Selasa, 11 Agustus 2020

Genmuda – Banyak orang berpendapat jika otak manusia bisa berpikir secara lebih fresh dan cepat di pagi hari. Dengan alasan demikian, akhirnya bayak aktivitas belajar/kerja yang lebih enak dilakuin di pagi hari. Sains pun membenarkan pendapat tersebut. Hampir sama kayak baterai smartphone, otak manusia dapat berpikir lebih baik di pagi hari lantaran telah selesai di-recharge.

Sialnya nih, engga semua orang bisa belajar/kerja dari pagi sampe sore. Makanya diberlakukan waktu istirahat makan siang. Tapi udah kenyang dan seger lagi, otak tetep aja mampet dan kurang produktif. (Maunya apa sih?) Apa lagi kalo ketemu sama hari Senin, bawaannya pasti udah males dan ngantuk duluan. Klasik. Tapi jangan dibiasain Kawan Muda. Kamu bisa lakuin cara berikut ini supaya waktu siang kamu tetap produktif:

Putar playlist ‘brainfood’ atau kamu banget

(Sumber: sdvirtualschools.com)
(Sumber: sdvirtualschools.com)

Musik diyakini mempengaruhi mood seseorang. Oleh sebab itu kamu bisa membuat playlist yang berisi musik-musik santai buat ‘nutrisi otak’. Atau bisa juga pilih lagu keras atau yang bisa ngewakilin ‘kamu banget’ supaya bisa lebih produktif.

Make it simple guys, kamu bisa pilih playlist lagu-lagu seperti itu di semua layanan berbasis music streaming. Pesan dari Genmuda.com hindarin juga deh putar lagu melow karena rentan bikin kamu makin ngatuk atau baper duluan.

Makan siang secukupnya

Lapar salah, kenyang ngantuk. Sebel engga? Ya, namanya juga manusia. Pasti semua pernah ngerasain hal kayak gitu. Cara paling sederhana biar kembali ke meja kerja/kelas tetap produktif adalah makan siang dengan porsi yang pas. Jangan mentang-mentang engga sarapan, kamu langsung makan siang dengan porsi jumbo. Kurang-kurangin ya!

Tidur siang 30 menit

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Kalo kamu ngerasa ngantuk banget, kamu bisa gunain waktu istrahat siang dengan tidur sekitar 20-30 menit aja. Sebagaimana yang pernah Genmuda.com tulis, tidur siang minimal 20 menit tuh udah cukup baik supaya tetap produktif.

Kamu hanya tinggal memastikan kalo tidur siang kamu itu benar-benar nyaman dan nyenyak. Karena engga cuma kerja, tidur siang 20 menit dan nyenyak kayak gitu juga layak disebut tidur yang produktif.

Jangan kebanyakan buka situs ‘engga jelas’

Gabby: “Udah nonton Stranger Things season baru belum?”

Mamet: “Belum Gab, keren ya? Coba ah gue liat di trailernya di Youtube!”

Setelah liat trailer, Mamet pun direkomendasikan video-video lucu lainnya, dari video kucing, gol keren, sampe Vlog Atta Halilintar. Dan akhirnya kerjaan Mamet engga kelar. Alasan klise. Tapi ngaku deh kalo ini biasa banget dilakuin sama orang kantoran di jam-jam kritis yaitu dari jam 1-5 sore. Ngaku?

Atur meja kerja kamu

(Sumber: Huffington Post)
(Sumber: Huffington Post)

Meja kerja dapat mewakili pribadi seseorang. Kalo mau kerja makin produktif, selalu rapihin meja kerja kamu sebelum pulang kantor. Jangan males. Kurangin menaruh barang-barang pribadi di atas meja kerja. Engga perlu lah segala foto mantan atau pacar di taro di atas meja. Teman kantor juga palingan cuma nanya tanggal ke kamu, bukan nama pasangan kamu. KZL!

Punya kalender sendiri

Khusus buat kamu si pelupa dan super sibuk. Kamu perlu yang namanya kalender pribadi di ruangan kerja. Walaupun di smartphone ada kalender, tapi kalender fisik terbukti lebih jelas dan ampuh. Selain sesuai dengan kalender di Indonesia,–lengkap dengan Hari Besar dan Libur Nasional, kalender fisik available banget buat kamu corat-coret. Pastiin juga kalender yang kamu pake itu ukurannya engga mini-mini banget atau pake kalender Warteg yang berisi foto-foto model seksi. *Salah fokus. (sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.