Selasa, 4 Agustus 2020

Genmuda – Tahun 2015 tampaknya menjadi tahun yang cukup bersejarah bagi industri musik internasional. Hal itu pun terjadi berkat comeback-nya sejumlah penyanyi/musisi ternama ke panggung hiburan.

Salah satu penyanyi yang comeback-nya sangat dinanti oleh para penikmat musik engga lain dan engga bukan adalah Adele. Setelah tiga tahun absen dari dunia yang membesarkan namanya, penyanyi asal Inggris itu akhirnya comeback dengan sebuah single berjudul ‘Hello’ pada 23 Oktober yang lalu.

Euforia comeback-nya Adele pun dirasakan bukan hanya oleh para penggemar awam, tetapi juga oleh sesama penyanyi/musisi lainnya. Sebut saja Sam Smith yang mengaku sampai dibuat “berteriak seperti seorang gadis kecil” karena tatapan Adele dalam video klip ‘Hello’.

Bukan cuma itu, saking dinantinya comeback Adele, ‘Hello’ akhirnya juga sukses memecahkan sejumlah rekor besar hanya dalam hitungan hari. Sebagian rekor-rekor itu bahkan mungkin hanya dapat diperoleh oleh para penyanyi/musisi lain dalam hitungan bulan, tahun, maupun sepanjang karir mereka.

Namun demikian, bukan cuma Adele kok yang mengumumkan comeback-nya di tahun ini. Ada pula beberapa penyanyi/musisi keren lainnya yang engga kalah siap buat balik meramaikan jagad hiburan dan mengobati rasa kangen para penggemar mereka.

Siapa saja sih para penyanyi/musisi tersebut? Berikut ini adalah 5 di antaranya:

 

  1. JoJo

Kamu yang berasal dari Generasi 90-an pasti sudah engga asing lagi sama penyanyi yang satu ini. Suara merdunya yang begitu melengking sempat menggema lewat single ‘Leave (Get Out)’ di awal tahun 2000-an saat ia baru berusia 13 tahun.

Nah, setelah sekian lama hilang dari peredaran, bintang pop yang juga sempat menggemparkan dunia lewat single ‘Too Little Too Late’ itu akhirnya resmi comeback dengan tringle atau tiga single baru sekaligus lewat Atlantic Records pada bulan Agustus yang lalu.

Ketiga single itu adalah ‘Say Love’, ‘Save My Soul’, dan ‘When Love Hurts’. Ketiganya pun bukan cuma akan dimuat dalam seri ‘III’, tapi juga dalam album ketiga JoJo, yang belum memiliki judul tapi sudah masuk deretan Most Anticipated Albums of 2015 di Buzzfeed dan Fuse.

FYI, JoJo sempat mengalami perseteruan yang berkepanjangan dengan label rekamannya yang sebelumnya. Oleh karena itu, perjalanan sang dara berusia 24 tahun untuk merilis ketiga single barunya terbilang engga mudah dan jadi comeback yang sepadan.

 

  1. Justin Bieber

Ini dia si bocah tengil yang sepertinya sudah mulai insyaf. Setelah menempuh masa pendewasaan yang berat dan tersangkut beragam kasus hukum, Bieber kini akhirnya telah siap untuk kembali menunjukkan taringnya di industri musik.

Hal itu terbukti lewat album ‘Purpose’ yang akan segera dirilis pada 13 November mendatang, bertepatan dengan perilisan album kelima One Direction, ‘Made in the A.M’. Salah satu single-nya yang berjudul ‘Sorry’ pun turut mewakili permintaan maaf Bieber atas ulahnya selama ini.

Yang lebih menariknya lagi, ‘Sorry’ saat ini tengah bersaing ketat dengan single ‘Hello’ milik Adele dalam menaklukkan berbagai rekor dan tangga lagu. Pada Official Singles Chart UK saja misalnya, ‘Sorry’ berada di urutan ke-2 tepat di belakang ‘Hello’.

 

  1. Phil Collins

Kamu tahu soundtrack film ‘Tarzan’ yang judulnya ‘You’ll be in My Heart’? Nah, lagu itu yang nyanyiin ya Om Collins ini. Lebih dari sedekade sejak mengumumkan pensiun, penyanyi, penulis lagu, dan multiinstrumentalis itu akhirnya bersiap untuk comeback tahun depan.

Penyanyi yang juga dikenal lewat single hits seperti ‘In the Air Tonight’ dan ‘Sussudio’ itu belum merilis album baru sejak ‘Testify’ di tahun 2002. Namun, dalam wawancara bersama Rolling Stone belum lama ini, ia mengaku sedang mempersiapkan tur comeback dan album solo berjudul ‘My Life in 15 Songs’.

FYI, sebagai salah pelaku industri musik paling sukses sepanjang masa, Collins telah menghasilkan banyak album dan single hits di AS dan UK antara tahun 1976 sampai 2010. Karya-karya fenomenal itu pun dihasilkannya saat bersolo karir maupun saat masih bergabung dengan band rock Genesis.

Collins menyatakan bahwa ia telah membuat sebuah studio di rumahnya di Miami. Ia akan segera merekam album, namun belum yakin kapan turnya akan benar-benar dimulai.

 

  1. Will Smith

Sebagian dari Kawan Muda mungkin lebih mengenal Will Smith sebagai seorang aktor kawakan. Tapi jangan salah, papa kece yang satu ini sesungguhnya juga sempat merambah industri musik dan bahkan pernah meraih penghargaan Grammy pertama dalam kategori Rap (1988).

Smith memulai karir musiknya sebagai MC duo hip-hop DJ Jazzy Jeff & The Fresh Prince bersama dengan teman masa kecilnya, Jeffrey ‘DJ Jazzy Jeff’ dan juga beat boxer Ready Rock C (Clarence Holmes). Ketiganya dikenal kerap menampilkan lagu-lagu lucu ramah radio, contohnya ‘Summertime’.

Kepada DJ Zane Lowe dari Beats 1, Smith mengaku sempat “takut” untuk membuat album baru setelah album ‘Lost and Found” (2005). Namun demikian, belakangan ini ia telah berada di studio “setiap hari” di sela-sela syuting film “Suicide Squad” dan telah bekerja sama dengan beberapa kolaborator.

Ayah dari Jaden dan Willow itu pun menyatakan bahwa ia “cukup yakin” jika dirinya dan DJ Jazzy Jeff akan dapat bersama-sama menjalani tur terbesar dalam sejarah karir mereka pada tahun depan.

 

  1. Good Charlotte

Mana suaranya penggemar Good Charlotte? Setelah sekitar lima tahun engga merilis karya baru sejak ‘Cardiology’ di tahun 2010, band pop punk ikonik itu kabarnya akan comeback dengan sebuah single berjudul ‘Makeshift Love’ dan sebuah konser di Los Angeles pada 19 November mendatang.

‘Makeshift Love’ sudah dirilis di iTunes, Kamis (5/11), dan dapat didengarkan pula via Apple Music. Potongan lagu itu pun telah diperdengarkan dalam kampanye #WelcomeBackGC, Selasa (3/11). Dalam kampanye tersebut, Benji dan Joel Madden menyebutkan bahwa sebuah video klip juga akan dirilis.

Well, meski belum ada pengumuman resmi mengenai perilisan album baru dalam waktu dekat, semoga saja single ‘Makeshift Love’ menjadi awal dan pertanda yang baik. (sds) 

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer