Selasa, 6 Desember 2022

Genmuda – Senyum adalah ekspresi perasaan seseorang. Saat berbagi senyuman, kamu seolah menyampaikan perasaan bahagia sekaligus menularkannya kepada orang lain. Walau tersenyum itu perkara mudah, namun engga sedikit juga dari kita yang susah senyum loh, apalagi buat cowok yang engga percaya diri atau mau kelihatan tetep cool di depan cewek.

Padahal definisi cool kayak gitu masih kalah keren dibandingin sama mereka yang suka berbagi senyum ke orang lain. Sebuah studi yang diterbitkan Jurnal Neuropsychologia menemukan bahwa saat melihat wajah tersenyum akan merangsang sensor syaraf-syaraf di otak kamu. Proses inilah yang kemudian menjadikan kamu merasa dihargai atau senang, saat seseorang tersenyum kepada kamu, apalagi sama lawan jenis. (*Cieee!)

Selain fakta tersebut, senyum sendiri banyak memberikan manfaat buat kamu. Penasaran ada apa aja? Ini dia 7 manfaat yang cuma bisa kamu dapatkan dengan berbagi senyuman persembahaan Genmuda.com dan LISTERINE®.

1. Bikin wajah kamu awet muda

(Sumber: huffingtonpost.com)
(Sumber: huffingtonpost.com)

Kalo dijawab berdasarkan sains, senyum bisa membuat otot-otot wajah ikut bergerak dan membuat wajah kamu terlihat lebih muda. Secara engga langsung gerak otot wajah saat tersenyum turut melawan kerutan di wajah dan membuat wajah kamu lebih menarik. Itu sebabnya kenapa cewek juga lebih menarik kalau tersenyum, daripada cemberut.

2. Penghilang stres

(Sumber: girlabove.com)
(Sumber: girlabove.com)

Saat kamu putus cinta, uang bulanan habis, atau gajian masih lama (curhat), jangan langsung dibuat stres Kawan Muda. Tanda-tanda orang lagi stres dan banyak masalah pastinya jarang tersenyum, apalagi kalo lagi down’ banget. Obati perasaan ‘down’ kamu itu dengan tersenyum. Selain mengurangi rasa sakit karena melepaskan hormon endorfin, cara ini bisa membuat mental kamu lebih cepat buat ‘move on’.

3. Engga gampang sakit

(Sumber: vitaminretailer.com)
(Sumber: vitaminretailer.com)

Ternyata senyum dapat membantu kerja imun tubuh supaya bekerja dengan lebih baik. Meningkatnya imun saat tersenyum turut membuat tubuh kamu ikutan rileks karena pengaruh pelepasan hormon endorfin dan menurunnya tekanan darah. Jadi jika mau mengurangi risiko terkena penyakit jantung, darah tinggi, hingga stroke, coba rajin-rajin berbagi senyum ya gaes.

4. Menjaga pikirian tetap positif

(Sumber: lifehack.org)
(Sumber: lifehack.org)

Selain melawan rasa sakit, berbagi senyum akan merangsang otak buat melakukan hal-hal positif. Tentunya hal ini juga dibantu oleh pola pikir serta sudut pandang kamu dalam melihat segala sesuatu. Bayangin aja kalo ‘mood’ kamu udah bagus (lewat tersenyum) makin besar juga kemungkinan hal-hal positif akan menghampiri kehidupan kamu. So, engga ada salahnya dong mulai berbagi senyum di pagi hari kepada teman kampus atau kantor, apalagi dengan senyuman tulus dan lebar.

5. Menambah teman

(Sumber: huffingtonpost.com)
(Sumber: huffingtonpost.com)

Ketika kamu susah beradaptasi dengan lingkungan baru, mulailah dengan berbagi senyum kepada orang lain. Tersenyum adalah bahasa universal, cara ini juga bisa memberi kesan ramah dan terbuka kepada lingkungan sekitar kamu. Meski keliatannya klise, tapi senyum yang kamu berikan ke orang lain bisa jadi kesan pertama yang paling penting. Apalagi kalau kamu baru kenalan sama orang lain, pasti bakalan cepat akrab deh.

6. Tampil percaya diri dan terlihat lebih sukses

(Sumber: huffington post)
(Sumber: huffingtonpost.com)

Pikiran orang-orang sukses berasal dari senyuman. Kalo kamu mau jadi orang sukses coba aja berbagi senyum ke orang lain, meskipun orang tersebut baru kamu kenal. Biar makin PD jangan lupa juga buat selalu rajin menjaga kesehatan mulut kamu. Engga mau dong senyum terbaik kamu rusak karena bau mulut, plak, atau gigi yang berlubang. (Ih…ganggu banget kan?)

7. Menularkan rasa bahagia kepada orang lain

(Sumber: huffingtonpost.com)
(Sumber: huffingtonpost.com)

Semua manfaat di atas rasanya kurang berarti tanpa poin yang satu ini. Yup, saat kamu tersenyum tulus dan bahagia, maka senyuman itu akan membuat suasana dan mood orang di sekitarnya menjadi lebih ceria. Energi positif tersebut disampaikan oleh pikiran dan ekpresi wajah kamu kepada orang lain. Satu senyuman aja udah bisa nularin kebahagian buat orang di dekat kamu, gimana kalo setiap orang rajin berbagi senyum ya? He-he.

Nah, Kawan Muda sendiri udah siap belum buat berbagi senyum? Sebelum kamu melakukannya, pastiin dulu pas kamu #MauSenyum udah punya senyum terbaik ya. Tengsin dong ya kalo kamu udah keren-keren dan berbagi senyuman terlebar, tapi (sorry to say) nafas kamu bau, kan malah jadi #MaluSenyum! Singkat kata, yang ada 7 manfaat di atas bakalan buyar seketika.

Faktanya, belum banyak di antara kita yang sadar kalo menyikat gigi aja tuh belum bisa bikin senyum kamu maksimal. Karena sikat gigi hanya mampu membersihkan 25% kuman penyebab bau mulut. Tapi selama kamu bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut, masalah kayak gitu engga perlu dikhawatirin lagi, Kawan Muda. Makanya, coba kamu gunakan LISTERINE® sehabis menyikat gigi.

Kandungan thymol, menthol, eucalyptol, dan methyl salicylate dalam LISTERINE®, terbukti mampu melawan 99,9% kuman penyebab bau mulut, plak, dan gigi berlubang yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Selain itu formula sodium flouride-nya dapat membantu melindungi gigi kamu dari proses demineralisasi yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Pada akhirnya, kalau mulut udah sehat dan fresh, kamu pastinya makin percaya diri dong buat berbagi senyum ke orang lain. Kawan Muda pun bisa cari tau informasi tentang kesehatan mulut persembahan LISTERINE® di sini.

Jadi tunggu apa lagi, yuk mulai rajin menjaga kesehatan mulut serta gigi kamu, dan teruslah berbagi senyum kepada orang lain! Remember, ‘A warm smile is the universal language of kindness’.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.