Sabtu, 21 Mei 2022

Genmuda – Para mata-mata posh Inggris balik lagi dengan film “Kingsman: The Golden Circle,” yang lebih sadis sekaligus lebih konyol dari film pertama. Sutradara Matthew Vaughn juga sisipkan beberapa drama, kejutan, dan perang moral dalam film berdurasi 141 menit itu.

Total budgetnya diprediksi jauh lebih tinggi dari film “Kingsman: The Secret Service” (2014) lantaran berisi peraih Oscar. Sebut aja Colin Firth, Julianne Moore, Halle Berry, dan Jeff Bridges. Nongol juga musisi legendaris Elton John di dalamnya.

Film yang tayang di bioskop, Rabu (20/9) ini peroleh review beragam dari berbagai kritikus. Skor Metacritic nunjukin angka 49% dan Telegraph ngasih satu dari lima bintang. Tapi, Rotten Tomatoes ngasih 66%, IGN.com 8,5/10 , dan Empire 4/5.

Biar gak bingung, nih Genmuda.com kasih gambaran filmnya biar kamu nilai sendiri. Tenang aja. Gak ada spoiler, kok.

Melanjutkan cerita lama

dok. Marv Pictures
Ini Roxy/Lancelot (Sophie Cookson) yang pasti bikin cowok salah fokus tiap kemunculannya. (Dok. Marv Pictures)

Seperti film pertamanya, “Kingsman: The Golden Circle” dimulai dengan suasana tegang. Begitu keluar dari markas Kingsman yang disamarkan sebagai toko jahit eksklusif, Eggsy/Galahad (Taron Egerton) ditodong pistol oleh preman yang merupakan rivalnya waktu ujian seleksi Kingsman dulu.

Sementara itu, tiga mobil SUV mengepung Eggsy dan taxi spesial Kingsmannya. Dengan sigap, si agen bernama sandi Galahad berkelit dari todongan pistol, lalu membawa rivalnya ke dalam taxi spesial Kingsman yang kemudian kabur dari kepungan SUV.

Kejar-kejaran sambil adu tembak engga bisa dielakkan. Duel mantan rival yang kini jadi musuh bebuyutan pun berlangsung seru di dalam taxi. Meski diperkuat tangan robot, rivalnya gak bisa ungguli kejelian Eggsy.

dok. Marv Pictures
(dok. Marv Pictures)

Setelah berhasil menyingkirkan semua musuhnya, Eggsy mengakhiri hari dengan santai. Namun, serangan gembong teroris pimpinan Poppy (Julianne Moore) belum berakhir. Markas Kingsman seluruh Inggris yang kini tanpa penjagaan dihancurkan tak berjejak dengan peluru kendali jarak jauh.

Kingsman yang tersisa lalu menjalankan “Doomsday Protocol,” sebuah rencana darurat untuk minta tolong ke Statesman, agen rahasia independen di Kentucky, Amerika Serikat. Bertemulah mereka dengan Tequila (Channing Tatum), Champagne (Jeff Bridges), dan Whiskey (Pedro Pascal).

Makin drama

dok. Marv Pictures
Kemunculan perdana Harry Hart/Galahad senior yang dikira telah tewas. (Dok. Marv Pictures)

Di markas Statesman itulah terjadi beberapa adegan haru antara Eggsy dengan Harry Hart (Colin Firth), agen Galahad lama yang disangka tewas tertembak di kepala pada film lama. Santai. Itu bukan spoiler. Kehadiran Galahad senior kan juga ada di trailernya.

Kehidupan percintaan Eggsy dengan Putri Tilde dari Swedia juga diwarnai drama termehek-mehek. Biasa, lah. LDR kan selalu berat. Akan tetapi, tetep ada juga adegan super kocak seperti pertemuan pertama mereka.

Drama selanjutnya dateng lewat hubungan para agen Kingsman dengan anjing peliharaan mereka, apalagi antara JB dengan Eggsy dan Mr Pickles dengan Galahad senior. Kalo kamu pecinta hewan, siapin aja tissue barang satu atau dua bungkus. *lebay.

Makin sadis

dok. Marv Pictures
Merlin lagi pamer “pisau” doi. (Dok. Marv Pictures)

Bukan Kingsman kalo gak sadis. Adegan tembak-menembak dan tonjok-menonjok penuh darah serta putus anggota badan bertebaran di sequel ini. Efek makeup dan animasinya lebih bervariasi dari film pertamanya.

Tapi, sinematografi pertarungan “akbar” tetep nawarin nuansa mirip film pertama. Karakter utama selalu tampil di tengah layar. Cara itu cukup menolong supaya mata penonton engga perlu bingung nyari karakter utama saat gerakan cepat.

Penggemar Kingsman pertama mungkin bakalan kecewa dengan keputusan sinematografi macam itu. Soalnya, menghadirkan kesan kalo film kedua kehilangan kreativitas.

Musiknya tetep Amerika banget

dok. Marv Pictures
Ki-ka: Galahad, Galahad senior, dan Whiskey lagi menyusup ke salah satu markas musuh. (dok. Marv Pictures)

Film pertama berhasil mencuri perhatian semua penonton berkat adegan pembantaian sadis dalam gereja yang diiringi musik “Free Bird” karya band Lynyrd Skynyrd (Dibaca mirip Leonard Skinner). Musik andalan di film kedua pun masih berasal dari band yang Amerika banget.

Lagunya adalah “Country Road” karya John Denver yang dalam film itu dinyanyiin sama Merlin. Ada lagi lagu “Saturday Night’s Allright (For Fighting)” yang dinyanyiin langsung sama penciptanya, Elton John dalam film. Kedua lagu itu pun muncul dalam adegan pertarungan “akbar.”

Dok. Marv Pictures
Ini Poppy (Julianne Moore), penjahat paling psikopat di film Kingsman. (Dok. Marv Pictures)

Ketauan banget nih anak-anak produksi Kingsman suka sama lagu-lagu lawas Amerika. Kamu yang suka lagu nenek moyang rock n roll pun pasti suka dengan pilihan playlist film ini.

Tapi, sayang banget film ini ngelupain satu hal penting pada adegan tembak-tembakan pakai pistol revolver. Satu pistol khas koboi itu kan cuma berisi 6 peluru. ENAM PELURU! Tapi, peluru di revolver Whiskey seolah gak habis-habis.

Oh. Satu hal yang ketinggalan. FILM INI KHUSUS 17 TAHUN KE ATAS. Dan, sebaiknya ditonton dengan temen. Jangan sama pacar apalagi keluarga. Percaya, deh. Nanti juga kamu paham kalo udah liat filmnya.

Our Score

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.