Senin, 26 Oktober 2020

Genmuda – Bertahan melek di kelas padahal semalamnya begadang sama aja kayak usaha Inggris menang Piala Dunia 2018. Mustahil. Ujung-ujungnya, kamu terseret ke alam tidur.

Padahal, begadang dan kuliah ibarat dua sejoli yang sulit dipisahin. Di tengah kesibukan sosial dan organisasi, mahasiswa cuma bisa ngerjain tugas malam-malam, ketika diam tenang di kamar.

Orang yang udah kerja mungkin masih enak, karena masalah ngantuk di waktu kerja bisa diatasi dengan minum kopi. Tinggal beli pakai gaji, kelar deh! Masih ngantuk? Ngopi lagi.

Lah! Anak kampus kan gak bisa seenaknya ngopi. Beli tiga kali aja langsung jebol tuh uang jajan seminggu. Makanya, anak kampus butuh cara-cara ini supaya terbebas dari kantuk dengan hemat.

1. Cari cahaya

via gfycat.com

Coba deh duduk di dekat jendela yang mengarah ke luar. Atau, duduk persis di bawah lampu paling terang di kelas. Makin terpapar cahaya kamu bakalan makin segar.

2. Pemanasan mata

Tanpa tidur, kamu bisa istirahatkan mata dengan melirik kanan, kiri, atas, bawah, lalu diputar-putar. Pejamkan erat-erat, lalu melotot banget. Ngantuk bisa hilang loh, gaes.

3. Perhatikan sekitar

Berhubung ngantuk dan terlanjur gak bisa konsentrasi, kenapa gak sekalian aja perhatiin tindak-tanduk teman sekelas. Cek mereka lagi ngapain dan cara mereka bertahan dari kantuk. Bukan hanya segar, kamu bakal senyum sendiri saat liat gebetan.

4. Gerakin badan

via media.rbl.ms

Coba deh gerak-gerakin anggota tubuh biar mata segar lagi. Gak perlu takut keliatan macam cacing kepanasan. Siapa juga yang mau merhatiin kamu sementara dosen lagi nerangin materi. Semua perhatian pasti tertuju ke beliau, keleus.

5. Cuci muka

Langsung aja minta izin ke toilet begitu kantuk menyerang. Basuh muka pakai air dingin biar kantuknya hilang. Kurang? Basuh lagi. Kalau perlu, basahin rambut juga sekalian.

6. Ngobrol

Ada baiknya kamu ajak teman ke toilet. Sambil jalan, kalian bisa ngobrol ngebahas apapun supaya ada kerjaan dan terhindar dari kebosanan yang bikin ngantuk.

7. Menghirup wangi-wangian

Parfum beraroma tajam bisa merangsang otak supaya bekerja. Meski ngantuknya sulit berkurang, seenggaknya kamu gak ketiduran di kelas.

8. Dengar musik ngebeat

via tenor.com

Coba deh dengar lagu hip-hop, rock, atau jazz-fusion. Musik EDM yang iramanya jedak jeduk juga bisa kalau kamu suka lagunya. Biar gak diomelin dosen, ada baiknya dengar musik ini di luar kelas, saat jalan ke toilet bareng temen.

9. Sarapan buah

Sebelum berangkat, ada baiknya kamu sarapan buah. Asem dari stroberi pasti bikin mata melek sementara kandungan gizi pisang bikin badan kamu bisa berfungsi lebih mantap.

10. Minum air putih

via spoonuniversity.com

Stop minum yang manis-manis karena gulanya bisa bikin ngantuk. Mending, minum air putih karena ngantuk juga bisa disebabkan oleh dehidrasi.

Udah dicoba atau belum kesepuluh tips bebas kantuk tanpa boros itu? Cobain dulu, deh. Kalo gak bisa juga, emang berarti kamu harus tidur. Tapi, di jam istirahat ya biar gak diamuk dosen. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.