Senin, 26 Juli 2021

Genmuda – Siapa sangka sebuah kata bisa bikin hidup kamu berubah. Hanya dengan menyisipkan satu kata ini gaes, kamu bisa tau bahwa sebuah alat atau teknologi yang dikasih awalan smart pasti bisa bikin hidup kamu jadi lebih mudah. Contoh yang paling sering kita dengar adalah smarthome, smartphone dan smartwatch. Terus kira-kira apalagi ya yang pintar-pintar di tahun 2016 ini?

Mungkin kamu masih rada asing dengan smart jewelry atau perhiasan pintar. Tapi siapa sangka kalau ternyata teknologi ini sudah mulai dikembangkan loh. Mungkin ada beberapa yang menganggap smartwatch mewah bisa dianggap sebagai perhiasan pintar (karena emang jam tangan masuk kategori perhiasan), misalnya saja Apple Watch dan TAG Heuer watch.

Perhiasan pintar lainnya seperti gelang, kalung, cincin juga sudah muncul di pasaran, tapi kayaknya masih belum begitu laku di pasaran. Bisa jadi karena sulitnya memasukkan teknologi canggih ke dalam sebuah perhiasan tanpa mengorbankan desain dan material yang digunakan.

Tapi di tahun ini, para produsen pasti bakalan lebih memutar otak buat tetap menjaga desain dan kualitas material yang digunakan seperti emas, tembaga dan batu berharga seperti berlian. Karena yang namanya perhiasan, kegunaan utamanya ya buat tampil gaya (dan nambah gengsi mungkin).

Smart Bracelet (c) Intel
Smart Bracelet (c) Intel

Menurut Jerry Wilmink, founder dari WiseWear, mereka telah mematenkan teknologi bluetooth yang sinyalnya dapat menembus logam. Penemuan ini tentu merupakan hal yang positif untuk produsen perhiasan pintar, karena mereka bisa lebih mengeksplorasi material yang digunakan dengan tetap menjaga konektifitas perangkatnya untuk terkoneksi dengan smartphone.

Hasilnya adalah cincin, kalung, gelang, bahkan anting-anting bisa melakukan apapun yang umum kamu temui di smartwatch sekarang. Bahkan, bisa aja saat kamu sedang berada dalam situasi yang berbahaya, cukup ketuk gelang kamu tiga kali untuk kirim pesan SOS ke nomer tertentu buat meminta pertolongan.

Meski di gadang-gadang bakalan jadi tren di tahun ini, tapi para peneliti jelas masih mengembangkannya lebih lanjut. Jadi kita tungguin aja gebrakan selanjutnya. Anyway, kamu tertarik mau punya perhiasan pintar juga gak nih? (sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast