Jum'at, 19 April 2024

Genmuda – Kabar duka datang dari keluarga Denada dan Jerry, mantan suaminya. Anak mereka, Shakira Aurum berjuang melawan leukemia atau kanker darah putih di usia 5 tahun.

Meski cerai, Denada dan Jerry sepakat melalui ujian ini bersama. Selama sebulan, Shakira menjalani terapi kemo dan perawatan intensif di National University Hospital Singapura.

Secara medis, American Cancer Society bilang kalo leukemia anak terjadi karena faktor mutasi DNA yang merupakan bawaan lahir. Mutasi itu akhirnya memengaruhi tulang belakang sehingga gagal mengontrol sel darah putih.

Jumlah sel darah yang fungsinya membasmi virus dan bakteri jahat dalam badan itu membeludak lebih banyak dari sel darah merah. Lama-lama, sel darah merahnya berkurang drastis sampai gagal menyalurkan oksigen.

Selain faktor bawaan lahir, leukemia juga disebabkan karena anak-anak sering terkena materi atau zat penyebab kanker (karsinogenik). Beberapa materi yang dimaksud Genmuda.com itu bisa kamu cari tau di bawah:

1. Pembersih dry cleaning

via washingtonfactory.com
(Sumber: washingtonfactory.com)

Sisa zat tetrachloroethylene atau perchlorethylene dari pembersih dry cleaning bisa masuk ke aliran darah lewat saluran napas. Makin sering dihirup, makin besar risiko kankernya. Jadi, hati-hati ya.

2. Deterjen

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Mencuci pakaian pakai metode dibasahin, direndam, dan dikucek dengan deterjen juga bahaya, gaes. Deterjennya harus benar-benar dibilas bersih sebelum dijemur supaya kandungan deterjennya hilang. Kandungan benzene, salah satu zat karsinogenik dari deterjen bisa masuk ke badan lewat kulit.

3. Lem

via tempo.co
(Sumber: tempo.co)

Bau menyengat pada lem terutama lem Aib*n juga berasal dari benzene. Makanya, bahaya banget kalo aroma lem kayu serba guna itu banyak terhirup anak-anak.

4. Pewarna

via allure.com
(Sumber: allure.com)

Sedihnya, benzene juga dipakai untuk membuat pewarna, termasuk di antaranya adalah pewarna rambut.

5. Plitur/resin

via catkayu.com
(Sumber: catkayu.com)

Plitur dan resin pun sama. Cairan pelapis kayu itu juga terbuan dari benzene sehingga punya aroma menyengat yang khas. Dari aroma itulah benzene bisa masuk melalui saluran napas. Namun demikian, gak perlu parno sama perabot kayu di rumah karena plitur kering udah gak beraroma lagi.

6. Bensin

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kalo diperhatiin, aroma menyengat lem, pewarna, dan plitur mirip banget aromanya bensin. Wajar. Soalnya, benzene tuh termasuk zat kimia yang berasal dari olahan minyak bumi.

7. Asap rokok

via hunker.com
(Sumber: hunker.com)

Asap rokok bukan hanya mengandung benzene tapi juga mengandung arsenik dan 101 zat karsinogenik lain. Bahayanya bukan cuma ke perokok aktif tapi juga ke perokok pasif, alias orang gak bersalah yang kebetulan menghirup asap rokok buangan orang lain.

8. Zat chemotherapy

via BBC.co.uk
(Sumber: BBC.co.uk)

Zat alkylating pada obat-obat chemotherapy juga bisa menyebabkan kanker loh, gaes. Soalnya, zat itu berfungsi memperbaiki DNA rusak supaya gak menyebabkan kanker lagi. Salah porsi sedikit, zat itu bisa merusak DNA. Itulah sebabnya terapi kemo gak boleh sembarangan.

Kalau dilihat, leukemia bisa terjadi karena barang di sekitar kita. Karena itu, Kawan Muda sebaiknya bijak memakai benda-benda tersebut. Kalo perlu, coba deh berpuasa karena penelitian bilang puasa bisa membunuh sel kanker. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.