Selasa, 1 Desember 2020

GenMuda – Google secara resmi telah merilis sistem operasi Android mereka yang terbaru yaitu Android Marshmallow. Bisa dibilang ini adalah major update, karena lompatan versi yang cukup signifikan dibanding pendahulunya Android Lollipop 5.1.1. Lalu apa saja fitur unggulan dari Android 6.0?

Saat ini kami menggunakan official build untuk Google Nexus 5, apabila kamu memiliki perangkat Nexus, misalnya Nexus 6, Nexus 5, atau Nexus 9, kamu bisa mengunduhnya dari Google Developer, atau tunggu pembaharuannya melalui over the air (OTA). Ingat ya guys, kalau kalian mau melakukan instalasi menggunakan factory image, itu akan menghapus seluruh data di Nexus kamu, jadi apabila kalian kurang paham mengenai teknis updatenya, silahkan tunggu OTA saja yang akan dirilis beberapa hari lagi. Sekarang mari kita bahas first impressions menggunakan Android Marshmallow.

Android Marshmallow Homescreen
Android Marshmallow Homescreen

User Interface

Secara sekilas, tampilan dan desain dari Android 6.0 ini masih sama dengan Android Lollipop, namun ada beberapa perubahan seperti menu yang di-scroll ke bawah dan ke atas, bukan lagi dalam berbentuk halaman yang bisa kita geser kiri dan kanan. Pada menu app-drawer ini, terlihat ada kolom search yang terletak di bagian atas, kamu bisa menggunakannya untuk mencari aplikasi yang kamu butuhkan, fitur ini sangat membantu, apalagi jika kamu memiliki aplikasi yang sangat banyak. Di bawahnya, terdapat favourites, yang menampilkan beberapa aplikasi yang sering kamu gunakan.

 

 

 

Memory Manager
Memory Manager

 

Memory Manager

Pada Nexus 5, pergerakan dan transisi dari apps, maupun menu terbilang semakin mulus. Mungkin ini berkat optimalisasi yang mereka lakukan, karena pada Lollipop sering kali terdapat keluhan mengenai memory leaks. Ditambah lagi, terdapat Memory Manager yang dapat kamu gunakan untuk melihat aplikasi apa saja yang menggunakan RAM berdasarkan rentang waktu tertentu, misalnya 3 jam, 6 jam, 12 jam atau 1 hari.

Now On Tap
Now On Tap

 

Google Now on Tap

Siapa di antara kamu yang suka menggunakan fitur GoogleNow atau “Ok Google”? Sekarang kamu disuguhi fitur baru yang disebut Now on Tap. Cara kerjanya cukup simpel, kita cukup menahan tombol home, maka GoogleNow akan muncul dengan memberikan berbagai informasi yang terdapat pada layar. Misalnya kamu lagi baca berita mengenai Pak Jokowi sedang berkunjung di Padang, maka ketika kamu menggunakan fitur ini, kamu akan disuguhi berbagai macam informasi mengenai beliau dan wisata yang ada di Padang. Atau jika kamu sedang melihat foto Taylor Swift, begitu kamu menahan tombol home, maka kamu akan mendapat banyak informasi mengenai penyanyi satu ini, misal akun Instagram dan website resminya.

Now On Tap
Now On Tap

 

 

Doze

Apakah kamu pernah mengeluh kenapa Android boros baterai sekalipun sedang ditinggal tidur? Nah fitur ini akan menolong baterai smartphone kamu guys. Android Marshmallow menggunakan sensor yang terdapat di dalam ponsel kamu, apabila tidak ada pergerakan dan sentuhan, maka ia akan masuk ke alam bawah sadar (a.k.a Deep Sleep). Dengan demikian, ia dapat menghemat baterai jauh lebih baik dibanding versi sebelumnya, bahkan Google mengklaim bahwa baterai akan dapat bertahan dua kali lipat! (ingat ya guys, stand-by time, bukan screen on time). Jangan khawatir, Doze akan tetap memberitahukan notifikasi dan alarm agar kamu tetap uptodate dengan schedule kamu.

Doze
Doze

 

Sebenarnya masih banyak lagi fitur yang dimiliki Android 6.0 Marshmallow, seperti App Permissions, Multi-Window, Fingerprint Scanner, dan beberapa bugsGimana, sudah nyobain manisnya Marshmallow?

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast