Jum'at, 27 Mei 2022

Genmuda – Nolak godaan diskon memang engga mudah buat banyak orang. Bahkan jika kamu udah niat banget buat ngelakuin hal lain ketimbang belanja, hal itu tetap aja masih bisa bikin kamu dilema.

Menyusul Harbolnas alias Hari Belanja Online Nasional beberapa waktu yang lalu, sejumlah pusat perbelanjaan belakangan ini pasti udah mulai ngadain diskon gede-gedean jelang akhir tahun (entah harga-harganya dinaikin dulu atau engga). Hal itu pun jelas disambut baik oleh sejumlah kalangan masyarakat, khususnya mereka yang memang suka berburu barang diskon.

Meski begitu, engga jarang kegiatan berburu diskon ujung-ujungnya malah bisa bikin kamu ngorbanin kegiatan lain yang terbilang jauh lebih penting, kayak misalnya olahraga. Tapi, untuk kasus yang satu itu, kamu sebenarnya engga perlu khawatir-khawatir banget kok, Kawan Muda.

FYI, kamu masih tetap bisa olahraga dan ngebakar kalori walaupun kamu lagi belanja, jadi kamu engga perlu bingung milih kegiatan mana yang mau kamu lakuin lebih dulu. Kok bisa? Gimana caranya? Berikut ini adalah 7 di antaranya yang bisa langsung kamu terapin:

 

  1. Pegang jaket, jangan ditinggal di kendaraan
(Ilustrasi: easihairpro.com)

Megang pakaian memang ngeganggu dan butuh usaha yang lebih ketimbang pas lagi kamu pakai. Tapi, kalau tujuannya adalah buat olahraga, setiap hal engga nyaman yang kamu rasain bisa jadi sedikit kredit tambahan buat upaya kamu ngebakar kalori. Ini baru di permulaan aja loh!

  1. Latihan jalan dengan postur yang baik
(Ilustrasi: jsonline.com)

Ayo kamu-kamu yang kalau jalan masih suka nunduk-nunduk kayak lagi nyari uang jatuh, mulai dibenerin posturnya dari sekarang. Tarik kepala dan bahu kamu sampai sejajar sama pinggul kamu. Ngubah postur pas lagi jalan bisa ngebantu kamu ngebangun inti yang kuat.

  1. Pilih eskalator ketimbang lift
(Ilustrasi: umi2tsukuba.wordpress.com)

Iya sih kamu harus buru-buru supaya engga mau kehabisan barang yang udah kamu incar. Meski begitu, biar kamu juga makin tertantang, mending kamu naik eskalator aja buat menuju ke lantai yang kamu maksud. Jangan lupa pilih sisi kiri eskalator biar kamu bisa lebih gercep pas ngelewatin orang-orang.

  1. Bawa keranjang
(Ilustrasi: colourbox.com)

Ketimbang bawa troli yang udah tinggal kamu dorong atau tarik doang, mending kamu bawa keranjang aja. Itung-itung kamu sekalian latihan angkat beban. Kalau kamu terpaksa harus pakai troli, fokusin latihan kamu buat ngeluarin barang-barang pas lagi mau bayar di kasir.

  1. Bolak-balik ruang ganti
(Ilustrasi: telegraph.co.uk)

Kalau kamu lagi nyobain baju di ruang ganti, minta tolong ke pegawai toko buat nyariin baju ukuran kamu memang jauh lebih gampang dan lebih praktis ketimbang bolak-balik nyari sendiri. Tapi, kalau kayak gitu, yang olahraga jadinya justru si pegawai toko. Minta tolong aja sama orang buat jagain ruang gantinya bentar pas kamu buru-buru ambil baju ukuran kamu.

  1. Latihan ringan pas ngantre di ruang ganti atau kasir
(Ilustrasi: susiestyles.com)

Entah itu latihan pernapasan, ngeregangin kaki, atau cuma sekedar ngerentangin tangan, semua bisa kamu lakuin buat ngisi waktu kamu pas lagi nunggu giliran sambil ngantre. Ketimbang ngelihatin orang-orang atau main hp doang, latihan ringan semacam itu jelas jauh lebih berguna buat kamu.

  1. Tenteng tas belanjaan dengan tekuk sikut
(Ilustrasi: digitalistmag.com)

Tekuk sikut kamu 90 derajat dengan telapak tangan kamu ngehadap ke atas buat ngelatih bisep kamu. Usahain tas belanjaan kamu selalu berada sejajar sama siku kamu. Jangan lupa juga buat gunain tangan kamu secara bergantian biar tangan kamu engga pegal sebelah. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer