Rabu, 23 Oktober 2019

Genmuda – Ramadhan akhirnya tiba, Kawan Muda! Kalo biasanya tahun lalu masih ada solat yang bolong-bolong atau jarang solat tepat waktu, berarti tahun ini mesti lebih rajin dan solat di awal waktu gengs. Biar apa? Ya, biar makin berkah dong.

Kalo Ramadhan ini kamu masih sering ketinggalan, lupa, atau males ibadah, maka buang jauh-jauh godaan setan tersebut karena sekarang Genmuda.com mau rekomendasiin kamu 6 aplikasi yang berguna banget di bulan puasa. Yuk, cekidot!

1. Salaat Tracker (Android/iOS)

via: Playstore
(Sumber: Play Store)

Suka lupa atau telat solat? Cobain aja “Salaat tracker” yang ngebantu kamu buat mengontrol waktu solat kamu, apakah tepat waktu, telat, hingga dilakukannya dimana.

Kamu bisa lihat perkembangannya mulai dari harian hingga bulanan. Bakal tampil presentasi masing-masing waktu shalat sehingga kamu bisa tau mana yang kurang optimal dan mana yang perlu dipertahankan.

2. Prayer Times (Android)

via: Playstore
(Sumber: Play Store)

Prayer Times bisa sesuaikan kasih tau kamu waktu solat, dimanapun kamu berada, dan kapanpun kamu butuh. Dilengkapi sama fitur alarm, kamu bisa dapet notifikasi bahkan beberapa menit sebelum adzan, supaya kamu bisa siap-siap ambil wudhu atau pergi ke mesjid. Gak cuma itu aja, aplikasi ini juga dilengkapi sama fitur kompas supaya kamu gak salah kiblat.

3. Quran for Android (Android)

via: PlayStore
(Sumber: Play Store)

Tampilan aplikasi Quran ini persis sama al-quran sebenernya, yaitu 1 juz yang terdiri dari 10 halaman. Setelah kamu selesai membacanya, kamu bisa menandai dimana terakhir kamu baca. Biar makin berkah kamu bisa juga memahami arti ayat tersebut dengan melihat artinya, meskipun pakai bahasa Inggris. Kalo gak bisa baca Quran tapi pengen tetep dapet pahala? Coba kamu unduh murrotalnya dan kamu bisa dengerin semua surat-suratnya di aplikasi Quran tersebut.

4. Dzikir & Dua (Android)

via: Play Store
(Sumber: Play Store)

Selain baca Quran, kamu bisa loh merapalkan dzikir-dzikir supaya ibadah puasa kamu lebih berpahala lagi. Ada sekitar 260 doa dari Quran dan juga sunnah, serta doa sehari-hari yang dilengkapi sama audio supaya kamu bisa sambil menghapal dan tau cara bacanya.

Banyak kategori doa yang bisa kamu cari di sini. Mulai dari doa-doa favorit, doa yang dikutip dari Quran, doa untuk dibaca di mesjid, dan doa setelah shalat. Tampilannya simple dan elegan, jadi bisa memudahkan kamu buat mencari doa-doa yang kamu butuhkan.

5. Digital Tasbeeh Counter (Android)

via: Play Store
(Sumber: Play Store)

Karena kebanyakan anak muda lebih takut ketinggalan hp daripada ketinggalan tasbih, alangkah baiknya kamu pakai aplikasi ini buat menjaga kamu supaya tetap dzikir dimanapun, kapanpun. Tampilannya yang minimalis ini dilengkapi sama fitur suara dan getaran sewaktu di-tap.

6. Hitung Zakat Muslim (Android)

via: PlayStore
(Sumber: Play Store)

Di aplikasi ini gak cuma tersedia penghitung zakat buat zakat fitrah aja, tapi juga zakat penghasilan, dan juga zakat harta (maal). Kamu bisa hitung penghasilan kamu dan harga beras di pasaran, jadi kamu bisa tau sendiri berapa zakat fitrah yang mesti kamu bayar.

Buat zakat harta (maal), kamu bisa hitung berapa jumlah yang harus kamu bayar dengan membandingkan penghasilan kamu dengan harga emas/gram di pasaran. Nantinya, zakat ini akan disalurkan ke Dompet Dhuafa dan juga Rumah Zakat.

Jadi itu deh 6 aplikasi yang berguna banget selama Ramadhan kali ini. Etapi kalo kamu punya referensi aplikasi lainnya boleh banget loh di share di kolom komentar.

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.