Jum'at, 10 Juli 2020

Genmuda – Orang Indonesia dari jaman baheula sampai sekarang emang dikenal sebagai sosok yang ramah. Sayang, saking ramahnya, sering kali (sorry to say) kita justru lebih banyak nyampein basa-basi busuk yang berjung pada ngibul.

Kamu pernah engga ngerasa engga enak sama orang gara-gara sesuatu, terus akhirnya malah secara engga langsung ngebohongin orang itu dengan alasan engga pengen bikin doi tersinggung? Well, Genmuda.com sih yakin pasti bukan cuma sekali atau dua kali doang.

Lantas, kalimat basa-basi busuk kayak gimana dan apa aja sih yang sebenarnya cuma ngibul doang? FYI, tanpa basa-basi lebih lanjut lagi, berikut ini adalah 7 contoh di antaranya, yang bisa dibilang paling sering disampein orang-orang baik secara sadar maupun engga sadar:

1. Otw nih!

Hayo ngaku, siapa di antara kamu yang suka berdalih pakai kalimat yang ini? Baru juga pesan ojek online dan masih nungguin driver-nya ngejemput kamu, eh kamu bilangnya udah di jalan aja. Yang lebih parahnya lagi, baru juga kelar mandi, eh kamu bilangnya malah dikit lagi nyampe. Nyampe halaman rumah kamu maksudnya?

2. Nanti gue kabarin ya!

Kalo yang kedua ini biasanya bakal kamu sampein saat teman kamu ngajak pergi, tapi kamu ragu bisa ikut atau engga. Selain itu, kalimat ini juga bisa jadi isyarat bahwa kamu engga enak buat nolak ajakan tersebut karena udah ada agenda acara lain. Dengan nyampein kalimat ini, kamu pada dasarnya berharap bisa ngulur waktu supaya teman kamu lupa kalo doi udah ngajak kamu, jadinya kamu engga perlu konfirmasi lagi.

3. Wah makasih, masih kenyang kok!

Basa-basi yang kayak gini nih udah ketebak banget deh, Kawan Muda. Pertama, bisa jadi kamu sebenarnya emang lapar dan pengen makan, tapi engga mau jadi orang yang bergerak duluan. Kedua, kamu kenyang, tapi masih berharap bakal ditawarin buat ngebungkus makanannya. Ketiga, kamu justru engga suka sama makanannya dan lagi-lagi kamu engga enak buat ngomong yang sejujurnya. Yang mana tuh yang sering kamu alamin?

4. Kamu terlalu baik buat aku…

Kamu pernah nolak orang atau mutusin pacar dengan alasan kayak gini? JSYK, ini tuh bullshit abis! Setiap orang siapapun doi atau gimanapun doi pada dasarnya pengen ngedapetin pasangan terbaik versinya. Kalo kamu ngerasa seseorang terlalu baik buat kamu, terus kamu mau nyari yang gimana? Yang jahat? Kalo emang kamu engga suka atau bosan, yang bilang terus terang aja ke orang yang bersangkutan supaya nantinya doi engga ngerasa kayak ditipu.

5. Engga usah repot-repot, saya aja!

Bayangin kamu abis makan di rumah teman atau saudara kamu, terus tiba-tiba doi ngangkatin piring kotor kamu buat dicuci. Sebagai tamu yang ‘baik dan tahu diri’, kira-kira kamu bakal nyampein kalimat yang satu ini atau engga? Walau ngerasa engga enak, kalo dilayanin atau ditawarin bantuan kayak gitu, dijamin kamu sebagai tamu sedikit banyak pasti juga bakal ngerasa enak.

6. Lihat-lihat dulu deh ya!

Lagi jalan-jalan ke mall, eh mendadak ngelihat ada sepatu kece dan kamu langsung mampir ke tokonya. Sialnya, pas lihat harganya, ternyata sama kayak uang jajan atau gaji kamu sebulan. Saat mau balik badan keluar tokonya, pegawainya malah nyamperin dan nanya bisa dibantu atau engga. Tengsin, kamu pun cuma nyampein kalimat ini. Benar engga tuh, Kawan Muda?

7. Saya lagi ada rapat/mau ketemu orang dulu nih…

Berawal dari basa-basi busuk minta waktu sebentar yang suka disampein (no offence) sama orang bank atau asuransi, kalimat ini akhirnya meluncur dari mulut kamu buat nunjukin kalo kamu lagi sibuk dan engga bisa diganggu. Meskipun orang tersebut masih terus-terusan ngotot buat ngehubungin kamu, kamu palingan bakal bilang, “Engga dulu deh” atau “Maaf udah ada” biar doi engga nyerocos lagi. Padahal, intinya kamu mah malas aja buat ngeladenin doi. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer