Selasa, 1 Desember 2020

Genmuda – Halo Kawan Muda, kayanya kalian sudah tidak asing lagi dengan sebutan ‘Kaskuser’ ‘Agan’ dan ‘Sista’, itulah sebutan untuk orang-orang yang doyan main di Kaskus. Tapi udah pada tau belum kalau Forum Jual Beli (FJB) Kaskus sudah mengalami perubahan?

FJB Kaskus dulunya merupakan sebuah forum yang kurang lebih sama dengan forum Kaskus konvensional namun lebih mengkhususkan diri ke transaksi jual dan beli. Namun setelah makin rame e-commerce yang bermunculan, tampaknya Kaskus mulai gerah dan ingin ikut bersaing.

FJB Kaskus
FJB Kaskus

Trus FJB yang lama gimana dong? Tenang, sistem yang lama masih bisa digunakan, tapi tentunya sistem yang baru akan lebih menguntungkan seller maupun buyer. Karena transaksi yang digunakan lebih aman dengan menggunakan rekening bersama yang disediakan langsung dari Kaskus (BranKas). Apalagi dengan adanya verified seller, membuat buyer bisa lebih tenang dalam berbelanja, karena untuk mendaftar juga engga bisa sembarangan, harus bisa nyantumin buku tabungan serta npwp si penjual.

Jual Beli Beta
Jual Beli Beta

Selain itu, Kaskus meluncurkan aplikasi mobile baru yang bernama Jual Beli. Aplikasi tersebut tersedia untuk platform Android dan iOS. Aplikasi ini hanya dapat mengakses FJB kaskus, sehingga kalau dilihat semakin mirip dengan aplikasi toko online sebelah (Lazada, Zalora, Tokopedia, Bukalapak).

Tampilan Home aplikasi Jual Beli di Android
Tampilan Home aplikasi Jual Beli di Android

Yah kalau saya pribadi, senang dengan perkembangan yang ditawarkan oleh Kaskus. Karena semakin banyak persaingan yang ada, maka harusnya barang bisa makin murah, tentunya menguntungkan kita-kita juga kan kawan muda? (sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast