Kamis, 20 Januari 2022

Genmuda – Instagram nampaknya engga pernah bosen kasih penggunanya beragam fitur baru. Belum puas sama Instagram Stories, media sosial paling hype buat anak muda Indonesia ini kembali memperkenalkan ‘Instagram Album’.

Informasi soal fitur Instagram Album sendiri udah pernah Genmuda.com tulis di awal bulan Februari, dan fitur itu udah bisa digunain sama seluruh penggunanya secara bertahap mulai hari Kamis (23/2).

Cara ngegunainnya juga gampang kok, kamu cuma perlu memilih 10 foto atau video kemudian pilih ikon baru bernama “Multiple Photos.” Kemudian foto dan video yang udah dipilih bakal dijadiin dalam satu album.

Kamu pun cukup mengatur posisi gambar serta filter yang kamu inginkan. Buat sekarang foto dan videonya emang masih punya aspek ratio 1:1. Pun sama halnya dengan captionnya, yang cuma bisa kasih pada satu album. Jadi engga bisa kamu kasih satu-satu.

Setelah selesai, followers Kawan Muda cukup geser atau swipe postingan tersebut dan voila Instagram Album pertama kamu selesai diunggah. Dalam blog resminya, fitur ini kabarnya masih secara bertahap diperkenalkan kepada publik.

TAPIII, fungsi mini album keluaran Instagram ini dianggap punya kelemahan. Soalnya kalo keseringan digunain bisa aja jadi spam dan para followers kamu langsung pada minggat (baca: Unfollow kamu).

Nah, sebelum kamu keasikan nyobain Instagram Album terus dicap ‘nyampah’ di timeline, engga ada salahnya kamu lakuin cara berikut ini. Kuy ya!

Tematik

via: Tumblr

Oke, kamu emang bukan selebram yang dituntut harus punya feed kece, tapi punya postingan rapih itu pilihan. Maka dari itu, usahain kalo Instagram album kamu itu punya konsep tematik. Contohnya gini, kamu lagi liburan dan punya foto yang kece-kece banget. Daripada harus upload satu-satu kenapa engga jadiin itu sebagai album. Toh konsepnya masih sama yaitu LIBURAN.

Kasus serupa juga berlaku buat kamu yang doyan bikin video tutorial atau nge-vlog. Engga ada salahnya kok manfaatin fitur Instagram Album supaya langkah dan episodenya engga berantakan. Followers kamu kan juga jadi nyaman nikmatinnya sampe akhir.

Rapihin Feed

Via Instagram
(Sumber: Instagram/awkarin)

“Suatu hari, anak muda jaman sekarang lebih pusing ngurusin feed daripada ngurusin masa depan.” Apalagi kalo kamu jomblo, pasti sedihnya double. KZL.

Yaudah, karena Instagram tau banget akan kebutuhan Kawan Muda yang peduli akan tampilan feed, maka kamu bisa pakai mini album ini biar feed kamu engga berantakan kalo dilihat followers. Postingan kamu pun jadi engga bakal penuh-penuhin timeline. Inget kalo feed-nya udah rapih, hidupnya juga dirapihin ya. *canda lagi,

Edit di awal

Karena rasio bingkainya masih cuma persegi alias 1:1, engga adanya kamu edit sama aplikasi foto bawaan yang udah hampir ada di setiap smartphone. Engga perlu jago pake Photoshop kok, tinggal motong aja masa engga bisa? (Kalo masih engga bisa juga, silakan kirim email ke penulisnya biar nanri dimodusin diajarin)

Nah, kalo udah baru deh kamu susun foto dan video mana yang mau kamu masukin ke mini album. Jangan lupa juga edit filternya satu-satu biar makin cetar. Dan sama kayak poin pertama pilih fiter yang seragam sama tema album kamu.

Jangan keseringan

via: Giphy

Yup, ini juga penting kalo engga mau disangka ‘nyampah’ sama followers kamu. Karena judulnya album usahain jangan sering-sering pakai fitur Instargam Album. Ini kan media sosial bukan museum arsip. Kok kzl ya.

Dan yang perlu digarisbawahi, Instagram Album beda fungsinya sama Instagram Stories yang bakalan hilang dalam 1×24 jam. Jadi kalo engga penting-penting banget lebih baik engga usah deh gaes. Setiap orang kan butuh privasi. 

Udah gitu aja. Dan pastinya semua poin di atas bebas-bebas aja kalo kamu main ikutin atau engga. Kan itu akun Instargam kamu sendiri. Kalo kamu follow-follow-an sama penulisnya pasti kamu udah di-unfollow karena menuh-menuhin timeline. *canda lagi loh.

Yang penting semua happy ya, kalo udah happy silakan share artikel ini ke temen kamu, kalo engga seneng silakan nyampah di media sosial. Ciao!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.