Sabtu, 25 Juni 2022

Genmuda – Penggunaan medsos kayaknya emang susah buat dibendung. Mau kamu bilang, kamu adalah orang yang super sibuk dan jarang mainan medsos, tapi tetap aja selalu ada alasan orang buat buka medsos. At least once for a week, right?

Jika Facebook semakin ke sini bahasan topiknya makin serius, atau Twitter yang makin lama sepi dari ciutan temen-temen kamu, maka Instagram mungkin jadi salah satu medsos yang masih tetap hits buat Kawan Muda. Setelah disempurnakan sama fitur Stories ala Snapchat, aplikasi berbagi gambar ini emang bisa dijadiin lumbung uang loh.

Faktanya sejak tahun 2010 diluncurkan medsos satu ini tercatat memiliki 400 juta pengguna di awal tahun 2016. Menariknya lagi, Indonesia berada di urutan pertama sebagai negara pengguna Instagram terbanyak loh.

Kalo dari potensinya jelas kamu bisa manfaatin peluang tersebut buat meraup pundi-pundi rupiah. Oleh sebab itu, supaya postingan Instagram kamu makin hits dan jadi influencer di dunia maya, engga ada salahnya buat ngelakuin cara seperti ini:

1. Maksimalin kamera yang kamu punya

Oppo F1 Plus, cameraphone yang mampu memenuhi kebutuhan fotografi tinggi. (Foto: Genmuda.com/2016 Liki)
Oppo F1 Plus, cameraphone yang mampu memenuhi kebutuhan fotografi tinggi. (Foto: Genmuda.com/2016 Liki)

Seorang fotografer profesional, asal Amerika Serikat, Devon Valentin-Minnis bilang, kalo 90% postingan Instagram doi diambil dengan kamera iPhone miliknya. “Itu sering terjadi kepada saya dan itu adalah cara yang paling cepat untuk saya mengambil sebuah gambar yang ingin saya share (di Instagram).”

Walaupun buat profesinya doi pake kamera DSLR, namun cowok satu ini lebih menekankan kalo masalah kamera jangan dijadikan batasan. Pasalnya kamu bisa menggunakan filter atau mengedit gambar secara langsung dari Instagram atau melalui aplikasi edit foto lainnya.

2. Pakai hashtag dan kasih ‘tag’ itu penting loh

via: Giphy

Namanya usaha buat cari uang, otomatis kamu juga perlu usaha supaya postingan kamu bisa dicari oleh orang banyak. Caranya simpel banget kok, cukup pakai hashtag yang sesuai dengan postingan kamu atau sesuatu hal yang erat kaitannya sama postingan tersebut.

Misalnya aja kamu punya ide crafting yang bisa dibisnisin. Tinggal kasih aja hashtag #KadoUnik, #HadiahUnik, atau #JualBarangUnik di postingan kamu. Instagram sendiri memungkinkan penggunaan 30 hashtag per postingan. Kalo sekiranya kamu udah dapat calon pembeli jangan sungkan juga buat di-tag. Namun tetap selektif dan jangan asal nge-tag orang ya.

3. Perhatikan background foto kamu

©Genmuda.com/2016 Everlyn
Lenovo Vibe K5 Plus ©Genmuda.com/2016 Everlyn

Entah produk apa yang mau kamu jual, tetapi pemilihan background foto harus jadi hal yang harus diperhatikan. Devon sih bilang, kalo postingan Instagramnya kebanyakan memiliki background putih dan cuma bermodalkan kain atau kertas karton.

Tapi kalo kamu ngerasa background putih kurang kece, kamu bisa kok coba warna lainnya yang pas dengan produk atau selera kamu. Engga perlu ribet, meja, seprai, kertas atau lantai sekalipun bisa dijadikan latar supaya foto kamu terlihat fun dan kekinian banget.

4. Manfaatin cahaya yang bagus

(©Genmuda.com/2016 Charisma)
(©Genmuda.com/2016 Charisma)

Biasanya para cewek udah tau banget posisi dan momen yang pas buat ambil foto. Nah, kemampuan kayak gitu bermanfaat banget buat promosi postingan Instagram kamu.

Meski umumnya fotografer profesional butuh bantuan lampu saat mengambil foto, tapi kamu bisa kok memanfaatkan cahaya di dalam dan di luar ruangan. Devon bilang kalo cara seperti itu justru dapat menghasilkan kualitas warna yang lebih cerah dan alami.

5. Unik dan berani beda

Owner Pop Your Heart, Mayu dan Anya (foto: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto)
Owner Pop Your Heart, Mayu dan Anya (foto: Genmuda.com/2016 Aditya Soeprapto)

Kamu boleh ngerasa postingan atau produk yang ingin kamu posting udah paling kece badai. Tapi jangan lantas langsung puas gitu aja guys, karena namanya medsos pasti penggunanya engga cuma di Indonesia doang. Mungkin dibelahan dunia sana, ada juga orang yang idenya sama kayak kamu.

Oleh sebab itu penting banget buat punya postingan dengan ciri khas kamu sendiri. Engga cuma unik, pastikan juga hasilnya berani beda dari postingan kebanyakan. Cara ini juga terbukti ampuh loh buat membangun ‘self branding’ kamu di Instagram. Jangan lupa juga sertakan watermark supaya karya kamu engga dicolong orang lain.

6. Backsound dan thumbnail wajib kamu pilih

Engga cuma gambar, Instagram sekarang udah nyediain fitur upload video dengan durasi 60 detik. Supaya video postingan kamu menarik (seengganya engga ganggu) dan menarik saat diputar, silakan atur kualitas suaranya dan pilih thumbnail yang pas.

Pasti engga mau dong, lagi tenang di kelas/kantor, pas kamu putar video di timeline backsoundnya lagu ‘Gun n Roses’. So, ada baiknya kamu atur dulu fade in dan fade out video kamu sebelum di-upload ke Instagram.

7. Konsisten dan terus posting karya kamu hingga berbuah hasil

Cash Money

Mau karya kamu sebagus dan sekeren apapun, rasanya akan percuma kalo cuma dinikmati sama kamu doang. Berbagi lewat Instagram pun bisa jadi salah solusi memperkenalkan karya tersebut. Kamu juga bisa melihat respon dan menerima apresiasi dari orang banyak supaya dapat terus berkembang.

Kunci yang paling utama sih adalah terus membagikan karya kamu dan konsisten dengan hal tersebut. Walau engga semua orang setuju sama era keterbukaan di medsos, tapi penggunaan medsos kayak Instagram justru bisa menjadi media yang menguntungkan, selama kamu juga pintar menggunakannya.

Semua keputusan sih kembali di tangan Kawan Muda sendiri, mau dicoba silakan, mau engga dicoba juga engga apa-apa. Kalo suka artikel ini jangan ragu juga buat di-share dan dicoba ya, siapa tau bisa menginspirasi Kawan Muda lainnya. Ciao!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.