Senin, 23 Mei 2022

Genmuda – Pasti kamu belum tau kan kalo ternyata ada loh hari kebersihan menstruasi. Bukan diperingati sama nasional atau Indonesia aja, tapi setiap tanggal 28 Mei, seluruh dunia memperingati hari ini. Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan, Eni Gustina bilang kalo pemilihan tanggal 28 Mei ini gak lepas dari fakta tentang menstruasi itu sendiri.

“Rata-rata wanita menstruasi dengan interval sekitar 28 hari sekali. Lalu, rata-rata lama menstruasi lima hari (lima diasosiasikan dengan Mei). Sehingga setiap tahun diperingati pada 28 Mei,” lanjut Ibu Eni.

Tentunya, hari ini dijadiin buat ajang edukasi ke para perempuan yang udah atau malah belum pernah mengalami menstruasi. Karena sebenernya masih banyak cewek yang gak terlalu paham kalo menstruasi ini normal dan penting banget buat dijaga kebersihannya. Belum lagi banyaknya mitos yang mesti dihindari waktu lagi menstruasi.

Nah, di bawah ini 5 mitos yang sebenernya salah, termasuk fakta yang harus kamu tau (terlepas dari ajaran agama ya)

1. Gak boleh keramas pas lagi dapet

Mitosnya, cewek gak boleh keramas pas lagi menstruasi karena khawatir rambut-rambut yang rontok itu udah terbuang tanpa dibersiin terlebih dulu. Bahkan, konon kalo ada rambut yang rontok malah harus dikumpulin dulu dan dicuci saat selesai haid.

Tapi menurut sains saat menstruasi cewek harus ekstra menjaga kebersihan badannya dari ujung kepala sampe ujung kaki. Begitupun rambut, yang tetep mesti rajin kamu cuci meski kamu lagi menstruasi. Emang kamu bisa tahan gak keramas senggaknya seminggu? Hem, pasti gak kan.

2. Minum soda mempercepat menstruasi

Banyak cewek terlanjur percaya kalo minum soda bisa mempercepat lamanya menstruasi kamu. Menurut sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Human Reproduction, minuman bersoda bisa mempercepat haid pertama kamu, tapi bukan pas kamu lagi terlambat ya.

Tapi kebanyakan minum soda juga gak bagus loh, baik waktu kamu lagi menstruasi atau gak. Minuman yang mengandung soda bisa bikin kamu lebih segar, tapi gak disaranin juga buat minum secara rutin dan dalam jangka panjang, karena bisa mempengaruhi keseimbangan nutrisi di tubuh kamu serta mempengarui siklus menstruasi.

3. Gak boleh minum es

Mitosnya, kalo kamu minum es, air es, air dingin, atau air kelapa itu bisa bikin nyeri haid kamu tambah parah. Yang lebih parah lagi, katanya malah bisa bikin kamu menderita kista. Wadaw, serem banget kan!

Namun demikian itu semua sama sekali gak mempengaruhi kondisi rahim kamu. Cuma ketika kamu minum air dingin, perut kamu akan terasa penuh atau kembung. Inilah yang bikin kamu ngerasa gak nyaman. Supaya enak mendingan kamu minum air biasa atau air hangat buat mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

4. Gak boleh potong kuku

Menurut mitos, cewek gak boleh memotong kuku dan rambut saat datang bulan. Padahal kalo selama sekitar seminggu kamu gak potong kuku, kebayang dong itu kuku udah panjang, dan kamu udah gatel pengen gigitin motong kuku-kuku.

Faktanya, dalam ajaran Islam pun, diperbolehkan bagi kamu buat memotong kuku saat menstruasi. Coba kamu bayangin selama kamu haid gak potong kuku, akhirnya jadi tempat berkembangbiak bakteri dan kuman. Nah, jelas banget kebersihan adalah sebagian dari iman, jadi kamu pun mesti jaga kebersihan badan kamu ya, termasuk kuku.

5. Gak boleh makan daging dan ikan

Emang bener sih kamu gak boleh terlalu banyak makan makanan yang berlemak tinggi, tapi gak berarti kamu bener-bener meninggalkan daging dan ikan kan? Justru, cara masak kamu lah yang salah, bukan makanan apa yang kamu makan. Kamu boleh banget makan daging dan ikan, tapi coba buat gak makan yang diolah dengan cara digoreng atau dalam bentuk junk food.

FYI, sebenernya mitos ini berakibat buruk buat kesehatan cewek yang perlu banyak nutrisi ketiga lagi haid. Perbanyak asupan makanan yang punya kandungan zat gizi dan protein yang tinggi, kayak sayuran, telur, ikan dan daging justru sangat dianjurin, loh. Inget aja sama pesan Bu Susi, yang gak mau makan ikan pas sahur dan berbuka puasa, TENGGELAMKAN!

6. Gak boleh banyak aktivitas

Meskipun kamu lagi menstruasi, bukannya kamu mesti gak gerak sama sekali ya. Kamu hanya perlu tau batasan kondisi kamu sendiri dan aktivitas yang mau kamu lakukan. Mungkin maksudnya kamu gak usah dulu olahraga yang berat-berat, jadi gak lemes kan.

Kamu cuma mesti bawa cadangan pembalut dan pakaian dalam aja kalo dirasa aktivitasnya ngebutuhin banyak energi. Jangan lupa pula minum obat dan vitamin penambah darah supaya keseimbangan darah di tubuh kamu terjaga.

7. Pembalutnya dijilat hantu kalo gak dicuci

Pasti kamu pernah denger ada mitos yang bilang kalo kamu gak cuci pembalut, kamu bisa diikutin atau dijilat sama hantu. Wah, ini sih pasti bikin parno ya. Masa gara-gara gitu kamu bisa diikutin sama makhluk halus.

Tapi kalo Kawan Muda diliat dari pandangan ilmiah, coba kamu pikir pembalut kamu gak dicuci dulu dan langsung dibuang. Pastinya bau dan kotor juga ya. Nah, itu juga bisa nyebarin banyak kuman dan juga bakteri. Nah, jadi penting banget buat kamu mencuci pembalut sebelum dibuang ya! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.