Selasa, 24 Mei 2022

Genmuda – Bagi sebagian orang, masuk usia 18 tahun mungkin rasanya udah kayak dewasa banget. Anggapan semacam itu pun engga jarang suka jadi pembenaran atas sejumlah tindakan yang sebetulnya engga perlu dilakuin di usia tersebut.

Saat remaja, umumnya orang-orang cenderung lebih penasaran dan lebih ngegebu-gebu dalam ngelakuin sesuatu, termasuk yang buruk sekalipun. Namun demikian, bukan berarti dengan begitu kamu jadi ngerasa kayak ada yang salah kalo kamu belum ngelakuin sesuatu yang udah dilakuin orang lain.

Singkatnya, jelang usia 18 tahun, ada baiknya kamu engga maksain diri buat ngelakuin sesuatu cuma demi dapat pengakuan dari orang lain. Seiring berjalannya waktu, bakal ada banyak hal yang bisa kamu lakuin buat ngebuktiin diri dan eksistensi kamu, tapi bukan 5 kayak hal berikut ini misalnya:

1. Ngerokok

via: Huffington Post
(Sumber: Istimewa)

Masalah ngerokok di Indonesia emang udah terbilang serius, sampai-sampai ada wacana harga rokok bakal dinaikin. Biasanya, kebiasaan ngerokok berawal dari dipaksa atau terpengaruh teman, coba-coba, eh abis itu keterusan. So, engga peduli kamu cewek atau cowok, kalo kamu belum ngerokok di usia kamu yang hampir 18 tahun, itu justru engga bakal bikin kamu rugi.

2. Pergi clubbing

via gifsec.comIya deh tau kamu anaknya gaul dan kekinian banget. Meski begitu, bukan berarti kamu harus pergi clubbing buat ngebuktiin hal tersebut ke orang-orang. Walau kamu perginya bareng orang dewasa sekalipun, tetap aja itu engga bisa kamu jadiin alasan. Daripada kamu clubbing terus mabok atau ngobat, mending kamu olahraga atau main Pokemon Go deh.

3. Punya pacar dan buru-buru nikah

via: Tumblr
(Sumber: Istimewa)

Umur udah mau 18 tahun tapi belum punya pacar itu sama sekali engga salah kok. Sebaliknya buat kamu yang udah pada punya pacar, jangan keburu yakin bahwa pacar kamu bakal jadi pasangan seumur hidup kamu dan lantas ngebet buat buru-buru nikah. Kecuali Tuhan berkehendak lain, perjalanan kamu jelas masih panjang dan otomatis kamu masih bakal ketemu orang-orang baru. Semua pada dasarnya bakal butuh proses.

4. Beli barang-barang super mahal

via tumblr.com

Kalo teman-teman kamu punya gaya hidup mewah, bukan berarti kamu juga harus demikian. Ngikutin gaya hidup orang mah engga bakal ada abisnya. Hari ini teman kamu si A beli hp tipe X yang canggih abis, bisa aja lusa teman kamu si B beli hp Y yang jauh lebih kece. Kalo masih ngandelin uang ortu mah engga perlu lah maksain diri beli apa-apa yang serba mahal, apalagi kalo engga benar-benar bermanfaat dan cuma bikin kamu jadi kaum urban miskin.

5. Mati-matian nentuin arah hidup

(Sumber: Huffington Post)
(Sumber: Huffington Post)

Banyak remaja di luar sana mungkin udah sukses saat mereka belum masuk usia 18 tahun. Sebut aja misalnya Kylie Jenner dan Zara Larsson. Terlepas dari itu, tiap orang jelas punya jalannya sendiri. Kamu pun engga perlu maksain diri buat ngerencanain bakal kayak gimana hidup kamu ke depannya dalam beberapa tahun mendatang. Ingat, manusia boleh berencana, tapi ujung-ujungnya Tuhan juga yang bakal nentuin. Intinya mah kamu jangan berhenti berusaha dan lakuin aja yang terbaik. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer