Kamis, 20 Januari 2022

Genmuda – Kawan Muda pernah digodain di jalan sama seseorang atau segerombolan orang yang kamu engga kenal? Ketika kamu digodain bakalan diem aja atau nanggepin? Guys, kamu harus tau kalo itu adalah catcalling. 

Dalam istilah bahasa Indonesia, catcalling adalah siulan, seruan, gestur, atau komentar yang bertendensi seksual dan membuat orang merasa engga nyaman, terganggu, malu atau bahkan takut. Ini biasanya dilakukan ke cewek (juga bisa ke laki-laki atau gender yang lain) yang lewat di jalan.

Kenapa Catcalling ini bahaya dan gimana cara buat mencegahnya?

1. Memunculkan perasaan takut

“Assalamualaikum, swit swiw….”

Girls, this is a catcall. Siapapun yang diginiin di jalan, pasti akan ngerasa takut, pengen cepet-cepet lenyap dari tempat itu dan akhirnya engga mau lewat situ lagi.

2. Mengganggu privasi

via: nyoozee.com

“Neng, mau kemana nih cakep amat. Sendirian aja? Abang temenin ya.”

Ya mau ke mana kek, mau cakep apa engga kek, sebenernya suka-suka kita kan ya. Tapi kalo udah ada yang kayak gini, hati-hati aja ya.

3. Bisa dijadikan objek seksual

Kamu tau Hannah Al Rasyid? Artis blasteran yang pernah main di film Warkop DKI Reborn ini pernah juga mengalami kejadian engga enak. Doi pernah digodain, sampe akhirnya bagian dadanya dipegang sama orang lewat, di motor. Walaupun kaget, dirinya tetep engga bisa berbuat apa-apa. Sejak saat itu, aktris ini aktif buat kampanye tentang bahaya catcalling.

4. Beda sama becanda

via: arhsnewspaper.com

“Cemberut aja neng, abis diputusin ya. Sini main sama abang”

“Apaan sih lu bang”

“Yaelah neng galak amat, becanda kali abang”

Becanda apaan! Kalo kamu diginiin, tetep waspada ya. Kita engga tau niat mereka memang cuma bercanda atau ada maksud lain.

5. Kalo engga ditanggepin, galakin balik

“Halo cantik…”

“Apaan sih!”

“Yaelah galak amat, sok kecakepan lu”

Awas, takutnya doi kesinggung, nanti malah jadi berbuat yang engga-engga. Lagi-lagi, tetep waspada aja ya.

Terus gimana cara ngelawannya?

Selain bisa lewat cara di poin ke lima tadi, banyak cara yang bisa kamu lakuin kalo lagi sedang mengalamin catcalling. Dilansir dari Business Insiders saat kamu sedang dilecehkan oleh orang lain hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memperhatikan keamanan diri sendiri.

1. Faktor keamanan lingkungan

Yang paling penting buat kamu ingat sebelum atau saat melawan catcalling adalah faktor keamanan. Kalo kamu sering lewat situ, pertahankan. (atau mungkin emang cuma itu jalan satu-satunya ya). Seenggaknya kamu nunjukin kalo kamu engga takut dan bersikap biasa aja. Tapi, kamu mesti tau celah juga, atau daerah situ yang sekiranya aman dan ramai. Jadi kalo kenapa-kenapa, kamu bisa kabur, atau sekedar teriak minta pertolongan.

2. Lawan dengan kontak mata

Via: Tumblr

Mulai sekarang, kamu harus jalan dengan percaya diri. Menatap lurus, engga boleh nunduk. Jangan keliatan lemah, angkat dagunya, lawan dengan tatapan mata yang tajam biar keliatan galak. You go girl!

3. Tegur

Kalo kamu orangnya suka menyelesaikan sesuatu dengan damai, coba pakai cara ini. Misal ada orang asing ngegodain kamu, kamu tegur dia dengan sopan, tanpa melukai hatinya. Kalo masih selengean, tegur aja dengan tegas.

4. Ancam lapor polisi

via: tenor.co

“Bang, saya laporin polisi ya, bapak saya polisi nih!”

Entah doi takut apa engga, seenggaknya doi bakal mikir untuk godain kamu saat itu juga.

5. Share pengalaman kamu di media sosial

Cara ini mungkin paling ampuh dan gampang dilakuin sama siapa pun. Banyak kok situs atau forum di dunia maya yang menganjurkan kamu untuk menceritakan pengalaman catcalling kepada mereka. Dari situlah diharapkan tibul kesadaran dan kewaspadaan buat melawan catcalling.

Inget, catcalling ini engga melulu karena wanitanya berpakaian minim, berdandan heboh, atau pake perhiasan yang mencolok. Siapapun bisa jadi korban kekerasan verbal ini, bahkan engga menutup kemungkinan, laki-laki juga bisa mengalami. Sobe aware, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.