Rabu, 23 September 2020

Genmuda- Awal Maret lalu, sebuah tempat rekreasi unik dibuka di Bali. Kawan Muda yang doyan mantengin Instagram mungkin sudah pernah tau yang namanya Upside Down World Bali serta foto terbolak-balik yang biasa diuploadnya dan bikin kepala pusing kalau terlalu lama dilihat.

Tepatnya di Jalan Bypass Ngurah Rai Pemogan Nomor 726, wahana kekinian itu langsung diminati netizen selama dua bulan dibuka. Di dalam rumah terbalik itu, Kawan Muda bisa mengelilingi seisi rumah yang dibuat terbalik. Wahananya buka pukul 09.00-21.00 waktu setempat.

Jadi, Kawan Muda seolah sedang berjalan di langit-langit rumah. Sementara perabot kayak karpet, bangku, dan penanak nasi berada di atas Kawan Muda. Kok bisa?

Kepada Kompas.com, 12 Maret 2016, Business Development Upside Down World Bali Andrie Laurent mengatakan dengan percaya dirinya, “Dengan konsep baru ini, kita berharap orang Indonesia punya satu tempat untuk berfoto serba unik. Mungkin, bisa dikatan paling unik dari semua tempat foto yang sudah ada.”

Di rumah unik itu, Kawan Muda bisa mengunjungi ruang keluarga lengkap dengan perabotan serta perapiannya, kamar tidur, kamar anak, ruang 3D, dapur, ruang makan, kamar mandi, laundry, ruang berkonsep bali, dan taman.

Sebagian ruangan ada yang dibuat terbalik 180 derajat. Berdasarkan foto-foto di Instagram, ada pula ruangan yang dibalik 90 derajat. Masing-masing ruang pun didekorasi dengan perabotan sungguhan, bukan dummy apalagi dari Styrofoam.

Wahana terbolak-balik seperti itu merupakan yang pertama di Indonesia menurut Andrie. Meski begitu, rumah terbalik sudah berdiri di negara lain, di antaranya di Malaysia dan Taiwan. Di bali, Kawan Muda bisa masuk dengan kocek 100 ribu rupiah untuk dewasa dan 50 ribu rupiah untuk anak-anak.

Unik di Online dan Offline

Selain lewat media sosial, pemasaran wahana gokil itu pun dilakukan lewat offline. Oleh karena itu, banyak turis lokal ataupun manca negara yang bisa sampai di sana.

Riesti, seorang pengunjung asal Kalimantan berkata dia dapat informasi soal Upside Downl World Bali dari media informasi di bandara, seperti yang dikutip dari Tribunnews.com, Minggu 6 Maret 2016.

Melihat koleksi foto yang diupload pengunjung wahana itu, rasanya suasananya seperti di film ‘Inception’. Yang pasti, di situ foto-foto Kawan Muda engga mungkin jelek (ah lebay). Masih dari sumber yang sama juga menuturkan, engga jarang ada pengunjung yang sedikit kebingungan dengan tata letak tiap barang di ruangan-ruang rumah terbalik itu.

https://www.instagram.com/p/BC-Gw3Zq45h/

Itulah sebabnya, Upside Down World Bali menyediakan pemandu yang akan mendampingi rombongan pengunjung berkeliling. Bukan hanya itu, mereka juga menyediakan contoh foto dan ekspresi yang dibutuhkan supaya tiap pengunjung bisa menjepret hasil foto terbaik.

Well, mungkin inilah efek dari populernya media sosial penyebar gambar. Wahana hiburan bisa laris-manis dengan konsep dan tata letak yang unik, meski tanpa melibatkan teknologi tinggi seperti halnya roller coaster atau mesin ding-dong.

Anyway, Genmuda.com hanya mau bilang: Selamat terbolak-balik buat kamu yang main ke Upside Down World Bali. Engga apa fotonya kebalik, asal hatinya jangan (#Eaa). (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.