Jum'at, 15 Januari 2021

Genmuda – Kanker serviks atau kanker leher rahim ini engga pilih jenis kelamin dalam hal penyerangannya. Selain nyerang perempuan, penyakit ini juga engga segan-segan buat nyerang para lelaki.

Di Indonesia, seengganya muncul 40-45 kasus baru dan 20-25 diantaranya meninggal dunia setiap harinya. Angka penderita dan kematian yang tinggi ini dikarenakan terlambatnya penanganan, karena kanker serviks engga bisa dikenali dan engga menimbulkan gejala di tahap awal. Buat mencegah penyakit ini menjangkiti kamu, ini beberapa ciri-ciri yang harus kamu kenali sejak dini, guys.

1. Pendarahan

Memang engga semua pendarahan di luar jadwal menstruasi disebabkan oleh kanker serviks. Hal ini juga bisa terjadi kalo kamu lagi stres, kondisi kurang fit, pakai kontrasepsi, gejala keguguran, dan lain-lain. Tapi sebagai langkah kehati-hatian, kamu mesti menyikapi pendarahan ini sebagai kecurigaan terhadap gejala kanker serviks.

2. Menstruasi lebih lama dan darah lebih banyak

via: Huffington Post
(Sumber: Istimewa)

Kalo biasanya durasi haid selama 5-7 hari, kamu harus mulai periksa kalo haid kamu lebih lama dari biasanya. Karena bisa aja ada masalah pada rahim kamu. Misalnya ada tumor atau keganasan, termasuk kanker mulut rahim (serviks), dan juga gangguan pembekuan darah. Kalo darah haid kamu juga lebih banyak dari biasanya, ini juga menandakan adanya perubahan di lapisan rahim, dan mungkin aja gejala kanker rahim.

3. Kaki bengkak

Waktu kanker udah menyebar ke kelenjar getah bening yang ada di lipat paha, Terus akhirnya terjadi pembengkakan pada kaki. Hal ini terjadi karena terhambatnya aliran limfatik (getah bening). Kaki bengkak juga bisa terjadi akibat gagal ginjal.

4. Nyeri punggung

Penderita kanker serviks akan ngerasa nyeri yang sangat menggangu pada bagian punggung. Gejala ini biasanya terjadi pas stadium lanjut kanker serviks dan menandakan bahwa jaringan kanker telah meluas ke bagian luar leher rahim.

5. Pusing dan kelelahan

via Tumblr
(Sumber: Tumblr)

Pada stadium lanjut, penderita kanker serviks akan sering mengalami pusing dan kelelahan. Kondisi ini akan memburuk terus sampe bikin kehilangan kesadaran kalo engga segera ditangani.

6. Nyeri perut

Engga cuma nyeri punggung, penderita kanker serviks juga bakal ngerasain sakit dan nyeri di bagian perut. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh menghasilkan zat prostaglandin saat menangkal infeksi dan zat ini bisa menimbulkan rasa sakit pada perut.

7. Berat badan turun drastis

Penderita kanker stadium akhir bakal mengalami cachexia, yaitu hilangnya berat badan dan juga massa otot. Kondisi ini juga dibarengi dengan hilangnya nafsu makan dan tubuh bakal merasa lemas. Cachexia terjadi karena metabolisme tubuh yang keganggu karena jaringan kanker dan juga bisa terjadi karena efek dari kemoterapi.

8. Keputihan yang engga biasa

via: WordPress
(Sumber: ginkthink.wordpress.com)

Maksud dari keputihan disini yaitu keluarnya cairan selain darah yang keluar dari jalan lahir. Cairan yang dimaksud bisa berupa lendir-lendir dan/atau bercampur nanah, atau bahkan darah kotor.

9. Nyeri selama berhubungan seksual

Hampir sama dengan pendarahan, jaringan serviks yang mengalami keganasan juga lebih sensitif karena proses peradangan dan kematian sel (nekrosis). Karenanya, akan lebih kerasa nyeri waktu tersentuh.

10. Keluar cairan urin atau feses dari jalan lahir

Ciri-ciri kanker serviks yang satu ini terjadi ketika sel kanker sudah menyebar ke sekat yang memisahkan jalan lahir dengan jalan feses (tinja) di bagian belakang. Kalo menyebar ke bagian depannya, maka yang jadi korbannya sekat dengan kandung kemih. Sekat menjadi rapuh dan akhirnya bocor. Jadinya, feses ataupun urin bisa merembes atau bocor ke jalan lahir.

Itu tadi 10 gejala kanker serviks yang harus kamu waspadai. Segera periksa kalo kamu mengalami salah satunya. Dan walaupun kamu engga merasa mengalami, kamu juga harus tetep melakukan deteksi dini, biar kamu yakin dan terbebas dari kanker ganas ini. Be healthy, girls!

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.