Kamis, 3 Desember 2020
Kekinian

FIFA Resmi Cabut Sanksi Dunia Sepak Bola Indonesia

Presiden FIFA, Gianni Infantino saat kongres tahunan ke-66 FIFA di Meksiko (Sumber: sindonews/Foto: Reuters)

Genmuda – Buat Kawan Muda yang selama ini menantikan kembali riuhnya persepakbolaan Indonesia, kamu tentunya sangat gembira mendengar kabar ini. Ya, FIFA baru aja resmi mencabut sanksi mereka buat Indonesia. Pencabutan itu disampaikan langsung sama presiden FIFA, Gianni Infantioano waktu lagi ngadain kongres FIFA yang ke-66 di Meksiko Jumat malam (13/5) waktu setempat.

“Sebelum kongres, kami (anggota komite eksekutif FIFA) sudah melakukan pertemuan, dan memutuskan sanksi penangguhan terhadap Indonesia dicabut,” ujar Infantino, dilansir dari Goal.

Keputusan buat menghapus sanksi ternyata merupakan jawaban dari FIFA, setelah sebelumnya pemerintah Indonesia ngirim surat ke mereka. “Pencabutan ini karena pemerintah Indonesia sudah mengirim surat kepada FIFA yang menjelaskan mereka telah mencabut sanksi terkait intervensi pemerintah kepada federasi (PSSI),” tambah Infantino.

Kabar ini juga dikuatkan lewat berita yang ditulis FIFA di situs resminya. “Dewan FIFA hari ini memutuskan untuk mencabut penangguhan dari Indonesia,” tulis situs resmi FIFA.

Pencabutan berdasarkan rundingan dalam kongres FIFA yang digelar di Meksiko pada tanggal 12-13 Mei 2016 kemarin. Namun, sanksi mereka kepada Kuwait belum dicabut. Sejauh ini baru Indonesia aja yang boleh bebas lagi.

Seperti kita ketahui, FIFA sebelumnya ngasih sanksi buat sepak bola Indonesia kurang lebih satu tahun yang lalu, tanggal 30 Mei 2016. Sanksi itu diturunin lantaran FIFA menganggap adanya intervensi dari pemerintah terhadap dunia sepak bola Tanah Air melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis