Minggu, 17 Oktober 2021

Genmuda – Update besar-besaran game ‘No Man’s Sky’ (NMS) yang diluncurin, Minggu malam (27/11) WIB terbukti jadi napas baru. Dalam 24 jam aja, server game itu udah mencatat ada 5.500 pemain lama kembali bermain.

Waktu pertama diluncurin, 9 Agustus, game ini langsung dimainin 212.620 orang. Jumlahnya langsung turun 88% dalam dua minggu karena gamenya dinilai monoton. Netizen di Steam rata-rata ngasih skor 5 dari 10.

Minggu-minggu berikutnya,  NMS udah engga hype lagi. Tapi developer Hello Games engga menyerah. Mereka dengerin keinginan konsumen dan akhirnya ngerilis ‘Foundatioin Update.’ Di bawah ini adalah hal yang diperbarui.

1. Home sweet home

via thenextweb.com
(Sumber: thenextweb.com)

Seseru apapun perjalanan antar galaksi, manusia tetep rindu rumahnya. Karena itu, developernya ngasih kesempatan pemain bikin rumahnya sendiri di tempat engga berpenghuni. Rumahnya bisa dijadiin gudang, ladang, atau sekadar tempat istirahat.

Lama-lama, bakal dateng penduduk alien yang bercokol juga di sekitar rumah itu buat bantu-bantu. Entah kenapa, nuansa gamenya jadi mirip ‘Fallout 4.’

2. Tiga mode baru

Semua pemain NMS kini bisa milih tiga mode permainan. Mode ‘Normal’ ngasih permainan dengan aturan biasa tanpa ada yang berubah. Sementara mode ‘Survival’ bakal ngasih tantangan lebih karena tingkat kesulitannya makin gila.

Ada juga mode ‘Creative’ ngasih kesempatan pemain mengeksplorasi galaksi dalam mode ‘pemula.’ Di sini, pemain engga bakalan kalah dan kehabisan dana di game cuma kamu engga bisa ngedapetin trofi.

3. Tambah objek baru

via thenextweb.com
(Sumber: thenextweb.com)

Ambisi Hello Games bikin galaksi baru juga makin ditunjukin dengan nambahin ratusan objek baru di game ini. Sebagian objeknya cuma bisa digunain pakai skill tertentu.

4. Makhluk hidup

Coding makhluk alien di NMS pun di-update abis-abisan. Animasi makhluknya jadi lebih halus, kecepatannya makin sesuai berat badan, bentuk badannya makin matching, dan mengurangi crash waktu bertemu pemain.

5. Perbaikan atmosfer

Salah satu hal negatif di game itu adalah komposisi warna yang mencolok. Hello Games berusaha memperbaiki hal itu dengan nambahin warna biru di langit, memperbaiki format awan, dan atmosfernya diperdalam. Dengan kata lain, gamenya keliatan lebih adem.

6. Grafis makin badai

via thenextweb.com
(Sumber: thenextweb.com)

Grafis awal NMS pun jadi satu hal yang dikritik. Di update terbarunya, Hello Games makin perdalam grafis terrain. Warna tumbuhan pun jadi makin terlihat. Bukan cuma itu, efek ledakan, asteroid, dan tata cahaya juga makin dibenahi. Diharapkan, gambarnya makin keliatan seperti film bioskop.

7. Audio makin immersive

via forbes.com
(Sumber: forbes.com)

‘Foundation Update’ sekaligus hadirkan efek hujan lebih baik. Suaranya tetep terdengar baik itu waktu di luar, dalam bangunan, atau di dalam pesawat luar angkasa. Suara latar seperti bunyi statis radio, suara desah angin, dan efek stasiun luar angkasa ditambahin di sini. Itu dilakukan supaya gamenya makin terasa ‘hidup.’

Kabarnya, tujuh hal di ‘Foundation Update’ itu adalah rangkaian pertama dari puluhan update gratis di waktu mendatang. Semoga aja, NMS bisa hidup lagi berkat pembaruan itu. Gimana menurut Kawan Muda? Tulis komentar di bawah ini, dong.

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.