Jum'at, 1 Maret 2024

Genmuda – Karya seni bercitarasa tinggi, musik-musik kece, dan film yang bikin mikir terkadang cuma bisa dibuat oleh mereka-mereka yang punya kreativitas tinggi. Namun, kreativitas bukan hanya bermanfaat buat memproduksi karya-karya kreatif.

Berdasarkan arti harfiahnya, kreativitas merupakan kemampuan seseorang menciptakan sesuatu yang bermakna dalam hidupnya. Selain itu, ciri-ciri orang yang kreatif tuh bisa dilihat dalam kehidupan sehari-harinya. Di bawah ini adalah 10 ciri-ciri orang berkreativitas tinggi, gaes. Kamu mungkin punya satu di antaranya!

1. Mimpi di siang bolong

Orang yang bengong-bengong (bukang ngelamun jorok) bukan berarti orang itu sekip. Padahal, saat bengong otak manusia merancang sebuah skenario menarik, bahkan lebih menarik daripada realita yang ada di depan mata. Nah, otak yang kreatif doang yang bisa bekerja secara abstrak kayak gitu. Beberapa seniman dan businessman kreatif ternama bahkan dapat inspirasi ketiak bengong-bengong gini.

2. Punya ambisi

Engga gampang loh buat nentuin cita-cita dan menjadikannya ambisi yang terus dikejar tiap hari. Selain perlu punya mental baja dan pendirian kuat, kreativitas diperlukan untuk mengejar ambisi. Kalo kata buku Managing Creative People yang ditulis Gordon Torr, orang yang punya motivasi tinggi cenderung punya kreativitas yang besar pula.

3. Berani

Dalam bekerja, orang kreatif juga butuh keberanian buat merekonstruksi yang ada di otaknya hingga jadi karya di dunia nyata. Tenaga, waktu, dan materi tentu saja bakal terbuang dalam prosesnya. Meski begitu, mereka yang kreatif engga takut bangkrut untuk tetap mencipta, baik itu karya seni ataupun usaha yang dirintisnya. Kalo kamu punya keberanian kayak gitu, kamu pun termasuk orang berkreativitas tinggi.

4. Gemar bermain

Buat orang yang kreatif, bermain tuh sangat menyenangkan dan menyegarkan, meskipun permainan yang dimainkannya susah. Misalnya aja, orang yang lebih kreatif bakal merasa main catur tuh menyenangkan, sementara orang biasa bakal bosen kalo diajak mikir main catur. CEO LEGO Foundation, Randa Grob-Zakhary dalam interview dengan Majalah Forbes bilang, “Bermain bisa menstimulasi otak layaknya kita belajar.”

5. Suka bertanya

Orang yang kreatif cenderung engga puas dengan informasi setengah-setengah. Mereka pun bakal mempertanyakan informasi yang didapatnya hingga tuntas dan memuaskan rasa ingin tahunya. Engga jarang, mereka yang kreatif berani memilih jalan berlawanan dari mayoritas. Karena itulah banyak seniman yang tampilannya nyeleneh.

6. Berekspresi

Karena otaknya ingin berkarya, orang yang kreatif pun pandai mengekspresikan pendapat atau perasaannya terhadap orang lain. Engga melulu lewat karya seni, lewat cara ngomong yang mudah dimengerti, tulisan yang mudah dibaca, atau ekspresi wajah yang tulus juga bisa.

7. Bersimpati

Ketika berhadapan dengan kawan yang dalam kesulitan, orang kreatif pun cenderung lebih simpati daripada orang biasa. Soalnya, otak mereka bakal membayangkan musibah yang menimpa kawan ikut menimpa diri sendiri. Secara otomatis, mereka bakal terdorong buat ngebantu kawannya yang kesusahan itu.

8. Cari pengalaman baru

Untuk mengasah imajinasinya, orang kreatif juga gemar melakukan hal baru. Bentuknya bisa banyak, seperti pergi ke tempat-tempat unik, baca buku, atau main game, pokoknya segala hal yang jarang orang tau dan sering lakukan.

9. Bekerja tuntas

Bukan hanya doyan belajar, orang kreatif juga cenderung bekerja tuntas. Mereka engga doyan membiarkan tugas-tugasnya terbengkalai. Ketika tugas sendiri selesai, orang kreatif malah makin termotivasi buat menyelesaikan permasalahan selanjutnya.

10. Kamu suka main pelesetan

“Udah main Pokemon GO belom? Epik banget deh game-nya!”

“Epik? Epik bukannya penyanyi religi?”

“ITU OPICK!”

Well, itulah sepuluh kelakuan sehari-hari yang bisa nunjukin tingkat kreativitas seseorang. Kamu engga perlu rendah diri kalo belum menciptakan sebuah ‘masterpiece’ terkenal meski udah punya sepuluh kebiasaan itu. Soalnya, kreativitas tiap orang bisa tersalurkan dengan hal berbeda.

Ellon Musk misalnya, menyalurkan kreativitas tingginya dengan membuat berbagai perusahaan seperti PayPal (portal dompet digital), SpaceX (perusahaan roket swasta), dan Tesla Motors (mobil listrik berteknologi tinggi). (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.