Selasa, 5 Juli 2022

Genmuda – Kabar pensiunnya penyerang dari klub AS Roma ini pastinya bikin kaget dan sekaligus bikin sedih banyak penggemarnya. Kabar yang berhembus sebelumnya bukanlah kabar doi pensiun, tapi cuma kabar doi bakal meninggalkan AS Roma aja di akhir musim. Tapi akhirnya, lewat akun Facebook resminya, Totti menegaskan kalo pertandingannya melawan Genoa di Satdion Olimpico, Roma (28/5) adalah pertandingan terakhirnya.

Dimulai waktu doi berumur 16 tahun, tanggal 28 Maret 1993 adalah laga pertamanya melawan Brescia. Penyerang yang berumur 40 tahun ini udah nyumbang lebih dari 300 gol di lebih dari 780 penampilannya untuk Roma. Dan tanggal 28 Mei jadi hari terakhir doi merumput, karena akhirnya si Pangeran Roma resmi pensiun dari dunia sepakbola.

Kesedihan ini dirasain sama semua fans doi di seluruh dunia, gak terkecuali di Indonesia. Bahkan, salah satu banner yang dipasang di salah satu jembatan di Margonda, Depok, Jawa Barat dengan tulisan “We’ll miss Totti goal. Please stay longer.” ini sampe dapet perhatian khusus klub AS Roma, dan dimuat di website resminya www.asroma.com.

Gak cuma masuk websitenya, foto banner ini juga dibagikan sama klub AS Roma berbahasa Inggris lewat akun Twitter resminya.

Tim AS Roma mengapresiasi banget aksi ini karena Indonesia itu berjarak sejauh 10.000 km dari Roma. Brigata Fedram, yang mengaku fans klub AS Roma cabang Depok menghubungi pihak asroma.com, dan menjelaskan keinginan mereka atas aksi pasang banner ini.


Selain pesan tersebut, fans klub ini juga mengirimkan surat yang ditujukkan buat Francesco Totti, yang intinya mereka menyampaikan rasa terima kasih atas apa yang udah doi kasih buat Roma. Rasa senang akan semua penampilan apik yang doi kasih dan juga rasa ketidaksiapan akan kehilangan Totti pun tercurah di surat ini. Di akhir surat, mereka menulis kata-kata yang bikin terharu.

“Kami tau kami jauh dari Roma. Kami hanya region kecil di Indonesia. Tapi semangat kami dalam mendukung Anda dan Roma tidak diragukan! Terima kasih atas segala yang telah anda berikan buat Roma dan menjadi kapten kami.

Terakhir, kami selalu menanti anda kembali ke Indonesia.

Dari fans yang mencintai ada dari jauh,

Brigata Fedram e’Roma Club Depok”

Totti keliatannya masih belum bisa terima untuk pergi dari AS Roma di pertandingan terakhirnya itu. Ditemani sama istri dan kedua putri serta 1 orang jagoannya, doi menyampaikan pidato terakhirnya dengan mata yang berkaca-kaca tanda sedih. Sebuah pesawat kecil pun mengudara sambil bawa bendera yang berkibar dibelakangnya dengan tulisan “Grazie Capitano”, yang artinya terima kasih kapten.

Di pidato terakhirnya, Tottti mengucapkan rasa terima kasih buat Roma, ibu, ayah, adik, saudara dan teman-teman. Juga buat istri dan ketiga anaknya. Banyak banget pernyataan yang bikin siapapun terharu, diantaranya pernyataan berikut:

“Sekarang udah benar-benar berakhir. Saya melepas jersey saya untuk terakhir kalinya.”

“Sekarang, saya lah yang membutuhkan kalian dan cinta kalian yang sering kalian tunjukkan kepada saya.”

“Menjadi seorang kapten adalah kebanggan untuk saya. Kalian adalah hidup saya. Saya tidak akan lagi bisa menghibur kalian dengan kaki saya, tapi hati saya akan selalu ada bersama kalian.”

“Saya bangga dan senang telah memberikan cinta saya selama 28 tahun. Saya cinta kalian.”

(sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.