Senin, 8 Maret 2021

Genmuda – Persaingan ketat ponsel kelas atas yang harganya lebih dari lima jutaan rupiah kini merembet ke ponsel-ponsel kelas menengah yang budgetnya 3 juta – 5 jutaan. Soalnya, dua kasta ponsel itu lagi sering mengadopsi teknologi dual kamera, RAM besar, prosesor gahar, dan pastinya sediain fitur eksklusif.

Contoh persaingan kelas atas dan kelas menengahnya keliatan banget melalui ponsel-ponsel yang rilis bulan ini. Buat kamu yang pengen ganti ponsel sebelum pergantian tahun, inilah referensinya. Cekidot.

Persaingan kelas atas

Samsung Galaxy Note 8

via theverge.com
(Sumber: theverge.com)

Performanya kencang, fiturnya lengkap, kameranya mantap, baterainya besar, dan bodinya tahan air. Kesempurnaan itu dibalut dengan desain Galaxy Note 8 yang apik menjulang tinggi dengan layar jernih 6,3 inchi. Ponsel Android bergelar “tercanggih” ini bisa dipesan hingga 30 September dengan budget sekitar 14 juta rupiah.

Di balik penampilannya yang elegan, terpasang CPU octa-core Exynos 8895 berkecepatan 2,35 Ghz yang diperkuat RAM 6GB. Kapasitas internalnya bisa dipilih 64GB, 128GB, atau 256GB. Kamera belakangnya dual 12 megapixel. Salah satunya berfungsi sebagai kamera angle luas dan satu lagi kamera zoom.

iPhone 8

via bgr.com
(Sumber: bgr.com)

Apple berencana ngerilis beberapa ponsel baru dalam acara Apple Key Note di Steve Jobs Theater Cupertino, California, AS, 12 September mendatang. Rumor yang berhembus kencang bilang, salah satunya adalah iPhone 8. Sisanya, adalah iPhone 7 dan 7s.

Beberapa teknologi baru dipastikan terpasang di ponsel generasi 8 dalam keluarga Apple itu. Di antaranya, pengisian batere nirkabel, virtual home button (kayak Android), dan prosesor baru A10X/A11, dan pastinya OS anyar iOS 11. Sejauh ini, harganya diperkirakan mencapai 13 juta rupiah.

Persaingan kelas menengah

Xiaomi Mi A1 “Android One”

via droid-life.com
(Sumber: droid-life.com)

Xiaomi Mi A1 nunjukin kalo pabrikan Tiongkok yang biasanya punya versi Android sendiri juga bisa dipercaya ngerilis ponsel dengan Android standar Google. Dengan harga 3 juta – 3,5 jutaan rupiah, ponsel ini tergolong paling canggih di kelasnya.

Ponselnya dipasangi prosesor Snapdragon 625 2,0 Ghz yang diperkuat RAM 4GB. Penyimpanannya tersedia 64GB dan bisa ditambah pake microSD sampai 128 GB. Lebih kecenya, dual kamera wide dan telephoto tersedia di belakang. Masing-masing berkualitas 12MP.

Meizu M6

via androidadvices.com
(Sumber: androidadvices.com)

Setelah Pro 7, Meizu ngerilis ponsel kelas menengah yang dilengkapi RAM 4GB dan penyimpanan 64GB. Ponselnya tergolong jenis “modern” karena udah pake colokan charger USB tipe-C yang bisa dibolak-balik sisi atas-bawahnya. Meski “jeroannya” keren, ponselnya masih bertahan dengan OS Android 6.0 Marshmallow editan.

Pasokan baterainya ada 4.000 mAh yang bikin ponsel standby dari pagi sampe malem lagi. Kalo jarang dipake, bisa juga bertahan sampe tengah malem. Ponsel yang rilis 2 September di Tiongkok ini bisa dibeli secara online di beberapa e-commerce dengan harga 2,5 juta – 3,3 jutaan rupiah.

Jadi, yang mana nih ponsel favorit kamu? Jangan lupa tulis komentar kamu di bawah ini, ya. Kalo udah ganti ponsel juga kabarin. Biar bisa pada minjem. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.