Kamis, 13 Mei 2021

Genmuda – Kawan Muda pernah pergi ke gurun pasir? Kalo belum, minimal pasti kamu pernah liat dong tempat tandus yang berada di bumi itu lewat internet atau adegan film. Terus apa sih yang biasanya kamu temuin di gurun pasir? Piramida? Unta? atau Oasis yang lagi reunian lagi? (Fix penulisnya garing banget).

Tapi semua yang udah disebutin tadi adalah sebuah fenomena yang biasa-biasa aja. Soalnya di gurun pasir yang gersang dan sepi, ada aja ide seniman iseng yang bikin karya seni di sana. Ajaibnya karya mereka malah dianggap gak penting-penting banget ada di tengah gurun. Yah, namanya juga nyeni gengs. Nah, kalo kamu ngaku cukup artsy siapa tau bisa paham sama maksud karya seni berikut ini.

1. Toko Prada

via: Wikipedia
(Sumber: Wikipedia)

Gurun pasir di daerah Texas, Amerika Serikat, jadi salah satu bukti nyata adanya toko dari brand ekslusif Prada. Lewat ide dua seniman dari Denmark dan Norwegia, Michael Elmgreen dan Ingar Dragset, dengan karya seni instalasi bertajuk “Pop architectural land art project.”

Karya mereka diresmikan tanggal 1 Oktober 2005, lengkap dengan bantuan dua arsitek Amerika, Ronald Rael dan Virginia San Fratello, guna memberikan pemandangan alam yang epik. Karya seni bernilai 80 ribu dolar Amerika tersebut ironisnya langsung dirusak maling enam hari setelah diresmikan dan si maling juga menjarah semua sepatu, tas, dan perhiasan berharga. Yailah…

Belajar dari kasus tersebut, kini bangun tersebut dijadiin museum dengan sistem pengamanan yang udah diperbaharui. Masih mikir fungsinya buat apa?

2. Panah Raksasa

via: Road Trippers
(Sumber: Istimewa)

Kamu bilang ini iseng? Kamu salah banget gengs. Faktanya panah sepanjang 20 meter di Gurun Arizona, Amerika Serikat ini dibangun pada tahun 1911. Awalnya panah raksasa tersebut sengaja dibangun untuk petunjuk arah bagi para pilot atau kurir supaya gak nyasar. Maklum aja, di tahun itu kan belum ada GPS apalagi internet.

3. Telepon Umum

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Ini mungkin salah satu tempat yang punya fungsi penting buat orang yang tersesat di gurun Mojave, Amerika Serikat. Dibangun sejak tahun 1960, letak telpon umum tersebut berada 13 kilometer dari jalan terdekat, sehingga para pekerja tambang atau orang yang lagi nyasar jadi gak putus asa.

Sebelum menjadi sebuah karya seni, ada seorang cowok bernama Rick Carr yang nongkrong di dekat telpon umum tersebut selama 32 hari. Lucunya doi menerima lebih dari 500 panggilan masuk, termasuk dari Gedung Putih.

Saking ikoniknya tempat ini sering banget masuk dalam beberapa film Hollywood ataupun film dokumenter. Karena aksi vandalisme tahun 2000 tempat ini pun kemudian dibongkar oleh pemerintah setempat.

4. ‘Tangan’ Gurun

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Oke, biar gak bingung, seorang seniman ber-ide bikin patung berbentuk tangan di atas gurun pasir yang seolah-olah orang yang sedang meminta pertolongan. Berada di Gurun Atacama, Chili, patung setinggi 11 meter yang dibangun tahun 1992 itu menjadi simbol kelemahan dan ketidakmampuan manusia yang tenggalam di pasir. Agak mikir ya.

5. Kolam renang

via: Social Pool
(Sumber: Social Pool)

Ya siapa sih yang gak girang begitu liat air dingin di gurun pasir? Namun apakah kamu kepikiran buat bikin satu kolam renang di tengah gurun? Pasti gak. (PR juga kali kalo harus nguras atau isi airnya setiap minggu).

Namun, seniman asal Australia, Alfredo Barsuglia justru membuat kolam renang mewah di atas gurun Mojave. Siapapun boleh aja berenan di dalam air dingin kolam tersebut. Sayangnya kolam renang mewah itu gak diketahui letak persisnya, bahkan oleh Google Maps. (Penulis sih curiga udah dibongkar).

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.