Minggu, 3 Maret 2024

Genmuda – Kendaraan pribadi jadi salah satu kebutuan sekaligus standar hidup tersendiri bagi sebagian orang. Bahkan, mungkin gak sedikit dari Kawan Muda yang memilih untuk memodifikasi kendaraan kalian.

Banyak alasan kenapa orang kepingin modif motor atau mobil mereka. Selain biar kelihatan beda, bisa juga menjadi gaya atau mengembangkan kreativitas mereka.

Etapi kalian tahu gak sih kalo memodifikasi mobil/motor secara berlebihan ternyata memiliki dampak lain yang bisa membuat kalian mikir dua kali. Gak percaya? Ini 5 alasan negatif dari modifikasi kendaraan secara berlebihan.

1. Keamanan

Modifikasi yang tidak tepat dapat mengurangi tingkat keamanan kendaraan dan meningkatkan risiko kecelakaan. Contohnya kamu ganti ban dengan ukuran yang tidak semestinya, hal ini bisa saja membuat kendaraan gampang slip atau menimbulkan masalah kerusakan lainnya di kemudian hari.

2. Garansi Batal

Modifikasi bisa mencabut garansi resmi dari produsen. Oleh sebab itu Kawan Muda mungkin harus menanggung biaya perbaikan sendiri jika terjadi masalah di kemudian hari. Jadi sayang banget kan kalo kendaraan kamu masih ada masa garansi, tapi hangus karena gengsi dan nafsu sesaat.

3. Pelanggaran Hukum

Nah, beberapa modifikasi bisa melanggar peraturan lalu lintas dan hukum kendaraan bermotor, mengakibatkan sanksi hukum. Jadi gak perlu deh modifikasi heboh apalagi lebay, kecuali kamu emang lagi ikutan kontes modifikasi. Ingat, yang pakai jalanan kan bukan kamu doang.

4. Efisiensi dan Performa

via: giphy

Tidak semua modifikasi meningkatkan efisiensi atau performa kendaraan. Beberapa bahkan dapat menyebabkan penurunan kinerja atau ketahanan bahan bakar. Hal inilah yang membuat umur kendaraan kamu jadi lebih cepat sebelum waktunya. Mau gaya tapi jadi tekor kan sayang, gengs!

5. Biaya Tambahan

Modifikasi motor dapat menjadi investasi yang mahal, dan beberapa mungkin tidak memberikan manfaat yang sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Jadi silakan pikir dua kali jika Kawan Muda ingin melakukannya. Kalau kamu peruntukan untuk hobi atau kompetisi silakan saja, tapi kalau dipakai untuk aktivitas sehari-hari sebaiknya mikir dua kali. Daripada menanggung semua risiko di atas? Rugi dong!

Comments

comments

Aditya
Tukang Foto Keliling