pas kamu bangun, benda-benda yang masuk ke mata kamu biasanya bakal ditangkap sama lapisan tersebut dan dibersihin dari mata kamu pas kamu berkedip.

Sebaliknya, pas kamu lagi tidur kamu jelas aja engga bakal berkedip (serem dong kalau tidur bisa berkedip). Oleh karena itu, semua lendir dan kotoran bakal menumpuk, barengan sama minyak dari lapisan air mata. Tumpukan itulah yang disebut sebagai belek di ujung mata kita.

Bukan cuma itu, SciShow ngejelasin pula kalau konsistensi dari belek kita — entah kering atau basah — bergantung pada apa yang ada di lapisan air mata kita masing-masing. Kalau kamu menderita alergi atau punya mata yang sensitif, biasanya belek kamu bakal lebih banyak dan berair. Hal itu pun terjadi soalnya kamu cenderung lebih sering ngegosok mata kamu, jadi lendir yang dihasilin akhirnya lebih banyak.

Terlepas dari itu, belek merupakan hal yang alami dan sepenuhnya normal, sama kayak bersin atau kentut. Kalau kamu perhatiin belek kamu lebih banyak dari biasanya, bisa jadi itu adalah tanda dari kelenjar minyak yang terlalu aktif, saluran air mata yang tersumbat, atau mata merah. Kalau engga, ya udah buruan cuci muka biar bisa nge-share postingan #IWokeUpLikeThis di medsos. Selamat beraktivitas! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer