Jum'at, 27 Mei 2022

Genmuda – Tahun 2016 memang baru aja dimulai. Meski begitu, industri perfilman dunia kayaknya udah selangkah lebih maju dibanding kamu dan resolusi kamu nih, Kawan Muda.

Tahun ini kemungkinan besar bakal jadi tahunnya para superhero banget. Gimana engga? Kalau ditotal, kurang lebih ada sekitar tujuh film Marvel Cinematic Universe (MCU) maupun DC Extended Universe (DCEU) yang bakal dirilis di bioskop di sepanjang tahun ini.

Bukan cuma itu, tepat di tahun ini Pixar akhirnya ngerilis ‘Finding Dory’, yang udah lama banget dinanti oleh para penggemar ‘Finding Nemo’. Engga ketinggalan, Disney pun hadir dengan seorang tokoh baru mereka di film ‘Moana’, yang dibintangi oleh seorang gadis asli Hawaii.

Tapi, sambil nunggu berbagai film baru tersebut tayang di bioskop, mending sekarang kita nostalgi(l)a dulu dengan berbagai film blockbuster lawas yang tahun ini udah memasuki tahun ke-20-nya, Kawan Muda. Memang apa aja sih film-filmnya? Berikut ini adalah 8 contoh di antaranya:

 

  1. ‘Mission: Impossible’

Ya ampun, Tom Cruise di film ini masih muda banget, Kawan Muda. Dirilis pada 22 Mei 1996, film mata-mata klasik ini nyeritain tentang Tom yang harus ngebersihin namanya setelah dijebak dalam kasus pembunuhan rekan setimnya. Kece parah deh pokoknya si Tom!

  1. ‘Independence Day’

Sebagai salah satu film alien paling keren yang pernah ada, film sci-fi klasik ini dibintangi oleh Will Smith dan Jeff Goldblum alias The Dream Team. Yang lebih menariknya lagi, di Tanah Air film ini tayang tepat di Hari Kemerdekaan ke-51, yaitu pada tanggal 17 Agustus 1996.

  1. ‘Matilda’

Lewat perannya sebagai tokoh utama dalam film adaptasi karya Roald Dahl ini, Mara Wilson berhasil nyuri perhatian dunia. Kejeniusan serta sifatnya yang pemberani dan baik hati sukses jadi hiburan tersendiri di film yang dirilis pada 2 Agustus 1996 ini, sama halnya dengan aksi dari Danny DeVito.

  1. ‘Romeo + Juliet’

Film yang dirilis pada 1 November 1996 ini bisa dibilang udah jadi salah satu film Leonardo DiCaprio yang sukses bikin cewek-cewek meleleh di tahun-tahun awal karirnya. Film yang diangkat dari tragedi ternama karya William Shakespeare ini pun engga henti-hentinya bikin Generasi 90-an baper.

  1. ‘Space Jam’

Udah dua dekade berlalu, kamu masih percaya engga kalau kamu bisa terbang, Kawan Muda? Film kolaborasi pebasket Michael Jordan bareng geng ‘Looney Tunes’ yang dirilis pada 15 November 1996 ini sih katanya bakal ada sekuelnya, tapi diperanin sama LeBron James. Kira-kira bakal gimana ya hasilnya?

  1. ‘101 Dalmatians’

Selain ‘Home Alone’ film yang satu ini kayaknya juga udah jadi salah satu film yang cukup sering diputar pas libur sekolah, khususnya libur Natal dan Tahun Baru. Versi adaptasi live-action dari film Disney tahun 1961 ini dirilis pada 27 November 1996 dan mungkin jadi alasan banyak anak di tahun itu minta ke Sinterklas seekor Dalmatian buat kado Natal.

  1. ‘Scream’

Sebagai film yang udah berkontribusi ngubah genre horror jadi sesuatu yang benar-benar bisa bikin orang-orang teriak ketakutan, film yang dirilis pada 20 Desember 1996 ini ngehasilin tiga sekuel yang terbilang sukses beserta serial TV MTV. Kalau ‘Romeo + Juliet’ bisa bikin Generasi 90-an baper, film ini justru bisa bikin Generasi 90-an merinding disko. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer