Jum'at, 10 Juli 2020

Genmuda – Satu lagi film horor supernatural siap ngehantuin malam-malam kamu nih, Kawan Muda. Yup, film tersebut engga lain dan engga bukan adalah ‘Lights Out’.

‘Lights Out’ merupakan sebuah film garapan sutradara David F. Sandberg yang diproduseri oleh Lawrence Grey, Eric Heisserer, dan sang master film horor, James Wan. Diangkat dari film pendek berjudul sama karya Sandberg di tahun 2013, film ini dibintangi oleh Teresa Palmer, Gabriel Bateman, Billy Burke, Maria Bello, dan Lotta Losten, yang sebelumnya juga bermain di film pendek tersebut.

Secara garis besar, ‘Lights Out’ ngisahin tentang suatu makhluk nyeremin yang mendadak muncul di kegelapan. Yang jadi korban peneroran makhluk tersebut adalah seorang cewek bernama Rebecca (Teresa Palmer), adik tirinya Martin (Gabriel Bateman), dan terutama ibu mereka Sophie (Maria Bello).

Ceritanya, suatu hari Martin ngalamin kejadian nyeremin yang sama kayak yang dialamin Rebecca waktu kecil, sebelum doi ninggalin rumahnya. Rebecca yang penasaran akhirnya berusaha buat ngungkap misteri tersebut dengan dibantu oleh pacarnya Bret (Alexander DiPersia). Namun demikian, makin mereka berusaha nemuin faktanya, makin besar pula risiko yang harus mereka hadapin di kegelapan.

Klise, tapi (masih) bikin ngeri

via screenrant.com
(Sumber: Istimewa)

Cerita makhluk nyeremin di kegelapan sebenarnya udah bukan hal yang asing lagi di dunia perfilman. Di tahun 2003 misalnya, ada film ‘Darkness Falls’ yang intinya juga ngebahas soal hal tersebut. Bahkan, dalam kehidupan sehari-hari pun sebenarnya kerap diwarnain dengan ketakutan akan hal semacam itu.

Meski begitu, bukan berarti ‘Lights Out’ engga bisa ngasih kengerian yang bakal bikin kamu takut buat tidur sendirian di malam hari tanpa nyalain lampu atau ke kamar mandi tanpa ada yang nemenin. Justru, Sandberg mampu ningkatin kengerian di film pendeknya ke tahap baru lewat film ini.

Well, iya sih sebangian adegan emang ada yang udah ketebak banget bakal jadi kayak gimana akhirnya. Tapi, engga bisa diungkiri pula kalo Sandberg berhasil ‘ngulur waktu’ dan nyiptain ketegangan lewat pengulangan beberapa adegan secara berurutan, khususnya pada adegan matiin dan nyalain lampu yang dilakuin beberapa tokoh buat mastiin keberadaan si makhluk nyeremin. Dengan demikian, tegangnya dapet, penasarannya dapet, ngangetinnya dapet, dan greget keseluruhannya juga dapet.

Rollercoaster emosi

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Di samping keberhasilan Sandberg buat ngolah sedemikian rupa film pendeknya jadi film panjang, ada pula sebuah hal lain yang engga kalah penting dari ‘Lights Out’. Hal tersebut adalah kemampuan para pemainnya dalam ngaduk-ngaduk emosi para penonton lewat emosi mereka sendiri.

Secara khusus, pemain yang paling sukses nyuri perhatian di ‘Lights Out’ adalah Teresa Palmer. Setiap ekspresi yang doi tunjukin seakan bisa ngeyakinin kalo makhluk nyeremin di kegelapan itu emang benar-benar ada di dunia nyata, bukan halusinasi semata. Pokoknya deg-degannya pol deh, Kawan Muda.

Namun demikian, bukan berarti pemain ‘Lights Out’ lainnya engga berhasil bikin dag dig dug lewat peran mereka masing-masing. Satu lagi pemain yang layak dapat penghargaan adalah Maria Bello. Sama kayak Palmer, doi juga mampu manfaatin kesempatan buat ngembangin perannya dengan baik.

Sport jantung!

via debooworks.wordpress.com
(Sumber: Istimewa)

Satu hal terakhir yang harus banget kamu tau adalah ‘Lights Out’ bakal benar-benar negangin dan ngagetin dari awal mula filmnya banget. Bisa dibilang cuma ada sedikit waktu buat kamu bernapas lega di tengah-tengah film ini. Selebihnya jelang akhir, kamu bakal dikasih adegan tanpa henti yang bakal bikin jantung kamu serasa mau copot dan mata kamu engga sanggup buat melek.

Intinya, ‘Lights Out’ emang ngangkat tema yang udah terbilang umum. Sejumlah adegannya juga kemungkinan bakal kita lakuin di kehidupan sehari-hari kalo kita tiba-tiba harus dihadapin pada kondisi yang sama. Terlepas dari itu, justru adanya rasa kedekatan dengan kehidupan nyata itulah yang bikin film ini lebih mudah buat dipahami dan bisa ‘ngerasukin’ para penonton.

So, buat kamu yang cenderung penakut, jangan coba-coba nonton ‘Lights Out’ sendirian, apalagi abis itu kamu tidur di kamar gelap-gelapan. Film ini bakal tayang midnight hari ini, Sabtu (13/8) dan bakal resmi tayang di bioskop Tanah Air mulai tanggal 16 Agustus mendatang. Siapin mental kamu, Kawan Muda!

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer