Jum'at, 21 Januari 2022

Genmuda – Film “Wonder Woman” arahan sutradara Patty Jenkins siap tayang sebentar lagi. Poster-posternya di berbagai bioskop dan di internet bermunculan, bikin hype, apalagi karena diperanin sama Gal Gadot dan Chris Pine yang gak pernah mengecewakan di depan kamera.

Kisah asal-muasalnya superhero cewek asal DC Comics itu bakalan berlatar belakang cerita di Perang Dunia I, 1914-1918, perang yang waktu itu dibilang “perang untuk mengakhiri segala perang.” Pada masa krisis itulah Wonder Woman memulai petualangannya.

Hype banget, kan. Lebih hype lagi kalo kamu baca fakta-fakta di bawah ini aja, sob!

1. Penciptanya adalah penemu “Lie Detector”

via flavinscorner.com
Marston (kanan) menguji lie detectornya. Sumber: flavinscorner.com)

Kreatornya, William Moulton Marston atau yang dikenal dengan nama Charles Moulton awalnya merupakan psikolog lulusan Harvard. Di tengah karier, doi pindah kerja jadi pengacara. Pengalaman sebagai psikolog dan pengacara akhirnya doi kombinasiin hingga akhirnya tercipta mesin pendeteksi kebohongan.

2. Punya banyak artefak sakti

via Istimewa
Ada tameng, kapak, pedang, pisau, panah, dan praktis semua senjata. (Sumber: Istimewa).

Karena ciptain mesin pendeteksi kebohongan, gak heran kan kalo senjata utama Wonder Woman adalah tali laso yang memaksa semua yang terikat untuk berkata jujur. Selain laso ikonik itu, Wonder Woman juga punya pedang, kapak, tameng, dan pastinya pelindung tangan yang terinspirasi dari gelang milik istri Marston.

3. Pernah mengangkat Palu Mjolnir

via businessinsider.com
(Sumber: businessinsider.com).

Pada tahun 1990an, karakter komik DC sering muncul di komik Marvel, begitu juga sebaliknya. Dalam “shared universe” itu, Wonder Woman pernah menangkat palu Mjolnir. Padahal, palu yang merupakan artefak Bangsa Asgard itu hanya bisa diangkat oleh Thor, sebagai orang yang dianggap layak memimpin Asgard.

4. Super hero cewek tertua

via womenyoushouldknow.net
(Sumber: womenyoushouldknow.net).

Dibuat tahun 1941, Wonder Woman praktis jadi superhero cewek tertua dan terpopuler hingga sekarang. Sejak muncul karakternya langsung jadi simbol kesetaraan gender dan persamaan hak kaum perempuan dengan laki-laki.

5. Komiknya pernah dilarang terbit

via Istimewa
Wonder Woman dari tahun ke tahun. (Sumber: Istimewa).

Setahun setelah rilis dan booming di kalangan pecinta komik, Wonder Woman sempat dilarang terbit oleh National Organization for Decent Literature, sebuah lembaga di Amerika Serikat yang salah satu tugasnya mensensor buku. Kenapa Wonder Woman dilarang terbit? Karena karakter utamanya dinilai “berpakaian terlalu terbuka.”

6. Dalam komik, orang lain pernah ngambil nama Wonder Woman

via Istimewa
(Sumber: Istimewa).

Gelar Wonder Woman melekat eratnya sama sosok Diana Prince, tapi ada banyak orang yang nerusin jejak Diana Prince mengemban nama Wonder Woman. Misalnya, Queen Hippolyta, Artemis, Orana, Nubia, Cassandra Sandsmark, dan Donna Troy. Situasinya mirip seperti gelar The Flash yang dari Barry Allen ke Wally West.

7. Wonder Woman dan Superman jadian berkat fan fiction

via superkalel.com
(Sumber: superkalel.com)

Popularitas komik DC pada akhirnya memancing para fans bikin fan fiction seputuar “Justice League.” Dari sekian banyak fanfiction yang muncul, cerita tentang jadiannya Superman dan Wonder Woman paling banyak. Pada akhirnya, DC Comic mengikuti kemauan para fans, dan bikin Diana Prince jadian sama Clark Kent di salah satu komik.

8. Asal muasalnya ada dua

via Istimewa
Asal-muasal versi tanah liat. (Sumber: Istimewa).

Seri awal komik Wonder Woman nyeritain kalo cewek sakti itu lahir dari tanah liat yang ditiupkan ruh oleh Zeus. Di komik rebootnya, diceritain kalo Wonder Woman lahir dari hasil perselingkuhan antara ibunya dengan Zeus.

9. Ada acara nonton khusus cewek

Salah satu bioskop swasta di Amerika Serikat mengadakan pemutaran film “Wonder Woman” khusus untuk perempuan. Bagi sebagian warga, aksi marketing itu dianggap simbol feminisme.

10. Jessica Biel calon kuat Wonder Woman

via sizzlingsuperstars.com
Ini Jessica Biel. (Sumber: sizzlingsuperstars.com).

Selain Gal Gadot, DC Cinematic Universe juga memperhitungkan Jessica Biel (“Total Recall,” 2012), Kate Beckinsale (“Underworld: Bloody Wars,” 2016), Sarah Michelle Gellar (“Buffy the Vampire Slayer,” 1996-2003).

Ada juga Rachel Bilson (“Jumper,” 2008), Mischa Barton (“Deserted,” 2016), Eva Green (“Miss Peregrine’s,” 2016), , Christina Hendricks (“Mad Men, 2007-2012), dan Kristen Stewart (“The Twilight,” 2008). (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.