Senin, 6 April 2020

Genmuda – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah siapkan masterplan pembangunan sirkuit MotoGP kelilingi danau buatan Jakabaring Sport City, Palembang. Pembangunan itu dilakukan supaya Indonesia bisa jadi tuan rumah balapan MotoGP 2018.

Awalnya, Federasi Moto GP Internasional (FIM) dan Dorna Sports selaku penyelenggara sempat ngelirik sirkuit Sentul dan ngadain ajang balapan motor bergengsi itu tahun depan. Ternyata, sirkuit yang pernah dijadiin tuan rumah MotoGP 500cc, 250 cc dan 125 cc 1996-1997 itu dinilai kurang memenuhi standar.

Presiden Jokowi yang tadinya mau ngeluarin keputusan presiden buat menyelenggarakan balapan itu di Sirkuit Sentul pun mengurungkan niatnya. Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin aktif melobi dan ngajuin provinsinya buat bangun sirkuit supaya Indonesia bisa jadi tuan rumah.

Inidia Pak Alex Noerdin. (Sumber: aktual.com)

Kalo kata Rappler, 18 Februari 2016, Noerdin udah menjalin kesepakatan sama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) buat ngebangun sirkuit di provinsinya. Berdasarkan masterplannya, pembangunan sirkuit standar internasional itu bakal rampung 2018.

“Pembangunan dimulai tahun ini juga. Diperkirakan, antara 2017 dan 2018 sirkuitnya siap digunakan. Lahan tidak jadi persoalan, karena sudah dibebaskan sejak lama. Kordinasi dengan pemerintah pusat juga terus kami lakukan berhubung pembangunan sirkuit jauh berbeda dengan pengerjaan jalan biasa,” kata Noerdin seperti dikutip BeritaPagi, 19 Juli 2016.

Dikutip dari Antara, (25/7), Noerdin udah nyiapin lahan seluas 120 hektar mengelilingi danau buatan di Kompleks Olahraga Jakabaring. Master plan pun udah dikirim ke FIM dan Dorna Sports. Selain itu, pembangunannya bakal pakai dana dari daerah (APBD). Engga tertutup kemungkinan, Noerdin bakal ngundang investor buat nambahin modal pembangunannya.

Hal lain yang sedang disiapin Pemprov Sumatera Selatan adalah infrastruktur pendukung sirkuit itu. Soalnya, Dorna Sports bakal ngebawa material logistk sekitar 260 ton yang merupakan kelengkapan tim balap MotoGP, Moto2, dan Moto3.

Sentul sempat Ngotot

Ini foto aerial Jakabaring Sport City. (Sumber: Antara Foto)

Sementara itu, pihak Sirkuit Sentul engga rela ngelepasin kehormatan itu ke Palembang. Direktur Sentul International Circuit, Tinton Suprapto bilang pihaknya siap merenovasi Sentul meski tanpa bantuan dana APBN pemerintah pusat. Bahkan Rappler juga mencatat kalo Tinton bilang siap merenovasi daerah sekitar Sentul.

Surat pernyataan kesanggupan itu telah dikirim ke pemerintah pusat, namun tampaknya restu justru diberikan kepada timnya Alex Noerdin. Padahal, Tinton udah yakin banget renovasi Sentul tuh bisa rampung dalam waktu setahun. Nasi sudah menjadi bubur, kita pun tinggal menunggu pembangunan sirkuit Jakabaring rampung sambil nabung beli tiket nonton MotoGP 2018 nanti. Amin. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.