Jum'at, 5 Juni 2020

Genmuda – Salah paham yang berakhir ricuh, umumnya terjadi lantaran karena masalah komunikasi. Soalnya beda tempat nongkrong beda juga kebiasaan, adat, dan bahasa yang dipahaminya.

Perbedaan masalah beda ‘kata’ dalam komunikasi biasanya disebut terminologi, dimana makna sebuah kata bisa aja berbeda dalam konteksnya. Sebagai contoh kata meja hijau, bisa diartikan pengadilan atau meja berwarna hijau atau meja billiard. Nah, perbedaan konteks kata kayak gitu pasti pernah bikin Kawan Muda gagal paham, apalagi waktu ketemu temen baru.

Dalam sehari-hari pun kasus kayak gitu sering terjadi di tengah-tengah kehidupan kamu. Supaya lebih paham penjelasan Genmuda.com, simak aja beberapa contoh kasus di bawah ini:

1. Tele

via photobucket.com
Gitar Telecaster (Sumber: photobucket)

Istilah ‘tele’ sering banget diucapin anak fotografi buat menyebut lensa kamera yang mampu meneropong objek jarak jauh. Tapi kalo anak musik taunya tele adalah singkatan buat gitar jenis ‘telecaster.’

2. Makro

via panduanwisata.id
Makro swalayan grosir. (Sumber: panduanwisata.id)

Masih buat istilah fotografer, kata ini dipakai buat menyebut lensa atau mode kamera yang bisa memotret beda kecil keliatan jelas banget. Sementara itu, generasi 90-an pasti taunya Makro adalah pusat perbelanjaan grosir yang gede banget. *old school

3. SG

via mermaidmusic.dk
Angus Young pentolannya band ACDC gegitaran dengan Gibson SG. (Sumber: mermaidmusic.dk)

Kaos bertuliskan “I Love SG” pastinya sering kamu liat beredar di mana-mana. Bagi mereka yang suka jalan-jalan, SG merupakan singkatan dari Singapore, sementara para pemain gitar taunya SG adalah gitar buatan Gibson yang ikonik. Ya. Gibson SG.

4. LV

via tumblr.com

Pecinta fashion taunya LV merupakan merek ternama buatan Louis Vuitton. Sementara itu, siapa pun yang suka main game taunya LV adalah singkatan buat menyebut ‘Level.’

5. Stradivarius

via telegraph.co.uk
Biola Stradivarius. (Sumber: telegraph.co.uk)

Ada alasan brand fashion Stradivarius menggunakan lambang not musik di logonya. Soalnya, ‘Stradivarius’ emang merupakan jenis biola buatan keluarga Stradivari, –keluarga pembuat biola kenamaan Italia. Kata Stradivarius pun berarti ‘keluarga Stradivari.’ Karena itu anak musik suka gagal paham sama anak fashion.

6. Filter

via banyubersih.com
Filter air. (Sumber: banyubersih.com)

Anak otomotif pastinya mikir soal penyaring bensin yang setia menjaga kualitas mesin, sementara pecinta IG taunya filter sama dengan efek foto. Sementara itu, anak teknik pahamnya filter ya penyaring pada umumnya. Yang suka sebats? Ya, pahamlah… kalo itu nama rokok.

7. Jaguar

via sandiegozoo.org
Anak jaguar yang onyo-onyo. (Sumber: sandiegozoo.org)

Ini klasik sih. Kemungkinan sering dibahas dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Kata Jaguar bisa berarti merk mobil mewah, tapi juga bisa sebagai hewan jaguar. Yang manapun itu, cuma orang berduit doang yang bisa beli jaguar. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.