Jum'at, 30 Oktober 2020

Genmuda – Bulan ini bulannya BTS. Boyband asal Seoul itu menoreh banyak prestasi lewat album “Love Yourself: Her” yang rilis, Senin (18/9). Bukan hanya nembus pasar Asia, album tersebut berhasil mengguncang tangga lagu Amerika Serikat, menjadikan BTS sebagai boyband Asia terpopuler tahun ini.

Beranggotakan Jin, Suga, J-Hope, Rap Monster, Jimin, V, dan Jungkook, BTS raih pujian dari banyak pihak, termasuk Billboard dan Forbes. Selain itu, mereka juga punya 7 prestasi keren yang didapetin sepanjang 2017.

1. Masuk daftar “Korea Power Celebrity”

Tim riset dan editorial Majalah Forbes ngedata 10 seleb korea paling berpengaruh tiap tahun, sejak 2010. Skornya dinilai berdasarkan jumlah karya dan pastinya geliat fanbase.

Dalam daftar Korea Power Celebrity yang rilis pada Forbes edisi Februari 2017, BTS menempati peringkat kelima. Boyband EXO bertengger di posisi keempat, girlband Twice di posisi ketiga, aktor Song Joong Ki di posisi kedua, dan aktor Park Bo Gum di peringkat puncak.

2. Menang “Top Social Artist” Billboard Music Award (BBMA) 2017

Tiga bulan berselang, prestasi BTS nambah lagi. Pelantun lagu “No More Dream” itu raih penghargaan “Top Social Artist” pada BBMA, Mei 2017. Penghargaan itu diberikan ke artis berdasarkan voting di medsos.

Dengan kata lain, fanbase BTS jauh lebih banyak, setia, dan aktif daripada fanbase artis yang masuk nominasi, seperti Justin Bieber dan Selena Gomez. Anak-anak BTS percaya kalo lagu-lagu mereka disukai karena ngena dengan kehidupan fans.

FYI, pidato kemenangan Rap Monster di Billboard Music Award tuh direkam dan dimasukin ke dalam album ini dengan judul “Skit” Billboard Music Award,” loh. Jadi, jangan lupa dengerin track itu.

3. Kolab sama Chainsmoker

via soompi.io
BTS foto bareng Chainsmokers. (Sumber: soompi.io)

Andrew Taggart Chainsmoker juga terlibat dalam proses produksi album keren BTS. Kolaborasi mereka bisa didenger di lagu “Best of Me.” Mereka bahkan nampil di salah satu konser Chainsmokers, 12 September lalu.

Bukan cuma nguntungin BTS yang makin menjangkau telinga pendengar di Amerika Serikat, tapi juga nguntungin Chainsmoker yang ngelebarin pengaruhnya hingga Korea selatan.

4. Preorder albumnya mencapai “Platinum”

Album “Love Yourself: Her” versi preorder dibagi ke dalam empat versi, yaitu “L,” “O,” “V,” dan “E.” Masing-masing berisi artwork unik yang cuma didapet di salah satu versi.

Kalo ditotal, penjualannya tersebut mencapai angka 1,05 juta pre-order. Dengan kata lain, BTS udah mengantongi penghargaan “Platinum,” berdasarkan penilaian industri rekaman Amerika Serikat.

5. Albumnya merajai banyak tangga lagu

Dengan penjualan segitu banyak, album “Love Yourself: Her” merajai di puncak tangga-tangga lagu populer. Misalnya, tangga lagu Naver dan Melon di Korea Selatan.

Posisi puncak iTunes Amerika Serikat juga diisi album itu. Diprediksi, popularitas album ini pun bisa lebih baik dari posisi 26 besar pada Billboard 200, posisi yang diperoleh lewat album “Wings” (2016).

6. Paling atas di Spotify

Album “Love Yourself: Her” juga dapet tempat teratas daftar New Releases Spotify, sejak Senin (18/9).

7. Paling banyak ditonton dalam waktu 10 jam

Music video lagu “DNA” ditonton hingga 13.335.134 kali dalam waktu 10 jam, mendorongnya masuk nomor 1 di daftar trending YouTube. Pada Selasa (19/9), 24 jam setelah lagu tersebut rilis, jumlah penontonnya udah 21.798.093 kali. Namun, peringkatnya merosot ke nomor 9 di daftar trending YouTube. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.