Minggu, 1 November 2020

Genmuda – Banyak yang bilang katanya kedewasaan itu dimulai di umur 25 tahun. Tapi udah siapkah kamu dengan semua hal yang mesti disikapi dengan cara yang dewasa? Klasik banget ya paragraf pertama ini.

Yaudah, kira-kira apa aja sih yang udah kamu lakukan sebelum umur kamu menginjak 25 tahun? Nah, 7 hal ini adalah sesuatu yang mesti kamu lakuin sebelum 25 tahun.

1. Kegagalan

via: popkey.co

Kenapa mesti gagal? Karena kegagalan akan mengajarkan kita buat lebih berusaha dan belajar dari pengalaman. Misalnya, gagal masuk kampus impian, gagal lulus tepat waktu, gagal dapet kerjaan dengan gaji besar, gagal buka usaha sendiri, gagal nikah muda, dan gagal-gagal yang lainnya. Semua kegagalan itu mesti dinikmati dan bikin kamu lebih kuat lagi ngejalanin hidup. “Fall seven times, get up eight!”

2. Menyenangkan diri sendiri

via: im.hunt.in

Kalo selama ini kamu udah ngerasa belajar terus, sekolah terus, kuliah terus, kerja terus, kali ini adalah saatnya kamu buat punya waktu kamu sendiri. Engga mesti dengan cara yang mahal, yang penting kamu ngerasa senang dan hal itu emang mesti kamu lakukan sebelum tua.

Kamu bisa pergi ke tempat yang baru, dan sendiri. Kenapa sendiri? Karena dari perjalanan yang kamu lakukan sendiri ini akan bikin kamu punya pengalaman dan pelajaran baru, dan tentunya berharga. Itung-itung buat penghargaan ke diri sendiri, atas semua jerih payah yang udah kamu lakuin selama ini.

3. Bermanfaat buat orang lain

via: throughtwoblueeyes.files.wordpress.com

“Karena sebaik-baiknya manusia, adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain.” Betul! Kamu mesti bisa bikin diri kamu sendiri itu berguna buat orang lain. Caranya, coba buat ikutan jadi relawan di kegiatan-kegiatan sosial atau di kegiatan non-sosial.

Selain buat ngasah kepekaan, jadi relawan akan bisa mengubah cara pandang kamu dalam menjalani hidup, menambah pengalaman kamu dalam bekerja dengan orang lain, dan yang terpenting adalah perasaan puas sama diri sendiri karena udah bisa bermanfaat. “Volunteers are not paid. Not because they are worthless, but because they are priceless.

4. Tantang diri sendiri

via: sc.cnbcfm.com

Kenapa mesti menantang diri sendiri? Karena hal tersulit untuk dikalahkan adalah diri kita sendiri. Apa yang udah kamu capai sebelum umur 25? Udah bisa nabung? Beli kebutuhan dengan uang sendiri? Bahagiain orang tua? Bisa jaga kesehatan dan rajin olahraga? Masih banyak yang bisa kamu tantang ke diri kamu sendiri untuk dilakukan.

Untuk memulainya, kamu bisa nulis peta hidup kamu sendiri. Apa yang akan kamu capai dalam waktu dekat, dan juga jangka panjang. Dengan gitu, kamu akan terus ketantang buat terus berbuat yang lebih baik buat diri kamu.

5. Lakuin hal anti mainstream

via: media.collegehumor.cvcdn.com

Udah saatnya kamu ngelakuin hal-hal yang bukan kamu banget. Think different, and do something outside the box. Kalo selama ini kegiatan kamu engga macem-macem, coba buat ngelakuin hal-hal yang anti mainstream. Misalnya naik gunung, diving, paralayang, bungee jumping, dan lain-lain. Jangan sampe kamu nyesel karena gak lakuin hal aneh (yang positif ya), sebelum umur 25 tahun.

6. Punya pasangan hidup

via: giphy.com

Karena sekarang lagi musimnya nikah muda, jadi engga salah dong kalo kamu punya rencana nikah di umur 25? Seengganya kamu udah ada rencana dan calonnya juga tentunya. Engga ada ruginya juga kok nikah muda. Kamu bisa lebih mempersiapkan masa depan kamu dan pasangan kamu lebih matang, terus kalo nanti punya anak jadinya kamu engga keburu tua-tua banget gitu.

7. Punya penghasilan sendiri

via: tenor.co

Hal-hal di atas bisa dengan mudah kamu lakukan kalo kamu udah punya penghasilan sendiri. Penting banget sih kalo yang ini. Kamu bisa menyenangkan diri sendiri, orang tua, teman, dan pasangan kamu sendiri. Jadi tunggu apa lagi? Segeralah cari uang sendiri dan jangan lupa nabung!

Jadi itu tadi 7 hal yang mesti kamu lakukan sebelum berumur 25 tahun. Sudah siap? (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.