Senin, 22 April 2024

Genmuda – Lagi milih baju buat jalan, nge-LIVE dulu buat nanya #OOTD yang pas. Pas dalam perjalanan ke tempat nongkrong, posting dulu di STORY biar seru. Begitu sampai tempat nongkrong, upload foto banyak banget sampai ngalahin jumlah foto yang dijepret Neil Armstrong saat jalan-jalan ke Bulan.

Kalo perilaku main Instagram (IG) kayak gitu, kuota internet 150 ribu rupiah juga engga bakalan cukup selama sebulan penuh. Belum lagi buat browsing tugas dan urusan penting lainnya. Pantesan aja isi dompet selalu bankrut. Seandainya kuota internet bisa dibeli pakai tumbuh-tumbuhan pinggir jalan dan bukan pakai uang.

Berhubung doa itu engga bakal terkabulkan kecuali dalam cerita karangan sendiri, kamu harus pinter-pinter menyiasati cara main Instagram. Sebenernya, para developer medsos yang satu grup sama Facebook itu udah sangat baik untuk memberikan fitur hemat data. Begini cara mengaktifkannya.

1. Aktifkan fitur “Less Data”

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Fitur ini udah ada sejak bertahun-tahun lalu tapi sering terlupakan sebagian pengguna internet. Coba masuk ke profil IG terus buka menu tambahan dengan menekan tombol di pojok kanan atas yang bentuknya “matahari” di iOS atau tombol “titik tiga” di Android. Abis itu, pilih opsi Cellular Data Use. Tekan yang “Less data.” Voilà!

Setelah itu, foto dan video IG bakal lebih lemot terbuka karena aplikasinya kini engga ngebuka kebanyakan “selang data internet.” Matiin lagi fiturnya kalo pengen IG berjalan kembali normal dan data internet kamu kesedot jor-joran seperti biasanya.

2. Ganti setingan upload foto

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Jangan tutup dulu menu tambahannya. Sekarang, pilih opsi Upload Quality yang letaknya engga jauh dari opsi Cellular Data Use. Abis itu, kamu bisa mengatur kualitas gambar yang terunggah sesuai dua pilihan, yaitu “Normal” dan “Basic.” Pilih yang “Basic” supaya lebih irit.

3. Matikan “Push Notification”

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Lalu, kamu juga bisa mematikan notifikasi supaya lebih irit lagi. Coba buka menu tambahan dan masuk ke opsi Push Notification. Abis itu, pastikan semua pengaturannya ada di dalam mode “OFF.” Kamu engga bakal lagi terima-terima notifikasi dari IG tiap kali ada yang komen, like, atau ngefollow. Selain irit data internet, baterai ponsel juga engga bakal nangis.

4. Pakai fitur mode offline

via gifsec.com
(Sumber: gifsec.com)

Berdasarkan update terbaru, IG sekarang punya mode offline yang tetep bisa digunakan meski lagi engga ada internet. Cara memakainya, update dulu IG kamu ke versi baru, lalu matikan paket data dari ponsel. Udah gitu doang.

Kamu tetep bisa main komen, like, dan upload seperti biasa, tapi segala perubahannya baru terjadi setelah kembali terhubung ke internet. Sementara ini, fiturnya baru tersedia di pengguna-pengguna Android yang terpilih dan dalam waktu dekat bakal bisa dipakai semua, termasuk juga oleh para pengguna Apple.

5. Cuma online saat numpang WiFi

via giphy.com

Numpang WiFi adalah satu-satunya cara paling irit untuk main IG tanpa banyak ribet, lemot, dan hambatan ini-itu. Makanya, coba cari tempat nongkrong yang ada WiFi-nya biar kamu engga repot dan makin nunggak pulsa internet ke sana-sini. Coba lakuin yuk tips-tips di atas dan tulis komentar kamu di bawah ini, ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.