Selasa, 19 Januari 2021

Genmuda – Lain dari orang dewasa yang biasanya tidur sepulang kerja, anak sekolah cenderung punya agenda lain saat bel pulang sekolah berdering. Segudang aktivitas itu bisa dilalui dengan semangat tetep tinggi berkat jajanan bernutrisi.

Gak usah mikir makanan serba hijau dengan rasa gak enak, mahal, dan susah dicari. Makanan bergizi juga bisa diperoleh dari jajanan yang selalu disukai anak sekolah, loh. Mereka tersebar di mini market, mal deket sekolah, tempat nongkrong, bahkan warung-warung pinggir jalan.

Jadi, Kawan Muda yang masih punya jadwal ekstrakurikuler, belajar tambahan, langsung pulang tapi segera nongkrong di luar, atau mungkin ngedate sama gebetan, harus nyobain jajanan di bawah ini. Gak bakalan nyesel. Percaya, deh!

1. Cokelat

via indopos.co.id
Siapa sih yang benci cokelat? (Sumber: indopos.co.id)

Cokelat mengandung zat flavonoids yang berperan sebagai antioksidan penangkal racun juga memperbaiki sel yang rusak. Selain itu, juga bermanfaat untuk ningkatin mood yang memble karena kebanyakan dengerin materi pelajaran. Gebetan atau pacar kamu juga pasti suka saat dikasih cokelat.

2.  Minuman yogurt

via huffingtonpost.com
Kamu suka minuman yogurt yang mana, nih? (Sumber: huffingtonpost.com)

Minuman susu fermentasi ini mengandung berbagai nutrisi penting, seperti kalsium, kalium, magnesium, vitamin B-12, dan B-2 yang bikin tubuh kembali bugar. Selain itu, terkandung juga bakteri baik yang memperlancar pencernaan. Kalo usus sehat, badan kamu sehat juga.

3. Sereal

via anews.com
Sereal juga enak loh dimakan malam-malam. (Sumber: anews.com)

Berbagai iklan menyatakan sereal sebagai menu sarapan, tapi sama sekali gak dosa ataupun melanggar undang-undang kalo memakannya sepulang sekolah. Selain mengandung serat yang memeperlancar pencernaan, ada juga sederet nutrisi baik yang dibutuhin tubuh. Dimakan sama susu lebih sedap.

4. Ubi goreng

via detik.com
Kenapa gak ubi rebus? Karena, kamu pasti lebih suka gorengan daripada rebusan. (Sumber: detik.com)

Gak mungkin kesulitan deh nyari ubi goreng. Asalkan kamu nemu tukang gorengan, kemungkinan besar kamu temui makanan yang mengandung gizi, seperti kalium, vitamin c, beta-karotin untuk kesehatan mata, dan pastinya serat supaya pencernaan terus lancar.

5. Popcorn

via taste.com.au
Popcorn saus madu-karamel. (Sumber: taste.com.au)

Gak perlu takut jarum timbangan makin geser ke kanan karena nonton bioskop sambil makan popcorn. Soalnya, karbohidrat untuk energi, polyphenol untuk cegah pembengkakan, dan serat untuk jaga pencernaan terkandung di dalam tiap butir berondong jagung.

6. Tuna

via Istimewa
Sushi isi tuna. Enak. Sedap. Mantap. (Sumber: Istimewa)

Kamu bisa minta tolong dimasakin tuna kalengan (atau masak sendiri) ke orang rumah. Bisa juga mampir ke warung sushi sambil party-party sama doi atau temen nongkrong. Apapun pilihannya, tunah adalah jajanan tepat karena mengandung selenium, aneka vitamin B, protein, fosfor, kalium, magnesium, dan sederet kebaikan lain. Selain itu, rasanya juga enyak!

7. Jus buah plus susu

via Istimewa
Smoothie stroberi dengan buah asli. (Sumber: Istimewa)

Semua makanan di atas akan makin lengkap dengan jus buah asli. Mencampur jus dengan susu juga merupakan ide bagus karena terciptalah minuman enak sepanjang masa: smoothies.

Gizinya gak usah ditanya lagi. Buah kan mengandung serat, aneka vitamin, dan sederet manfaat yang menyegarkan tubuh. Sementara itu, susu utamanya mengandung kalsium dan protein yang dibutuhin badan.

Semua makanan di atas terasa makin enak dimakan sepulang sekolah, karena tubuh emang lagi butuh zat-zat yang terkandung di makanan tersebut. Jadi, mana nih makanan favorit kamu?

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.