Kamis, 29 Oktober 2020
Tekno

Kenalin Nih Geevv.com, Search Engine Baik Hati Buatan Indonesia Gaes

via gogirlmagz.comDeni Prasetya dan Azka A Silmi (kiri-kanan), para founder Geevv.com. (Sumber: gogirlmagz.com)

Genmuda – Kejeniusan mahasiswa Indonesia kembali ditunjukin lewat inovasi dalam bidang IT. Kali ini, giliran Azka A Silmi mahasiswa administrasi fiskal UI dan Deni Prasetya mahasiswa psikologi UI yang tunjukin kebolehan mereka bikin search engine baik hati bernama Geevv.com.

Kepada media, Azka bilang search engine ini adalah “Social search engine, bukannya local search engine.” Soalnya, 80 persen keuntungan situs itu bakalan disumbangin buat kebutuhan sosial. Sisanya, dipakai buat kembangin situsnya lagi. Emang kayak gimana aja sih? Berikut ini fakta soal Geevv yang wajib kamu tau:

1. Masih anget

via geevv.com
(Sumber: geevv.com)

Situs The Jakarta Post, Senin (14/11) memberitakan kalo situs Geevv baru banget luncur versi beta-nya pada 26 September lalu. Sejak saat itu, keuntungan-keuntungan situsnya emang udah disisihkan buat sumbangan, gaes.

2. Dapet duit tiap ada yang mencari

Situs itu pun otomatis terima uang setiap ada orang yang nyari info di sana. Tiap tombol ‘Cari di Geev’ di klik, situsnya otomatis dapet 10 rupiah dari sistem beriklan ‘pay per view’ dan ‘pay per click.’ Intinya, makin sering situsnya dipakai, makin besar donasi yang terkumpul.

2. Udah ada sekitar 200 ribu pengguna

Azka bilang, udah ada sekitar 200 ribu pengguna sejak pertama kali situs beta-nya meluncur. Tiap komputer yang buka situs Geevv juga bisa ngeliat berapa donasi yang terkumpul berkat pencarian menggunakan komputer itu.

3. Udah sekitar 2,2 juta rupiah sumbangan tersalurkan

via giphy.com

Situsnya juga ngasih tau total sumbangan yang udah disalurin. Pada Senin sore, (14/11) Genmuda.com mencatat ada 2.284.480 rupiah udah disalurin. Jumlahnya pun bertambah sedikit-sedikit tiap situs ini dipakai.

4. Buat kesehatan, pendidikan, dan kemiskinan

Sumbangan itu harapannya bisa jadi solusi bidang kesehatan, pendidikan, dan kemiskinan. Soalnya masih banyak penduduk Indonesia engga mampu dapetin fasilitas kesehatan termurah. Sementara itu, 2,3 juta anak usia 7-15 tahun gagal dapet pendidikan. Terus ada 26 juta orang Indonesia masih hidup miskin.

5. Laporan terbuka

Karena menyangkut uang sumbangan, Geevv juga berjanji nerbitin laporan keuangannya secara terbuka. Laporannya bisa didownload berkala lewat situsnya, gaes. Berhubung situsnya masih beta, laporannya belum ada gaes. Gantinya, ada kartu ucapan yang intinya ngajak kita pakai situs itu.

6. Punya blog juga

via blog.geevv.com
(Sumber: blog.geevv.com)

Selain jadi situs pencarian, Geevv juga punya artikel-artikel blog. Isinya kebanyakan soal motivasi, kisah sukses, dan kerelawanan di seluruh dunia, gaes. Engga asal jeplak, artikelnya juga ngasih sumber jelas. Mirip banget seperti esai mahasiswa.

Eniwei, itulah enam fakta yang bisa Genmuda.com korek-korek seputar Geev, situs pencarian buatan Indonesia yang baik hati. Kalo kamu penasaran, coba aja deh. Engga kalah keren dari Google kok, gaes. Jangan lupa, tulis komentar kamu di bawah ini.

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.